Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Tableau, Fungsi, dan Kelebihan.

Pengertian Tableau, Fungsi, dan Kelebihan

Penamorf -  Data  merupakan sumber daya paling berharga mengalahkan minyak bumi saat ini. Di era digital, data memiliki peranan penting baik itu untuk perusahaan, pemerintah, ataupun masyarakat umum. 

Fungsi data sendiri bermacam-macam. Misalkan untuk membuat keputusan kebijakan publik, untuk meningkatkan penjualan, untuk mendapatkan kesimpulan dengan variablel tertentu, dan masih banyak lagi. 

Salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengolah data adalah Tableau. Memang Microsoft Excel juga sebenarnya bisa, tapi Tableau ternyata lebih mudah.

Apa itu Tableau?

Tableau adalah alat berupa software yang digunakan untuk membuat visualisasi data untuk seseorang dalam menganalisa data tertentu.

Visualisasi data digunakan agar data bisa dibaca dengan mudah dan bisa disampaikan melalui visual yang menarik. 

Fungsi dari Tableau 

Fungsi merupakan software yang ditrilis pertama kali tahun 2003. Berpusat di California, Amerika Serikat. 

Ada banyak fitur tableau yang membuat Tableau memiliki 4 fungsi utama, yaitu : 
  • Mengimpor data dengan berbagai macam ketentuan
  • Mengelola meta data 
  • Menerjemahkan data dalam bentuk visualisasi 
  • Membuat visualisasi data tanpa coding
Sebagian besar pengguna software Tableau adalah seorang business intellegence. Akan tetapi pada dasarnya siapapun bisa menggunakan Tableau untuk membantu pekerjaan. 

Kelebihan Tableau

Tableau memberikan banyak keuntungan yang diberikan kepada penggunanya, diantaranya : 

1.  Mudah digunakan 

Bagi sebagian orang, mengolah data dianggap sesuatu yang sulit. Mulai dari memiliki skill pemrograman,  menghafal rumus exell, dan skill ribet lainnya. 

Tableau memungkinkan pengguna pemula bisa langsung paham dengan panduan dari Youtube. Aplikasi yang user friendly dan mudah digunakan, membantu pemula lebih cepat dalam menggunakan Tableau. 

2. Pilihan visual interaktif 

Keunggulan yang kedua adalah penyediaan pilihan visual data yang banyak opsi. Biasanya tools-tools pengolahan data dan penyajian data visual memiliki pilihan yang terbatas. 

Tableau memberikan banyak pilihan desain bagi penggunanya dalam menyajikan data. Selain itu Tableau juga memberikan pilihan bagi penggunanya untuk membuat grafik yang bergerak. 

3.  Bisa melakukan konsolidasi data secara otomatis

Siapa disini yang masih menggunakan Microsoft Excell untuk mengelola data? Menggunakan excell pasti sedikit repot. Alasannya karena untuk membuat laporan harus secara manual. 

Sedangkan dengan Tableau, data-data yang diperluakn bisa diperbarui secara otomatis. Sehingga dalam proses pembuatan laporan bisa dilakkan secara efisien, hemat waktu, dan tenaga. 

4. Bisa mengolah data dari banyak sumber

Tableau memiliki keunggulan yang sangat membantu bagi orang yang memiliki banyak sumber data dan ingin mengerjakan gabungan data tersebut.

Dengan Tableau, pengguna memungkinkan mengelola semua data hasil gabungan sumber data yang berbeda seperti spreadsheet, big data, hingga cloud.