Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Orang terkenal yang menginspirasi agar hidupmu jangan menyerah


“Jangan Menyerah”, dua kata yang sangat berarti bagi kamu yang sedang berjuang, jatuh terpuruk, dan gagal berkali-kali. Semua orang tidak mungkin tidak pernah mendengar  dua kata tersebut. Bagi kita semua percaya pada diri sendiri untuk tidak pernah menyerah adalah hal yang terpenting didunia.
Ada banyak tokoh diluar sana yang sangat inspiratif dan sukses. Mungkin disekitar rumah dan orang terdekat bisa menjadi sangat menginspirasi. Lalu bagaimana dengan mereka yang sudah memiliki nama didunia dan terkenal dimana-mana? Ini dia 9 orang terkenal yang bakal membuatmu semangat dan berjanji untuk tidak menyerah !

1. J.K. Rowling (penulis film serial Harry Potter)


Siapa yang belum pernah menonton film Harry Potter ? Harry Potter merupakan film yang diambil dari buku tulisan J.K. Rowling. Merupakan perempuan dewasa yang memiliki imajinasi luar biasa. Tahun 1994 J.K.Rowling baru saja cerai, hidupnya sangat susah. Saking susahnya, penulis Harry potter ini tidak bisa memberikan makan kepada bayinya yang masih kecil.

Disaat jatuh miskin, sumber penghasilan hanya didapa dari bantuan pemerintah setempat. 3 tahun sebelum buku pertama Harry Potter terbit. J.K Rowling tidak bisa membeli komputer, bahkan tidak bisa meng-copy 90.000 kata di novelnya. Jadi dia mengetik sendiri novel pertamanya. Novel Harry pertama ditolak puluhan kali hingga akhirnya diterima oleh Bloomsbury, penerbit kecil di kota London.

2. Kolonel Harland Sanders ( pendiri KFC)


KFC? Bagi kaum milenial,KFC menjadi tempat identik untuk berkumpul dan menyantap ayam goreng yang lezat. Pendirinya adalah seorang kolonel Harland Sanders. Kolonel Harland Sanders mencoba berbagai pekerjaan sebelum memulai bisnis ayam goreng tahun 1930, saat berumur 40 tahun.

Lebih dari 10 tahun, Sanders menyempurnakan resep rahasia dan mencoba berbagai metode menggoreng ayam. Ayam goreng buatan Sanders dipuji oleh pengkritik makanan oleh Duncan Hines. Akan tetapi saat memutuskan pindah ke kota Kentucky dan memilih tempat strategis, justru membuat bisnisnya bangkrut.

Saat bisnisnya bangkrut, Sanders memutar otak dengan mengajak kerjasama franchise untuk menggunakan resep rahasianya. Terhitung ada sekitar 1000 kali resep ayam goreng Sanders ditolak, hingga menemukan franchise yang mau bekerjasama dengannya.

3. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey merupakan presenter ternama di Amerika Serikat. Hidupnya tidak jauh dari masalah sosial. Mulaidari kritik body shaming, komentar rasis, pertanyaan yang tidak pantas,dll. Masa kecil oprah bukanlah masa kecil yang menyenangkan.Oprah kecil saat masa kanak-kanak menjadi korban kekerasan seksual  oleh saudara sepupu, paman kandung, bahkan ayahnya sendiri.

Akhirnya pada usia 14 tahun, Oprah mengandung dan melahirkan untuk pertama kalinya. Anak pertama Oprah meninggal 2 minggu setelah kelariannya. Tetapi Oprah tetap semangat bersekolah  dan mendapatkan beasiswa di bangku kuliah.
Hingga disuatu titik Oprah bekerja didunia televisi dan menjadi seorang pembawa acara talkshow. Karirnya melejit dan bahkan menjadi seorang superstar yang sangat terkenal dermawan.

4. Nick Vujivic

Nick Vujivic lahir dengan sebuah cacat fisik yang disebut tetraamelia syndrome. Merupakan syndrome yang sangat jarang ditemukan dengan kehilangan 4 anggota badannya ( 2 tangan dan 2 kaki). Bagi yang belum biasa melihatnya pasti akan iba, tapi bagi Nick hidup tanpa lengan dan kaki adalah hal biasa.

Nick Vujivick memiliki chanel Youtube yang selalu menginspirasi orang. Nick pernah menceritakan hidupnya diusia 10 tahun yang belum bisa menerima keadaan fisiknya. Saat umur 10 tahun, dimana statusnya masih anak-anak sudah kepikiran untuk bunuh diri. Setahun setelah itu Nick merasa tidak berguna dan merasa sendiri.

Titik balik terjadi saat Nick membaca sebuah artikel berisi penyandang disabilitas. Isi artikel itu adalah seorang penyandang disabilitas yang menolak didikte atau dikasihani dalam hidupnya.
 Waktu membaca itu, Nick sadar bahwa hidupnya ada ditangannya. Meskipun tidak terlihat sempurna secara fisik, sejak saat itu Nick memutuskan berubah. Sekarang Nick menjadi seorang penulis dan  motivator Internasional.

5. Jack Ma (pendiri Alibaba)


Siapa yang tidak tahu nama Jack Ma ?. Jack Ma merupakan pengusaha sukses dari negeri Tirai Bambu China. Jack Ma bukanlah seorang jenius dan bukan juga terlahir dari keluarga yang berada. Dahulu sebelum menjadi pengusaha, Jack Ma  merupakan seorang guru bahasa Inggris.
Sebelum menjadi guru bahasa Inggris, Jack Ma ditolak 3 kali oleh universitas yang dia pilih. Saat Jack Ma  duduk dibangku SD, Jack Ma memiliki ketertarikan yang besar terhadap bahasa Inggris.
Setelah menjadi guru bahasa Inggris, gaji yang didapat kurang dan tidak cukup untuk memenuhi hidupnya. Akhirnya Jack Ma memutuskan melamar KFC dan ditolak . Tahun 1995, Jack Ma memutuskan pindah ke Amerika Serikat.

Berkat kemampuan bahasa Inggrisnya yang bagus tentu mempermudah dirinya masuk AS.  Saat berada di AS, untuk pertama kalinya Jack Ma mengetahui komputer dan internet.
Tahun 1999, Alibaba didirikan oleh Jack Ma. Situs Alibaba dibuat dengan tujuan menghubungkan eksportir dari China ke luar negeri. Tiga tahun pertama adalah masa yang sangat berat, karena situsnya belum bisa menghasilkan selembar dollar.
Setelah 3 tahun pertama Alibaba akhirnya berkembang dan melaju pesat. Tercatat tahun 2018, Jack Ma menjadi seorang Miliarder nomor 5 di Dunia.

6. Jan Koum ( pendiri Whats App)


Whats App merupakan aplikasi chatting dengan pengguna terbesar didunia. Lebih dari 1 Milliar orang dimuka bumi ini yang menggunakan WA untuk berkomunikasi secara daring. Tahukah kamu bahwa pendiri WhatsApp dari seorang manajer konstruksi dan ibu rumah tangga biasa.
Jan Koum lahir di Kiev, Ukraina dan waktu itu rumahnya dalam keadaan memprihatinkan karena tidak teraliri listrik sama sekali. Untuk mandi saja rumahnya tidak memiliki toilet, sehingga harus menggunakan fasilitas umum.

Jan Koum memiliki darah Yahudi alhasil saat gejolak politik Ukraina bergolak, Jan memutuskan pindah ke Amerika Serikat tahun 1990.  Bersama Ibu tercinta, Jan yang berusia 16 tahun pindah ke AS dan ayahnya tinggal di Ukraina sampai akhir hayat.
Saat berada di AS, ibunya bekerja sebagai pengasuh anak dan Jan Koum menjadi tukang sapu di minimarket untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.  Di suatu titik Jan Koum menjadi tunawisma (gelandangan) yang mengandalkan makanan gratis dari pemerintah USA.

Dengan hidup serba kekurangan, Jan Koum  memiliki kecerdasan yang luar biasa. Jan Koum memiliki kemampuan matematika dan belajar pemrograman secara otodidak.  Saat kuliah Jan Koum memutuskan drop out dan bekerja di Yahoo. Sempat melamar di Facebook namun ditolak. Pada akhirnya Jan Koum memutuskan mendirikan aplikasi chat bernama Whats App. Tak disangka WA  saat ini memiliki popularitas yang luar biasa.

7. Li Ka Shing ( Miliarder HongKong)


Nama Li Ka Shing menjadi tokoh sukses yang bakal menginspirasi semua orang.  Dilansir dari laman Therichest, penderitaan Li Ka Shing dimulai saat dirinya berusia 15 tahun. Li ditinggal ayah tercinta saat dirinya duduk dibangku sekolah. Hingga akhirnya Li memutuskan keluar sekolah dan menjadi buruh pabrik di usia yang masih sangat muda.

Li bekerja di pabrik selama 16 jam sehari. Menurutnya itu hanya jalan satu-satunya agar bisa memberi sesuap nasi kepada keluarga kecilnya. Selama 10 tahun Li  bekerja dipabrik tersebut dan membangun usaha sendiri.
Perusahaan pertamanya adalah industri di bidang pengolahan plastik. Berkat ketekunannya  Li Ka Shing berhasil mengembangkan usahanya hingga berkembang dibidang real estate.  Kekayaan Li Ka Shing saat ini setara dengan Rp. 500 Triliun, angka yang fantastis.


8. John Paul DeJoria (pendiri Patron Spirits)


De Joria selalu mengajarkan bahwa untuk sukses, butuh waktu lama dan tidak mudah. Semenjak berumur 9 tahu, DeJoria kecil sudah merasakan susahnya hidup. De Joria sudah menjual koran dan kartu natal.Usia 22 tahun, DeJoria resmi menjadi seorang gelandangan. Di usia tersebut dimana sebagian orang sedang berkuliah dan bekerja, DeJoria malah terjebak dalam dunia gengster. Di hati terdalam DeJoria tidak mau menyerah dalam keadaan terpuruk.

Akhirnya DeJoria memutuskan bekerja sebagai petugas kebersihan dan menjadi sales perusahaan asuransi.  Hingga akhirnya mendapat tawaran kerja di perusahaan rambut bernama RedKen.
Saat bekerja di RedKen, DeJoria termotivasi membuka usaha rambut sendiri. Bersama temannya Dejoria mendirikan usaha rambut bernama Patron Spirits. Kekayaan DeJoria kini mencapai Rp.37 Triliun.

9. Sam Walton (pendiri WalMart)


Walmart merupakan ritel ternama di Amerika Serikat.  Pendirinya adalah Sam Walton, pria yang berlatar keluarga miskin. Meskipun terlahir dari keluarga miskin tidak membuat dirinya pasrah.
Sam Walton semenjak kecil sudah mulai bekerja. Kesehariannya dimasa kecil adalah mengantar susu dan menjadi pengantar koran atau majalah. Dimasa kuliah, Sam Walton belum juga merubah nasib. Sambil kuliah dia bekerja  sebagai pelayan kafe dan restoran untuk membiayai keluarga dan kuliahnya.

Nasib mulai berubah saat Sam Walton berusia 26 tahun. Sam nekat meminjam dana kepada ayahnya sebesar 25.000 dollar dan ditambah dana pribadinya sebesar 5000 dollar. Usaha yang dibangun pertamanya adalah sebuah ritel bernama Wal Mart. Usahanya terus berkembang dan kekayaannya saat ini diwariskan kepada menantunnya Christy Walton sebesar 470 Juta USD.

Terlahir miskin bukanlah halangan. Jangan pernah menyalahkan latar belakang keluarga miskin. Dari keadaan serba kekurangan justru membuat orang-orang tersebut bangkit dan kuat. Hingga akhirnya menjadi sosok yang benar-benar sukses dan dipandang menginspirasi. Akankah kamu jadi miliarder selanjutnya? Hanya kamu yang tahu.  

Posting Komentar untuk "9 Orang terkenal yang menginspirasi agar hidupmu jangan menyerah"