Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Smartphone Masa Depan yang diprediksi bakal muncul di 2020




Smartphone memiliki sejarah panjang bukan? Flashback  ke tahun 1995, kita menggunakan telepon genggam dengan layar kecil dan belum memiliki akses internet. Setelah melalui berbagai fase,  smartphone hadir dengan berbagai evolusi yang menakjubkan. Mulai dari akses internet yang sangat cepat, kapasitas penyimpanan yang besar, dan kamera yang menakjubkan. Tapi bagaimana dengan smartphone masa depan ? Kira-kira apa  inovasi selanjutnya?

Teknologi terakhir yang sedang dikembangkan adalah jaringan 5G dan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) yang menarik banyak perhatian publik. Tetapi, apa yang terjadi dengan ranah kompetisi pabrik smartphone dalam skala besar seperti Xiaomi, Apple, Samsung, Huawei, Google dan yang lain?  Ini dia 7 smartphone yang bakal muncul 2020

1. Samsung Galaxy S11



Samsung selalu menajadi hits (sorotan) di berbagai media baik online ataupun offline saat merilis smartphone terbaru. Gambar bocoran diatas dipercaya sebagai Samsung Galaxy S11 yang diprediksi bakal rilis 2020 dengan full bezel-less.
Bagian yang menarik adalah akankah Samsung S11 bakal menggunakan port charging manual (menggunakan kabel) atau bakal menggunakan wireless charging (tanpa kabel). Dengan layar tanpa bezel (frame) , ditambah dengan sensor fingerprint, dan resolusi kamera yang besar, Samsung Galaxy S11 sepertinya bakal jadi smrtphone yang bakal ditunggu ditahun 2020.
2. Apple iPhone 12

Kita semua tahu bahwa sebelumnya ramai dibicarakan mengenai LCD dari Iphone XR. Kita mungkin dapat meprediksikan mungkin Iphone 12 bakal berbalut dengan OLED screen di Iphone 12. Generasi Iphone 12 sepertinya bakal ditambahkan jaringan 5G.
Selain itu ada kemungkinan besar Apple Iphone 12 akan memiliki Artificial Intelegent (Kecerdasan buatan). Apple kedepannya juga menggunakan chip seri baru yang dinamai bionic chips. Chip ini (bionic chip ) bakal mempercepat kinerja kecerdasan buatan.
Ada kemungkinan besar juga Apple bakal hadir dengan kamera yang dikombinasikan dengan program kecerdasan buatan. Kita juga dapat melihat perbedaan mode kamera dan juga aplikasi kamera yang bisa disesuaikan  dengan pilihan estetis yang bisa diatur di camera settings
3.Moto Razr V4

Motorola Razr pertama kali diperkenalkan tahun 2004. Motorola Razr disambut dengan ramai dan secepatnya menjadi smartphine terlaris pada waktunya. Lebih dari 130 juta unit dijual dalam 4 tahun. Motorola Razr memiliki desain yang tipis dan penampilan yang sangat menarik.

            Motorola Razr V4 bakalan memiliki harga lebih daru 1500 USD, artinya lebih mahal dari Iphone XS Max. Motorola Razr V4  memiliki fitur display yang memungkinkan untuk dilipat.  Layar yang diusung oleh Razr V4 adalah OLED yang fleksibe, mengingat Moto Razr V4 merupakan smartphone yang bisa dilipat.

            Saat ini sedang ditunggu kabar Motorola Razr V4 secara resmi. Yang diharapkan adalah bocoran spesifikasi lengkap. Padahal kalau rilis lebih cepat, sepertinya Moto Razr V4 menjadi smartphone pertama yang memiliki fitur foldable / dilipat.

4. Xiaomi Mi 10


Sepertinya Xiaomi juga bakal menyanggupi untuk meluncurkan smartphone terbaru tahun 2020.  Sudah banyak kabar angin  mengenai rilisnya Xiaomi Mi 10 yang digadang-gadang memiliki layar Super AMOLED. Layarnya juga bakal memiliki dimensi 6.5 Inchi dengan anti goores Corning Gorilla Glass ke-6.

Dapur pacu yang bakal digunakan Xiaomi Mi 10 adalah  chipset Qualcomm Snapdragon 855 dengan RAM paling besar 10GB. Kapasitas internal Xiaomi Mi 10 juga hadir dalam beberapa variasi mulai dari 64GB/128GB/256GB. Jaringan Xiaomi Mi 10 sepertinya sudah support 5G, dengan daya baterai yang lumayan besar yaitu 5000mAh.

Sektor kamera menjadi bagian yang cukup misterius karena tidak ada kabar sama sekali.  Begitu juga dengan fitur Quick Charge, apakah akan hadir melengkapi kesempurnaan MI 10.  Sebenarnya spesifikasi Xiaomi Mi 10 diatas juga tidak pasti, masih belum ada kabar yang dirilis secara resmi oleh pihak Xiaomi. Kita tunggu saja.

5. Nokia 10


Sebelum menjelma menjadi smartphone, Nokia merupakan ponsel sejuta umat. Hal ini dikarenakan memiliki daya tahan pakai yang sangat lama. Seiring berkembangnya teknologi, ponsel Nokia tergeser oleh kepopuleran  smartphone Android.

Saat ini eksistensi Nokia  masih tetap ada dan berada dibawah naungan perusahaan Microsoft.  Sebelum Nokia menggunakan OS Android, OS Window lah yang digunakan oleh Nokia. Pada akhrinya Nokia harus beralih menggunakan OS Android sebagai platform yang digunakan.

Nokia 10 dipediksi hadir dengan  kamera resolusi yang besar yaitu 48 MP (kamera belakang) dan 16 MP (kamera depan). Kedua kamera baik depan dan belakang support merekam video dengan resolusi 1080p. Beberapa blog teknologi juga mengabarkan Nokia 10 bakal hadir dengan  fitur Quick Charge 4+.

6. Samsung Galaxy Fold 2


Kita sepertinya akan mendapat trend smartphone terbaru yaitu smartphone yang bisa dilipat ditahun 2020 nanti. Bukan hanya Motorola dengan Moto Razr V4, smartphone pabrikan asal Korea Selatan juga bakal hadir dengan merilis Samsung Galaxy Fold 2.

Tahun 2019 ada juga seri Samsung Galaxy yang dilipat yaitu Samsung Galaxy Fold 1. Tapi disaat rilis masih ada kecacatan yang harus dibenahi, sehingga ditarik kembali. Samsung F2 dirumorkan hadir dengan memiliki 6000mAh .

Belum diketahui rumor lain menyoal Samsung Fold 2 ini, yang jelas tahun 2020 bakalan ,menjadi tahun yang sangat menarik untuk menyambut teknologi baru.

7. Apple Iphone X Fold


Sudah dikonfirmasi bahwa Apple tidak akan merilis smartphone yang bisa dilipat tahun 2019. Akan tetapi sudah diketahui bahwa Appl siap memesan hak paten untuk perangkatnya yang bisa dilipat. Ada rumor kuat jikalau Apple akan memperkenalkan smartphone yang bisa dilipat yaitu Iphone X Fold.

Spesifikasi Apple yang satu ini bisa ditebak, biasanya menggunakan teknologi paling mutakhir. Dalam artian menggunakan teknologi paling bagus dan canggih, jadi jangan heran kalau mahal harganya.

Sama halnya dengan Samsung Fold 2, Iphone lipat ini diperkirakan akan dibrandol harga sebesar 2000 USD. Dibawah ini merupakan teknologi yang sudah mendapat paten oleh pihak Apple.

8. Microsoft Andromeda


Microsoft merupakan perusahan teknologi terbesar didunia. Sama halnya Google yang melahirkan smartphone Google Pixels, Microsoft juga menggunakan namanya untuk merilis smartphone baru.
Sebelumnya Nokia merupakan pabrikan ponsel yang diakusisi oleh Microsoft. Microsoft mengubah Nokia menjadi smartphone berbasis OS Windows phone. 

Namun Nokia dengan  sistem operasi Windows tidak laku, karena dinilai mahal dan tidak fleksibel seperti Android.Diliput daei The Verge, mengatakan bahwa Microsoft memiliki rencana besar untuk teknologi Foldable Smartphone.  Hal ini terlihat dari upaya besar Microsoft untuk mengembangkan OS Windows yang digunakan pada Smartphone lipatnya.

9. Google Pixel 5


Google pixel 4 sudah masuk daftar smartphone yang bakal rilis diawal tahun 2020. Sudah dipastikan  Google pixel 4 tidak menggunakan teknologi yang memungkinkan untuk melipat bodinya. Bagaimana dengan Google Pixel 5?

Bukan rahasia lagi kalau teknolog semakin kedepan semakin maju. Google pixel 5 sepertinya bakal dirilis dengan teknologi yang luar biasa. Apalagi Google pixel berada dibawah naungan Google sendiri.

Tidak ada bocoran pasti soal Google pixel 5, tetapi sangat memungkinkan bila Google pixel 5 menggunakan teknologi foldable. Diperkirakan Google pixel 5 akan dirilis kuartal 3 atau kuartal 4 tahun 2020.

Kesimpulan ....
Kita akan memasuki teknologi yang lebih maju lagi tahun depan. Saat ini sudah banyak smartphone yang menggunakan bezel-less dan layar curved. Selain itu banyak juga yang berlomba-lomba mengunggulkan fitur kamera dan sektor dapur pacu. 
Setelah semua itu berlalu, sepertinya teknologi smartphone seperti 5G, Foldable Smartphone (smartphone lipat), dan AI (kecerdasasn buatan) bakal hadir. Mari kita tunggu kehadiran mereka

Posting Komentar untuk "7 Smartphone Masa Depan yang diprediksi bakal muncul di 2020"