Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara agar kamu tetap waras dikala banyak waktu luang

cara agar tetap waras dikala banyak waktu luang

Penamorf - Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Saat ini trend kerja dari rumah masih tetap ada. Hasilnya kita mengalami culture shock. Semenjak pandemi tahun lalu kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Dan sering kali karena kita kerja dari rumah, ada titik jenuh. Titik dimana kita ingin keluar rumah, bebas tanpa masker. Alih alih menjadi jenuh, lebih baik kamu melakukan beberapa hal agar dirimu tetap terhibur dan tetap waras. 

Pasalnya jenuh yang terlalu lama dibiarkan bisa menyebabkan kamu tidak produktif dan membuang banyak waktu. Beberapa aktivitas ini akan membantumu agar kamu tetap waras dikala banyak waktu luang : 

1. Menulis 

Menulis bisa menjadi opsi pertama bila kamu punya banyak waktu luang dirumah. Kamu bisa meningkatkan kualitas tulisanmu dengan menulis apa yang kamu sukai. Entah cerita dimasa lalu, membuat novel atau publikasi artikel untuk portofoliomu. 

Kamu juga bisa menghasilkan uang dengan menulis artikel. Ada beberapa situs yang membayar artikel yang kamu tulis. Tapi biasanya beberapa situs memiliki ketentuan tersendiri mengenai artikel yang dibuat. 

2. Belajar alat musik

Daripada hanya rebahan atau scrolling sosial media, ternyata ada baiknya juga kalau kita mengisi waktu luang dengan belajar alat musik. Alat musik apapun itu, mulai dari gitar, seruling, drum, biola, dan ragam alat musik lainnya. 

Ada beberapa manfaat dari belajar alat musik.  Mulai dari melatih kreatifitas, mempertajam pikiran, meningkatkan suasana hati, dan juga meningkatkan konsentrasi. 

3.  Melukis atau menggambar

Beberapa orang memang tidak bisa mengekspresikan diri dengan menggambar atau melukis.  Tapi pada dasarnya gambar atau lukisan itu bukan dilihat dari bagus atau tidaknya. Melainkan sebuah prosesnya. Bagaimana setiap goresan garis, warna, ditoreh pada sebuah kertas atau kanvas. 

Saat kamu memiliki waktu luang yang cukup senggang. Melukis bisa membantumu untuk mengekspresikan diri,  menghilangkan stress,  dan masih banyak lagi dari manfaat melukis. 

4. Membaca buku 

Buku merupakan salah satu jendela dunia yang wajib banget kamu baca disela waktun senggang. Pasalnya sayang banget kalau waktu yang digunakan hanya untuk bengong atau scrolling sosial media. Mungkin bagi beberapa orang, membaca buku kesannya terlalu nerdy. Padahal tidak sama sekali. 

Kamu bisa membaca buku apa saja yang kau mau. Mulai dari sejarah, fiksi, ekonomi, biografi, atau ensiklopedia. Membaca buku membantu otakmu memperkaya pengetahuan dan memperkaya kosakata

5. Mencoba memasak

Bagi sebagian orang, memasak identik dengan kegiatan yang feminis. Padahal diluar sana banyak sekali chef terkenal yang rata-rata justru didominasi kaum pria. Bagi kamu yang laki-laki, jangan takut untuk memasak. Karena sejatinya memasak merupakan salah satu skill hidup yang harus dipunya. 

Kamu bisa  mencoba banyak resep yang bertebaran di internet. Mulai dulu dari yang gampang. Bahan-bahan yang mudah dicari, dan juga mudah membuatnya. Dengan mencoba memasak, setidaknya kamu bisa membuat makanan untuk dirimu sendiri.