Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ji Hyeon Kwak manusia super hemat demi beli apartemen

Ji Hyeon Kwak


Penamorf - Harga properti naik, bahkan ada beberapa berita dengan judul  cukup  menyedihkan. Bagaimana tidak, ancaman mengenai milenial tidak bisa beli rumah seolah tampak nyata dan tidak bisa dihindari. 

Kebutuhan lahan semakin besar disertai dengan ketersediaan lahan yang kecil menjadi salah satu penyebabnya kenapa harga properti naik. 

Kenaikan harga properti ini juga tidak diimbangi dengan naiknya UMR atau gaji perusahaan.  Jadi bagaimana supaya beli rumah  dikala gaji dari pekerjaan tidak naik?

Skema yang tepat dalam kondisi seperti itu tentu saja KPR. Sayangnya cicilan begitu memberatkan, bisa lebih dair 8 tahun.

Fenomena susahnya membeli properti dikalangan milenial tidak hanya  dialami di Indonesia. Di berbagai negara juga mengalami hal serupa, sebut saja seperti Korea Selatan. 

Beberapa waktu yang lalu admin Pena melihat sebuah video  di kanal Youtube SBS Story. Video tersebut menguak seorang Ji Hyeon Kwak yang berhasil membeli properti di usia muda (24 tahun). 

Bagi yang belum nonton berikut videonya : 

Master of Saving  100 Milion Won : the Youngest Appartement Subscription

 Berikut adalah pembahasan mengenai siapa Ji Hyeon Kwak dan bagaimana dirinya  berhasil memberi rumah.

Siapa Ji Hyeon Kwak

Ji Hyeon Kwak merupakan perempuan muda yang berusai 24 tahun pada April 2022. Ji Hyeon merupakan warga biasa yang memiliki kewarganegaraan Korea Selatan. 

Ji Hyeon berhasil mengejutkan banyak orang di Korea Selatan. Kenapa? Karena berhasil membeli properti di usia muda dengan cara yang tidak biasa. 

Bayangkan dalam 1 bulan seorang Ji Hyeon Kwak bisa menghabiskan uang sampai Rp100.000. Dan itu dilakukan selama 4 tahun terakhir. 

Tabungannya menyentuh Rp1,2 miliar dalam waktu 4 tahun. Cara yang ia bagkan di sosial media menjadi viral di Korea Selatan.

Bagaimana Ji Hyeon Kwak bisa membeli rumah?

Cara yang dilakukan perempuan muda ini cukup ekstrem. Bagaimana tidak dirinya berhasil menekan biaya hidupnya. Dalam  satu bulan hanya Rp100.000 saja yang dikeluarkan (setara dengan  8400 Korea Won) 

Padahal gaji yang didapatkan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yaitu sebesar 2.000.000 Korea Won atau setara dengan Rp22.000.000

Terus bagaimana dia bisa membeli rumah? Ji Hyeon menabung sebanyak 100 juta Won atau setara Rp1,2 Miliar. dalam waktu 4 tahun. 

Ji Hyeon memulai kerjanya pada usia 19 tahun, dan semenjak bekerja dirinya berkomitmen menjadi manusia super hemat. 

Dirinya sadar karena tidak memiliki hubungan yang baik dengan orang tuanya, maka perempuan 24 tahun ini berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya.

Keberhasilannya dalam menabung ia bagi di platform seperti Instagram. Cara yang gila ia bagikan secara detail.  Dan satu Korea Selatan heboh membicarakan cara yang ia lakukan untuk membeli sebuah apartemen.

Bagaimana bisa satu bulan menghabiskan Rp100.000 saja? Meski nominalnya cukup kecil, ternyata Ji Hyeon bisa makan enak seperti orang pada  umumnya. 

Ternyata Ji Hyeon menggunakan strategi berikut ini : 

1. Jalan Kaki ke tempat kerja

Dalam video liputan SBS, Ji Hyeon Kwak mengaku total setiap harinya jalan kaki selama 2 jam saat pergi  dan pulang kerja. 

Menggunakan transportasi umum menurutnya hanya akan menbghabiskan uangnya yang diprioritaskan untuk menjadi tabungan.

2. Tansaksi barang bekas

Alih-alih membeli barang baru dengan alasan kualitas bagus dan juga tidak murahan, Ji Hyeon justru sebaliknya. 

Ji Hyeon lebih memilih barang second atau barang bekas. Alasannya selain murah, dirinya juga tidak memiliki penyesalan bila barang bekasnya mengalami kerusakan

3. Mengumpulkan kupon dan voucher

Salah satu alasan kenapa Ji Hyeon Kwak bisa begitu hemat dan tetap bisa makan enak adalah dengan mengumpulkan makanan enak. 

Dia menggunakan beberapa aplikasi survey dan pengumpul kode produk. Aplikasi tersebut nantinya memberikan reward berupa kupn dan voucher. 

Dari kupon dan voucher itulah Ji Hyeon Kwak bisa mendapatkan bahan makanan dengan harga miring dan juga gratis.  

4. Mengambil lembur saat weekend

Ji Hyeon Kwak mengatakan dirinya mengambil beberapa pekerjaan. Mulai dari pelayan di restoran hingga pengirim barang. 

Rekan kerjanya menyatakan bahwa Ji Hyeon Kwak mempunyai rasa memiliki yang cukup tinggi. Makannya tidak sering menghambur-hamburkan uang. 

Saat weekend dimana orang-orang menggunakannya untuk libur, Ji Hyeon Kwak  menggunakannya untuk lembur.  

5. Tidak terlalu menomorsatukan penampilan

Ji Hyeon Kwak dalam video SBS mengatakan dirinya tidak menomorsatukan penampilan. Baginya mengutamakan pribadi yang baik adalah sebuah keutamaan. 

Untuk urusan memotong rambut saja, Ji Hyeon melakukannya sendiri. Dan itu dilakukan sejak dirinya berumur 18 tahun. 

Setelah berhasil mengumpulan uang sebanyak Rp1.2 Miliar rupiah, Ji Hyeon akhirnya bisa membeli unit appartement yang lebih luas. 

Di akhir video, senyum puas Ji Hyeon begitu bahagia akan keberhasilannya dalam membeli properti terbarunya. Mungkin disini ada yang  mau menghemat ala Ji Hyeon Kwak? 

Note : Gabung komunitas OneAset dengan daftar melalui link berikut > Daftar OneAset 
Gunakan juga kode untuk mengaktifkan komunitas yaitu 7RM6 dan mulai berinteraksi atau belajar literasi keuangan