Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalamanku kehilangan project gegara jarang merawat blog

kehilangan project gegara jarang merawat blog

Penamorf - Blog. Sudah sedari lama admin  mengenal blog sebagai media untuk berbagi informasi . Di sisi lain blog juga bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan. 

Meskipun kita sendiri tahu bahwa blog pamornya turun. Kalian pasti tahu kan kenapa? Alasannya tentu arena masyrakat sekarang lebih memilih konten visual dalam bentuk video.

Konten visual yang dimaksud seperti video TikTok, video Youtube, Netflix, dan lain-lain. Jadi wajar bila blog sudah mulai dilupakan. 

Lalu bagaimana eksistensi blog? Apakah masih beguna?  Jawabannya masih berguna. Sampai kapanpun. Masyarakat juga tetap ada yang mencari informasi melalui mesin pencari, jadi habit bawaan ini belum berubah drastis. 

Ngeblog sebenarnya dapat apa aja si?

Kalau duit jumlahnya jutaan dari AdSense, jawabannya NO. Belum pernah dapat uang segitu pure dari AdSense. 

Tapi kalau dapat uang dari campaign sudah beberapa kali. Dan kebantu banget sama app yang namanya inteliffluence

Lalu apakah manfaat yang saya dapat hanya berupa pundi uang saja? Jawabannya tidak.  

1. Hasrat untuk menulis tersampaikan 

Orang yang memiliki hobi menulis pasti panggilan untuk menulisnya cukup kuat. Tidak menulis sama saja rasanya seperti haus karena tidak minum. 

Jadi ngeblog ya ada rasa kepuasan sendiri karena meluapkan hobi menulis. Memang ada media lain yang lebih murah dari blog? Ada tapi manual, namanya  buku diary!

2. Bisa pakai untuk lomba blog

Lomba blog saat ini ada banyak sekali. Dan manfaat dari ngeblog salah satunya bisa mengikuti lomba. Memang juara atau tidaknya adalah yang terakhir. 

Yang paling asik adalah prosesnya dan waktu menunggu hasilnya.  Terus artikel yang sudah pernah diikutkan lomba bisa menjadi sebuah portofolio.

3. Di tawari project kerjasama

Sebagai blogger diluar sana ada banyak sekali project yang bisa saja tiba-tiba datang mengajak kerjasama. 

Dan yang paling sering, project datang dalam bentuk kerjasama menanam backlink .  Biasanya dibayar dalam bentuk rupiah tapi ada juga kok project yang dibayar dengan Dollar USD. 

Dan ini adalah awal dari cerita admin Pena kehilangan project gegara jarang merawat blog.

Sekitar 2 bulan ang lalu admin Pena mendapatkan sebuah email. Yang berasal dari 
perusahaan digital marketing. Sebut saja Frog.

Frog mengirimkan email berisi tawaran kerjasama yang menjanjikan. Wait... Usut punya usut, Frog adalah perusahaan digital marketing berbasis di Skotlandia

Bayangkan, Skotlandia. Negara yang jauh di entah berantah di Benua Biru Eropa. Tau tau mengirimkan kerjasama ke blog sederhana ini.  

Kenapa ada perusahaan digital marketing yang membutuhkan dofollow link  dari blog Indonesia? Ternyata si Frog ini mau ekspansi ke Asia Tenggara. 

Dan tau kah kalian, kalau admin mau dibayar sebesar 15 USD per artikel. Yang mana artikel tersebut berjumlah 10 biji, terus ditulis oleh pihak Frog. 

Langsung lah accept, ibaratnya kaya tinggal posting doang per 2 minggu satu artikel. Kan lumayan....., tanpa capek nulis dapet Dollar. 

But lihat gambar dibawah : 



Yap dari pihak outreach specialist, ternyata ditolak. Alasannya karena banyak artikel yang mengalami  deindex

Dan yap mengurus artikel yang mengalami deindex  adalah hal yang paling menyebalkan. 

Kenapa? Karena lumayan susah. Misal diedit lalu publish lagi, maka butuh waktu untuk indexing di mesin pencari Google. 

Tapi dari kejadian ini ada pelajaran yang sangat berharga. Apa itu?  Jangan pernah meremehkan riset keyword dan juga index artikel secara manual di blog ya! 

Terimakasih, semoga bermanfaat.