Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-hal yang wajib dilakukan saat membuat konten TikTok

Hal-hal yang wajib dilakukan saat membuat konten TikTok

Penamorf - TikTok merupakan sosail media yang cukup powerful untuk marketing. Mulai dari menjual produk, menjual ilmu, hingga menjual barang yang kita produksi sendiri atau barang milik orang lain. 

TikTok juga bisa digunakan untuk  personal branding. Yang mana personal branding sendiri memiliki impact cukup besar bagi beberapa orang. 

Salah satunya pendiri Digital Marketing Agency yaitu Felix Alexander (Felix.alx). Felix adalah seorang konten kreator yang akhirnya mendirikan agensi sosial media bernama Xander with You. Agensi buatannya membantu badan usaha untuk  meningkatkan branding dan marketing di sosial media.

Nah, tanggal 23 Januari 2024. Xander mengadakan webinar tentang bedah marketing via TikTok.  Banyak ilmu yang dibagi di sana. Salah satu diantaranya adalah hal-hal yang wajib dilakukan saat membuat konten TikTok.

1. Penampilan Menarik

Penampilan adalah salah satu dari banyaknya alasan kenapa konten TikTok bisa menjadi FYP. Sebenarnya maksud dari penampilan menarik bukan berarti harus menggunakan outfit mahal, atau punya wajah layaknya idol Korea atau aktor Hollywood. 

Dengan memiliki penampilan menarik dalam video, viewer akan lebih menikmati video tanpa terdistraksi dengan penampilan. 

2. Shareable Value Content 

Membuat konten dengan menambahkan nilai yang bermanfaat bagi audiens bukanlah hal yang mudah. Harus disiapkan terlebih dahulu. 

Mulai dari riset, script, dan lain-lainnya. Konten yang bermanfaat, akan membuat viewers akan senang untuk berbagi kepada relasinya. 

Tujuannya entah untuk berbagi insight atau hiburan semata. 

3. Perhatikan kualistas rekaman

Kualitas rekaman tentu menjadi senjata untuk menggaet banyak audiens. Kenapa? audiens akan senang menhabiskan waktu untuk melihatnya. 

Apakah kualitas rekaman harus menggunakan gadget yang mahal. Jawabannya tidak, asalkan bisa merekam dengan lighting yang tepat, editing yang pas, dan  bisa dicerna oleh viewers.

4. Pemilihan musik

Apakah sound tiktok memperngaruhi jumlah views? Jawabannya yap. Kenapa? karena sound yang dipilih apabila sudah trending tentu akan menambah views dalam jumlah besar. 

Jadi untuk memilih sound jangan sembarangan. Pastikan kesesuaian juga dengan video tiktok. Apakah relate antara musik dengan konten atau tidak

5. Waktu penayangan

Upload video TikTok  di waktu yang sudah dijadwalkan. Apakah upload video di waktu bebas tidak boleh? Boleh saja tapi...

Bila upload dengan waktu yang dijadwalkan secara teratur, maka TikTok akan notice  terhadap akun tersebut. 

Makannya, akun baru disarankan untuk memiliki jadwal upload yang jelas dan dilakukan minimal 3 bulan. 

Yap itu dia hal-hal yang wajib dilakukan saat membuat konten TikTok. Sekian dan Terimakasih