Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Pekerjaan yang Berhubungan dengan Sosial Media Paling Banyak Peminatnya!

6 Pekerjaan yang Berhubungan dengan Sosial Media

Penamorf -  Sosial Media menjadi salah satu bidang pekerjaan yang menarik dalam satu dekade terakhir. Mengingat sosial media menjadi salah satu  sarana yang digunakan untuk marketing dan juga komunikasi dengan audiens . 

Range gaji pekerjaan yang berkaitan dengan sosial media sangat variatif. Tergantung level jabatan dan juga perusahaan. 

Kualifikasi pekerja yang berhubungan dengan sosial media juga mengikuti kebutuhan perusahaan. Ada yang memberi syarat berupa lulusan S1, D3, atau bahkan SMA/SMK. 

Pada dasarnya perusahaan yang membuka pekerjaan  sosial media tentunya ingin menjangkau target market yang lebih luas dan juga membangun hubungan erat dengan customernya. 

Lantas apa sahja 7 pekerjaan yang berhubungan dengan sosial media? Berikut daftarnya : 

1. Admin Sosial Media

Salah satu pekerjaan yang sering dibuka adalah posisi admin sosial media. Seorang admin sosial media biasanya dituntut untuk komunikatif, membalas komentar/dm, dan menyelesaikan masalah customer. 

Tanggung jawab admin sosial media bukan hanya sekedar balas dm atau komentar. Biasanya juga diminta untuk membuat report terkait pertumbuhan engagement  sosial media, penjualan via sosial media, dan lain-lain. 

Range Gaji admin sosial media : Rp1.000.000 - Rp. 1.500.000

2. Content Creator 

Di posisi selanjutnya adalah content creator. Content creator memiliki tugas yang spesifik yaitu membuat konten menarik untuk mengisi sosial media perusahaan. 

Keahlian yang dibutuhkan biasanya edit video dan juga desain grafis.  Seorang content creator biasanya memiliki tugas untuk membuat content calendercontent planner, proses pembuatan content (editing dll)

Range Gaji content creator :  Rp3.000.000 - Rp7.000.000

3. Content Writer / Script Writer

Content Writer atau Script Writer merupakan salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan sosial media selanjutnya. 

Seorang content writer memiliki tugas  untuk menulis konten, mengevaluasi konten, dan juga meriset kebutuhan informasi audiens

Biasanya  hasil content writer ini dipublikasikan di website perusahaan dan dikonversi ke dalam bentuk konten video ataupun carousel  di sosial media perushaaan. 

Range Gaji content writer : Rp3.000.000 - Rp 5.000.000

4. Community Development 

Perusahaan juga membuka pekerjaan yang berhubungan dengan sosial media seperti community development. Tugas dari seorang community development adalah  menjalin hubungan dengan komunitas guna memperluas target market.

Pendekatan terhadap komunitas dinilai sangat  efektif bila dibandingkan dengan pendekatan secara personal untuk meningkatkan sales perusahaan. 

Community Development biasanya menggunakan sosial media untuk reach out  suatu komunitas atau membangun komunitas sendiri. 

Range Gaji community development : Rp  4.000.000an

5. Social Media Specialist

 Pekerjaan  terkait sosial media berikutnya adalah social media specialist. Social media specialist memiliki pekerjaan seperti menganalisa trend sosial media, membuat content calender, hingga menjalankan iklan sosial media berbayar.

Range Gaji social media specialist :  Rp4.000.000 - Rp7.000.000

6. KOL Specialist

Mengingat banyaknya influencer di berbagai platfrom social media, banyak perusahaan yang membuka posisi KOL Specialist.

KOL Specialist memiliki banyak tugas.  Diantaranya membangun relasi dengan KOL dan pihak ketiga, membuat campaign, dan mencari KOL yang sesuai dengan campaign. 

Range gaji KOL Specialist :  Start from Rp5.000.000

7. Advertising Specialist

Sosial media saat ini dilengkapi dengan fitur iklan. Dan saat ini mengiklan di sosial media bukanlah hal yang mudah. 

Alasannya? karena memerlukan budget dan target konversi yang harus dicapai. Kepiawaian dalam menganalisa target juga menjadi salah satu skill seorang ads sepcialist. 

Range gaji Ads Specialist :  Start Rp. 5.000.000

Itu dia 7 pekerjaan yang berhubungan dengan sosial media. Pekerjaan diatas merupakan sedikit dari banyaknya jenis pekerjaan yang terkait dengan digital marketing dan sosial media. 


Sekian dan semoga bermafaat :)