Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kakeibo, Cara menabung ala orang Jepang

 Teknik Kakeibo


Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Beberapa hari yang lalu admin Pena membahas cara mengatur keuangan ala orang Tionghoa.

Kali ini admin Pena akan membahas mengenai teknik menabung orang Jepang. Ya siapa yang tidak tahu orang Jepang. Negaranya saja terkenal dengan inovasi gila yang mendunia. Begitu juga dengan orangnya yang terkenal disiplin . 

Dalam bidang finansial, secara individu orang Jepang bukanlah orang yang suka pamer kekayaan.  Mereka lebih suka menabung dan memiliki banyak uang  tanpa harus pamer di sosial media. Mereka memiliki teknik menabung bernama Kakeibo. Apa itu Kakeibo? Ini dia penjelasannya : 

Pengertian Kakeibo 

Orang Jepang sendiri terkenal dengan mindfulness  dan gaya hidup minimalis. Jadi banyak filosofi kehidupan orang Jepang yang bisa kita adaptasi dalam kehidupan kita seperti IkigaiKaizen, dan lain-lain. 

Dalam dunia finansial, orang Jepang mengusung Kakeibo  sebagai bagian dari kehidupan mereka. Kakeibo adalah suatu seni menabung orang Jepang yang masih begitu manual. Secara harfiah kakeibo memiliki arti juga sebagai buku rekening untuk ekonomi rumah tangga. 

Sejarah Kakeibo

Motoko Hani merupakan perempuan dibalik populernya Kakeibo. Jurnalis perempuan ini  mempopulerkan Kakeibo pada tahun 1904. Kakeibo dibukukan kembali pada tahun 2017 oleh Fumiko Chiba. 

Fumiko Chiba menulis buku berjudul "Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money". Buku ini yang membuat Kakeibo terkenal hingga ke negara-negara barat. 

Dalam buku tersebut ada 4 elemen pertanyaan yang harus dijawab. Yaitu berapa banyak uang, berapa jumlah yang akan disimpan, berapa yang dibelanjakan, dan bagaimana cara memperbanyak jumlah uang untuk ditabung. 

Jawaban pertanyaan tadi akan menentukan langkah bagaimana kamu akan menabung nanti. Ini akan sangat membantu terutama bagi kamu yang boros.

Kakeibo mempertanyakan 4 hal 

Kakeibo menggunakan sisi mindfulness. Dimana melakukan pencatatan keuangan secara manual menggunakan buku, pensil, dan penggaris.  Sebelum mengisi catatan, ada baiknya menjawab 4 elemen pertanyaan, diantaranya : 

Berapa banyak uang yang ada?

Pertanyaan ini berhubungan dengan jumlah tabungan yang saat ini dipunya. Poin ini mengacu pada uang yang disimpan hasil dari bekerja, usaha sampingan, atau sumber penghasilan lain. 

Berapa banyak yang ingin ditabung? 

Pertanyaan kedua ini memiliki tujuan mengenai target kedepannya. Kira-kira kamu ingin  berapa banyak uang yang akan ditabung. Kamu bisa menyisihkan antara 30% sampai 50% penghasilan bulanan yang amu punya.

Berapa banyak uang yang dihabiskan? 

Setiap bulannya berapa banyak uang yang dihabiskan? Uang tersebut tentunya kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhanmu. Jumlah uang yang dibelanjakan adalah hasil dari penghasilan bulanan dikurangi dengan uang tabungan bulanan. 

Uang yang dibelanjakan dibagi menjadi 4 dalam teknik Kakeibo : 
  • Survival : Kebutuhan pokok seperti makan, listrik, bensin, sekolah, makan, dan lain-lain
  • Opotional : Pengeluaran yang tidak mempengaruhi hidup seperti belanja pakaian, minum kopi, dan lain-lain. 
  • Culture : Kebutuhan yang bersifat hiburan. Contohnya : membeli buku/komik, nonton film,dan liburan
  • Extra : Kebutuhan darurat. Biaya Perbaikan kendaraan, ke dokter, sumbangan, kado
Semua pertanyaan diatas dijawab dan ditulis. Kemudian dirinci dengan jelas di catatan keuangan. 

Menggunakan sistem amplop

Mindfulness  yang diterapkan bukan hanya dari segi mencatat secara manual. Tapi juga  menggunakan cara yang jauh lebih sederhana lagi yaitu menggunakan sistem amplop. 

Amplop ini terbagi menjadi beberapa jenis. Mulai dari amplop pengeluaran, amplop tabungan, dan amplop-amplop lainnya. 

Apakah sistem amplop ini bisa digunakan di era sekarang? Jawabannya bisa. Caranya menggunakan layanan bank digital yang bisa membagi uang ke beberapa pos tanpa harus membuat banyak rekening.

Mengevaluasi setiap bulan 

Dalam teknik Kakeibo, yang ditekankan adalah tabungan. Setiap bulan Kakeibo mengajarkan untuk mengevaluasi catatan dan sistem amplop. Dilihat apakah target tabungan berhasil, bagian mana yang jadi pengeluaran terbesar, dan lain-lain. 

Evaluasi ini akan mempengaruhi juga keputusan bulan selanjutnya. Dengan menerapkan Kakeibo kita akan merasakan menabung yang lebih menyenangkan. Yuk terapkan Kakeibo!