Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Brand Smartphone paling populer di China 2019

'
Dulu smartphone asal China merupakan barang yang disepelekean karena masalah  performa dan kualitas. Saat ini semua produk smartphone China malah dipuji karena menghadirkan spesifikasi unggul dengan harga murah.

Seperti biasa smartphone China selalu menghadirkan trend dari segi ukuran, kecantikan, resolusi kamera dan layar bezel-less. Tapi untuk tahun 2019 akan ada tambahan seperti kecepatan untuk gaming dan juga pop-up camera.

Data penjualan online e-comerce JD.com di China menunjukan brand paling unggul adalah Xiaomi dan Honnor. Sementara itu Zol.com menunjukan brand paling unggul adalah Oppo dan Vivo. Ke empat brand diatas memang memiliki persaingan ketat di China.

Dilansir dari whatsonweibo.com ada 2 smartphone buatan asing yang juga meramaikan pasar smarthpone China (Apple dan Samsung). Ketetatan pasar smartphone di China membuat kedua brand itu tenggelam. Berikut 10 brand smartphone paling terkenal di China pada tahun 2019

1. VIVO



Vivo merupakan smartphone domestik China yang meraih prestasi internasional, pertama kali masuk pasar China tahun 2009. Berpusat di  Dongguan, provinsi Guangdong. Tahun 2017 lalu Vivo merilis Vivo X20 plus dan Vivo X20, yang paling sukses adalah Vivo X9.

Vivo dalam pemasarannya kerap kali bekerja sama dengan aktor dan penyanyi. Di China Vivo menggandeng Lu-Han dan di Indonesia menggandeng Afgan. Memang strategi Vivo dalam pemasaran cukup cerdas.

Produk Vivo saat ini yang paling baru adalah Vivo Nex, smartphone futuristik. Tipis, dengan dimesi lebar dan sedikit berat. Layaar Vivo Nex sudah dibalut dengan AMOLED screen dengan berat 199 gram, sama seperti Galaxy Note 8.

Vivo Nex memiliki layar bezel-less dan kamera depan yang berada di frame atas. Untuk keamanan Vivo Nex dibekali dengan sidik jari dibagian belakang. Dimensi smartphone sendiri 6.59 inchi dengan high definition display.

Di China, smartphone Vivo Nex dibandrol sekitar 600 USD atau setara dengan Rp. 8.400.000,00 (kurs 1USD = 14.000).  Di Indonesia smartphone Vivo  Nex dibandrol dengan harga Rp.10.000.000,00.

2. OPPO


Bukan hanya brand Vivo saja yang berpusat di Guangdong, ternyata Oppo juga sama. Oppo pertama kali masuk pasar China tahun 2004 dengan target anak muda. Tahun 2016 brand Oppo menjadi brand nomor 4 sebagai brand global dibawah Apple, Samsung dan Xiaomi.

Menargetkan anak muda, Oppo mengandalkan sektor kamera depan (selfie camera) dan kamera belakang. Produk terkenal terdahulu adalah Oppo R11s, menjadi smarthpone bezzel-less pertama oppo yang paling laris dilengkapi dengan facial recognition technology.

Selain Oppo R11s, ada juga Oppo Find X yang menjadi produk unggulan Oppo. Find X memiliki layar yang sangat menarik  dan juga kamera depan seperti Vivo Nex (pop-up camera). Oppo Find X memiliki banyak fitur bagus, layar bezel-less, dual kamera belakang dengan resolusi besar (16 MP + 20 MP), 25 MP kamera depan, dual SIM,dll. Warna yang disediakan juga sangat menarik seperti biru gletser dan merah. Harga di China sendiri mencapai 750 USD atau Rp. 10.500.000,00


Tahun 2019 Indonesia juga kehadiran smartphone Oppo seri terbaru. Namanya Oppo Reno Z yang memiliki spesifikasi kamera utama 48MP, ditenagai prosessor Snapdragon 710,RAM 6GB, memory internal 128GB. Harganya begitu terjangkau yaitu Rp. 3 jutaan

3. Honor 

Honor didirikan tahun 2013 oleh saudaranya yaitu Huawei. Sub-brand atau merk anakan Huawei ini sangat populer di China. Selain fokus dipromosikan oleh selebriti,  Honor fokus pada harga yang terjangkau.

Dengan harga terjangkau, Honor berusaha menghadirkan smartphone gaming yang akhir-akhir ini sedang populer di China sana. Di situs Weibo, kebanyakan orang lebih mengutamakan kecepatan performa, kamera, dan penampilan.

Honor 20 merupakan smartphone kelas atas yang hadir beberapa bulan yang lalu. Ditenagai dengan chipset Kirin 980 dan daya baterai yang besar yaitu 3750mAh.  Untuk RAM, Honor 20 memberikan  angka yang cukup besar yaitu 6GB. Harganya sekitar 8 juta dibeberapa marketplace Indonesia

4. Huawei


Huawei juga masuk brand smartphone papan atas di China. Di Indonesia mungkin lebih dikenal dengan produsen modem, tapi tidak di China.  Produksi smartphone Huawei yang paling terkenal 2016 di China adalah Huawei Mate 9 dan 2017 adalah Huawei Mate 10.

Di situs Weibo pengguna Huawei p20 sangat kagum dengan fitur kamera night mode yang mana bisa menangkap pencahayaan lebih jelas diarea yang lebih gelap. Huawei p20 memiliki baterai dengan daya tahan yang lama dan warna yang menarik. Seperti Oppo Find X, harga Huawei p20 sekitar Rp.13.000.000,00

5. Xiaomi



 Di indonesia nama Xiaomi sudah melekat dihati masyarakat. Selain murah, smartphone ini juga menyajikan performa yang bagus. Xiaomi berdiri sejak tahun 2011 dan berpusat di kota Beijing, China. Saat ini Xiaomi menjadi salah satu smartphone dengan pemasaran terbesar di dunia.

Di China Xiaomi dijuluki sebagai  “Apple Copycat”  atau “penjiplak Apple”. Tapi dengan julukan itu justru Xiaomi menjadi trending dibeberapa negara. Saat ini Xiaomi memproduksi smartphone dengan jangka waktu yang pendek. Dalam beberapa bulan sekali Xiaomi selalu menghadirkan pendatang baru di berbagai pasar dunia.

6. Meizu


Di Indonesia mungkin smartphone Meizu kalah pamor dengan Xiaomi.  Meizu didirikan pada tahun 2003, oleh  Jack Wong .  Jackwong sendiri bukan seorang yang memiliki pendidikan tinggi. Jack Wong hanya lulusan SMA dan hebatnya saat ini bisa mendirikan Meizu.

Meizu menjadi smartphone dengan pengguna terbanyak ke -11 didunia dan peringkat 6 di China.
Namun meskipun memiliki rangking yang bagus, di China Meizu kurang populer dikalangan kaum muda. 

7.Oneplus



OnePlus merupakan brand smartphone yang berbasis dikota Shenzhen China. Didirikan tahun 2013 oleh Pet Lau dan Carl Pei.  Saat ini One plus secara resmi sudah berada di 32 negara sejak Januari 2018. Dan tahun 2019 kemungkinan akan bertambah seiring berjalannya waktu.

8. Lenovo (Motorola)



Lenovo Group Ltd. Atau Lenovo PC International, juga sering disebut Lenovo merupakan perusahaan teknologi multinasional dengan berpusat di Beijing, China dan Morrisville, North Carolina, Amerika Serikat.

Diluar China, Lenovo lebih dikenal dengan produsen laptop daripada produsen smartphone. Tapi di China sendiri lebih dikenal sebagai produsen Smartphone. Salah satu penjualan tersukses Lenovo di China adalah Lenovo Z5 dan seri Lenovo Vibe.

9 Qiku

Sudah pasti smartphone di China yang satu ini asing bagi orang Indonesia. Didirikan belum lama tahun 2015 dan berpusat dikota Shenzhen. Qiku Smartphone terlahir dari joint venture (kerja sama) antara perusahaan smartphone Coolpad dengan Qihoo 360 (penyedia layanan Internet terbesar di China)

Setelah 3 tahun berdiri,  Qiku menghadirkan smartphone Flagship dengan nama Qiku N7.  Qiku N7 hadir dengan fitur menarik seperti  curved glass,  charging cepat, dan juga baterai tahan lama.

10. Smartisan


 Smartisan merupakan produk smartphone yang berasal dari Beijing,China dan didirikan tahun 2012.  Smartisan pernah mengejutkan pasar smartphone di China, dengan memecahkan rekor memori Internal terbesar.Namanya Smartisan R1 yang dijuluki sebagai  “Komputer masa depan”. Hal ini dikarenakan smartphone yang diusung Smartisan R1 memiliki internal sebesar 1TB.

Itu dia smartphone terlaris di China saat ini. Adakah kalian yang ingin membeli dari daftar nama diatas?



Posting Komentar untuk "10 Brand Smartphone paling populer di China 2019"