Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Efektiv untuk mempercepat loading blog


Bayangkan kita sebagai pencari informasi didunia internet dihalangi oleh kecepatan loading blog yang lelet.

Rasanya pasti menjengkelkan, apalagi informasi yang dibutuhkan itu urgent atau sangat dibutuhkan dalam waktu sekarang juga.

 Faktanya memang banyak sekali blogger diluar sana yang mengabaikan kecepatan loading. Kebanyakan para blogger (apalagi blogger pemula) lebih mementingkan tampilan yang menarik. Entah dari sisi konten atau hiasan widget yang bertebaran di tampilan blog hanya demi memuaskan mata pengunjung saja.

Maksudnya bukan tidak mementingkan tampilan, tapi akan lebih baik diimbangi dengan loading speed yang cepat

Dibawah ini akan mengupas pentingnya kecepatan loading suatu blog

Mengapa loading speed blog begitu penting?

Sebenarnya secara garis besar speed loading blog  bertujuan untuk menigkatkan user experience. Speed loading blog yang bagus memiliki beberapa manfaat bila dilihat dari sudut pandang  marketing

A. Memiliki Trafik yang tinggi  bila webite mudah diakses

            Statistik membuktikan sekitar 40% pencari informasi akan meninggalkan website bila memiliki speed loading yang memakan waktu lebih dari 3 detik (di USA ). Dan kebiasaan itu dilakukan oleh mereka yang menggunakan smartphone saat mengakses informasi.

            Jadi bisa ditebak apa dampak yang terjadi bila kita mengabaikan speed loading blog. Itu artinya kita sebagai blog sama saja bunuh diri dengan membuang cuma-Cuma trafik potensial hampir setengahnya.

B. Meningkatkan rangking search engine

            Tahukah kita bahwa Google sangat mengandalkan user experience ?. Itulah mengapa Google benar-benar mementingkan kecepatam loading blog. Bukan hanya untuk akses desktop tapi juga akses mobile atau smartphone.

Bagaimana Caranya mengetahui kecepatan loading suatu website ?



            Mungkin banyaak dari pengguna yang bisa meraba-raba kecepatan suatu website. “Lumayan cepat!” “hmmm cukup lambat”, reaksi disamping hanya menurut pendapat masing-masing pengguna sebagai pencari informasi.

            Google memiliki alat yang bisa mengukur kecepatan suatu website dengan akurat. Namanya adalah page speed insight. Caranya cukup dengan memasukan link website secara lengkap dan klik bagian analyze

            Dengan beberapa detik saja,  Google page speed insight akan menampikam hasil analisis yang sangat lengkap. Seperti kecepatan loading page  saat menggunakan mode mobile atau desktop. Ada juga lab data yang berisi waktu kecepatan, opportunity atau informasi mengenai peluang loading speed yang lebih cepat.

Untuk bisa meraih kecepatan yang tinggi maka harus bisa menangkap peluang. Seperti memperbaiki format gambar, banyaknya tulisan, dan masih banyak lagi.  Mau lebih maju lagi?

Bagaimana caranya mengurangi waktu loading blog

 Tadi telah dijawab di beberapa paragraf sebelumnya mengenai “Mengapa” loading speed yang cepat begitu penting.  Dan sekarang mari menggali lebih dalam dengan “Bagaimana”  caranya loading speed  berkurang dan bisa lebih cepat.

            Bila kamu tahu satu atau lebih mengenai suatu website, performa loadingblog yang bagus akan menjadi batu loncatan untu trafik blogmu. Bila kamu membuka bagian page speed insight,  lalu scroll kebawah ada bagian  Opportunities dibawah (Lab Data). Bagian itu menunjukan saran yang harus diperbaiki untuk performa yang lebih baik.

Diantara saran yang harus diperhatikan dalam mempercepat blog adalah

1. Buang Widget yang tidak perlu

            Alih-alih memmpercantik blog dengan banyaknya widget yang menghiasi tampilan layar. Justru jumlah widget yang begitu banyak dan tidak perlu akan memperlambat kecepatan blog.
            Prioritaskan saja widget yang benar-benar penting dan sangat diperlukan.  Beberapa widget yang disarankan harus ada diblogmu :

-          Widget Profil Singkat
-          Widget Arsip Blog
-          Widget berlangganan melalui email
-          Widget profil G+
-          Widget Follower Blog
-          Widget popular post

2. Upgrade Hosting
     
      Untuk bloger baru, satu dollar saja untuk menyewa hosting bakal tidakjadi beli. Tetapi salah satu cara untuk mempercepat loading speed blog yang bagud dan meningkatkan trafik ya dengan meningkattkan hosting ini.

      Saat ini banyak sekali perusahaan yang menawrkan sewa hosting premium (berbayar), seperti : BlueHost, HostGator, SiteGround, WPXHossting. Saat ragu ragu dalam memilih hosting yang mana, ada tool yang bisa membantu dalam memilih hosting.

      Tool tersebut bernama Pickuphost yang berfungsi untuk mengetahui kecepatan hosting yang akan disewa. Caranya mudah sekali dalam menggunakannya, yang pertama yaitu pilih host provider, pilih lokasi server, dan klik “Start Test””

3. Gunakan Template Premium
      Template  yang berbayar memimiliki keunggulan tersendiri. Selain bebas memodifikasi tampilan, tempalte pemium sebagian besar SEO responsive. Saya pernah membeli template dari Mas Sugeng yang bernama Vio Mags. Menurut saya template tersebut sangat bagus dan loadingnya cepat.

4. Optimasi resolusi gambar

Tidak hanya digunakan sebagai bahasa komunikasi visual. Entah gambar yang dimaksud itu gambar logo, infografis, atau featured image,intinya gambar di blog bisa menghabiskan  bandwidth dan berdampak pada performa blog.
Gambar yang diposting di blog harus memiliki kualitas yang bagus dan juga size yang tidak terlalu besar. Biasakan sebelum mengupload, gunakan aplikasi compression gambar.

5. Jangan membanjiri pengunjung dengan Adsense

Saya yakin banyak blogger yang sangat bersemangat meraih pundi-pundi rupiah. Pasang Adsense di mana-mana , dari sisi atas sampai sisi bawah. Tapi ada kalanya sebagai seorang blogger harus melihat dari sisi seorang pembaca.

Bayangkan buka blog untuk mencari informasi malah penuh dengan Adsense. Mau mengunduh suatu document tau-tau Adsense.  Sebagai pembaca past akan merasa sangat terganggu dengan itu.

Ternyata semakin banyak adsense akan membuat loading page jadi lama. Dan akan lebih baik jika pembaca fokus pada konten dan meminimalisasi Adsense. Bagi para Blogger wordpress, banyak dari mereka yang menggunakan affliate links sebagai opsi utama.

6. Fokus Optimasi pada Top Pages

Di akhir ini, ada satu hal yang harus diketahui yaitu :

Memulai optimasi pada halaman yang masuk halaman pertama

Ini bukan berarti kamu harus memprioritaskan pada post yang terbaik dan trafik yang banyak. Dengan Google Analitik (tool gratis) bisa membantu mengetahui top page yang kamu miliki. Klik bagian Behavior dan selanjutnya klik Overview.

10 top pages akan muncul setelah diklik bagian itu. Mudah bukan?

Kesimpulan

Sebagai seorang blogger, kamu harus mempersiapkan semuanya demi pengguna atau pengunjung.  Kecepatan websitemu mungkin hanya  faktor yang sering disepelekan. Tapi kecepatan itu membuat pengunjung merasa lebih nyaman.

Bukan hanya UX (User Experience) tapi juga secara SEO. Saya yakin langkah-langah diatas tidak bisa diterapkan hanya satu hari. Maka dari itu selamat mempraktekan

Posting Komentar untuk "Cara Efektiv untuk mempercepat loading blog"