Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Gibran Huzaifah Pendiri eFishery

Kisah  Gibran Huzaifah Pendiri  eFishery

Penamorf - eFishery dikabarkan menjadi startup aquaculture pertama di dunia yang berhasil meraih status Unicorn. Unicorn merupakan perusahaan rintisan yang memiliki valuasi lebih dari 1 Milliar USD. 

eFishery sendiri saat ini menjadi unicorn ke-13  di Indonesia. Kabarnya akan melakukan ekspansi ke luar negeri. 

Pada 25 Januari 2024, Raymond Chin (Enterpreneur&Youtuber) mengundang Gibran Huzaifah selaku founder eFishery. dalam podcast yang ditayangkan di Youtube. \

Siapakah Gibran Huzaifah? 

Gibran Huzaifah merupakan pria kelahiran DKI Jakarta tahun 1989 yang saat ini menjabat sebagai CEO dan founder  eFishery . 

eFishery didirikan oleh Gibran Huzaifah di tahun 2013, artinya sudah lebih dari 10 tahun  eFisheri ada di Indonesia. 

Pendidikan Gibran Huzaifah

Gibran Huzaifah menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Hayati, Institut Teknologi Bandung.Lulus pendidikan dan menyandang gelar sarjana pada 2012, membuat dirinya tertarik pada bidang usaha perikanan. 

Perjuangan seorang Gibran Huzaifah 

Gibran Huzaifah lahir dari keluarga sederhana. Beliau bukan anak orang kaya apalagi anak pejabat. eFishery lahir dari seorang Gibran Huzaifah yang mana sedari kuliah sudah belajar mandiri. 

Merangkum tayangan video Raymond Chin, Gibran Huzaifah sedari di bangku kuliah sudah tertarik dengan dunia usaha. 

Penah di satu titik 3 hari tidak makan, Gibran kuliah sambil berwirausaha seperti menjalankan usaha jualan donat dan ternak lele bahkan pernah jadi kasir minimarket.

Munculnya ide e-fishery 

eFishery berawal ketika Gibran Huzaifah menjalankan ternak lele. Dari situ dia menemukan problem ketika 4 karyawan menghasilkan performa yang berbeda.

Ada yang bagus, ada yang minus. Padahal ukuran kolam dan jumlah ikannya sama. Kenapa ada kolam yang boros pakan? kenapa ada pembengkakan biaya. 

Dari sini tercetus ide  e-feeder, produk utama dari eFishery. Apa itu? yaitu  alat pemberi pakan otomatis yang bisa dipantau melalui handphone. 

Dan dari sini eFishery berkembang, bukan hanya sebagai penyedia alat pakan ikan otomatis. Melainkan end to end sebagai startup aquaculture berbasis Internet of Things

Diversifikasi layanan 

eFishery berkembang  dari waktu ke waktu. Saat ini dibawah tangan CEO sekaligus Founder, Gibran Hufaizah, eFishery sudah memilikin aplikasi tersendiri yaitu eFisheryku

eFisheryku memiliki beberapa layanan yang bisa digunakan oleh pengguna. Mulai dari Kabayan (Program pinjaman untuk petani ikan dan udang), eFeeder, Beli pakan ikan, dan juga lapak jual beli ikan. 

Layanan yang menarik lainnya adalah, eFisheri juga memberikan pelatihan bagi petani ikan atau udang. Mengenai perawatan, pembibitan, hingga masa panen. 

Pembudidaya yang bergabung tembus lebih dari 30.000 orang

Gibran Huzaifah tidak pernah menyangka kalau eFisery bakal sebesar sekarang. Saat ini sudah lebih dari 30.000 pembudidaya ikan dan udang bergabung eFishery. 

Wajar bila banyak investor yang akhirnya percaya untuk memberikan modalnya kepada eFishery. Tak disangka sekarang startup yang dibuat Gibran Huzaifah berhasil menjadi unicorn aquaculture  pertama di dunia. 

Yap itu dia kisah sukses Gibrran Huzaifah seorang pendiri eFishery. Saat ini memiliki segudang prestasi dan berhasil menembus Forbes 30 under 30. Tentu eFishery memberi dampak bagi Indonesia, terutama pembudidaya ikan dan udang.