Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Xiaohongshu dan cara mendaftarnya

Penamorf - Tiongkok merupakan salah satu negara di dunia yang mengisolasi diri dari teknologi Amerika Serikat. Termasuk juga Korea Utara, Kuba, dan Iran. 

Namun, bukan berarti Tiongkok menjadi negara yang terbelakang secara teknologi. Justru Tiongkok berkembang dengan sendirinya. 

Ada banyak aplikasi buatan luar Tiongkok yang dibuat Tiongkok sendiri. Misalkan Facebook, Fecebook buatan Tiongkok disebut QQ. 

Twitter buatan Tiongkok disebut dengan Sina Weibo, Whatsapp buatan Tiongkok adalah Wechat, Youtube buatan Tiongkok disebut dengan Youku, dan masih banyak lagi. 

Salah satu sosial media yang cukup terkenal di Tiongkok adalah Xiaohongshu. Apa itu Xiaohongshu? 

Mengenal Xiaohongshu

Xiaohongshu adalah aplikasi sosial media yang berasal dari dataran Tiongkok. Dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di ShangHai bernama Xingin International Technology. 

Pendiri Xiaohongshu adalah Miranda Qu Fang dan Charlwin Mao Wenchao.  Dirilis tahun 2013 dan terus melakukan perbaikan serta penambahan fitur. 

Tahun 2019, pengguna Xiaohongshu sendiri mencapai 300 juta saat ini.  Kabarnya, pengguna aktif Xiaohongshu perbulannya mencapai 80 juta orang. perbulan . 

Dalam bahasa Indonesia, Xiaohongshu artinya adalah buku merah kecil. Platform ini hampir mirip dengan TikTok, hanyasaja Xiaohongshu memasarkan barang dari REDMALL. Baik dalam negeri China maupun jaringan internasional

Fitur Xiaohongshu 

Meskipun hampir mirip dengan Duoyin atau TikTok versi China. Xiaohongshu memiliki fitur yang bisa dikatakan sebagai unggulan. Diantaranya : 

1. Semua negara bisa mendaftar

Xiaohongshu tidak memiliki kebijakan seperti douyin yang membatasi penggunanya dari dalam negeri Tiongkok saja. 

Berkebalikan dengan Douyin, Xiaohongshu membuka lebar pengguna dari seluruh dunia. Penulis sendiri sudah pernah menggunakan Xiaohongshu, jujur cukup terkesan dengan apa yang ada didalamnya. 

2. Adanya menu bar 

Di TikTok atau Douyin, menu bar  hanya terbagi tiga yaitu FYP, Following, dan Friends. Xiaohongshu,  memiliki banyak menu yang  mana hasil dari apa yang kita pilih berdasarkan kesukaan. 

Tentu bila kita memilih fashion, teknologi, mobil. Maka menubar yang muncul adalah pilihan kita tadi. Dan Xiaohongshu juga memiliki FYP, mirip seperti TikTok atau Douyin. 

3. Algoritma yang berbeda

TikTok memiliki  algoritma yang mendorong konten hiburan di FYP. Douyin memiliki algoritma yang mendorong konten edukasi. Xiaohongshu memiliki algoritma yang mendorong review produk. 

Jadi jangan kaget  bila  isi Xiaohongshu sebagian besar adalah video produk. Mulai dari produk elektronik hingga otomotif. Video hiburan, edukasi, dan lain-lain juga ada. Tapi sedikit lebih sedikit.

Xiaohongshu cocok bagi siapa?

Xiaohongshu cocok bagi orang yang tidak terlalu mementingkan hiburan. Bagi mereka yang suka melihat video produk dan ingin mengetahui spesifikasi produk tersebut, Xiaohongshu adalah platform yang tepat.

Cara mendaftar Xiaohongshu

Ada dua cara mendaftar Xiaohongshu. Yang pertama adalah dengan Weixin (WeChat). Dan yang kedua adalah menggunakan nomer hp. 

Untuk nomor hp, mudah. Tinggal masukan nomor HP yang berkaitan dengan WA. Lalu input dan verifikasi melalui WA. 

Tahap selanjutnya, hampir mirip dengan pinterest. Yaitu memilih hal yang disukai. Misalkan teknologi, otomotif, olahraga, dan lain-lain.  Apa yang dipilih nanti akan tampil sebagai sub menubar dibawah menu bar  utama. 


Yap itu dia pembahasan mengenai Xiaohongshu dan juga cara mendaftarnya. Sekian dan Terimakasih semoga bermanfaat.