Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebagai makhluk "Homo Economicus", Hukum Permintaan ini harus diketahui

Gambar : Pasar Tradisional di Jepang
  Sebagai manusia yang hidup di zaman modern, tentu wajib melakukan sebuah transaksi ekonomi dalam memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup yang dimaksud adalah uang, barang, jasa, makanan, dan banyak lagi. Salah satu tempat transaksi yang dekat dengan kita adalah pasar. 

   Pasar merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh banyak orang. Entah untuk membeli sayur, buah, atau bahkan peralatan rumah tangga. Dan sebuah transaksi bukan hanya di pasar fisik saja, ada juga pasar online yang sekarang lebih sering disebut sebagai Marketplace atau toko online. Selain pasar sebagai tempat transaksi, transaksi juga terjadi seperti di lembaga perbankan, asuransi, perusahaan dagang/jasa, dan lain-lain.

   Kembali ke pasar sebagai salah satu contoh tempat transaksi sekaligus tempat bertemunya konsumen dan distributor barang. Dalam contoh pasar, ada berbagai permintaan dari konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. 

Apa itu permintaan?
Image result for demand
Permintaan yaitu suatu fungsi yang menyatakan banyaknya barang atau produk yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dalam periode tertentu. Bunyi hukum permintaan :  “Apabila suatu produk mengalami kenaikan harga maka akan mengalami penurunan jumlah permintaan, apabila  produk itu mengalami penurunan harga maka akan mengalami peningkatan permintaan”
Jenis-Jenis permintaan
  • Berdasarkan daya beli konsumen 

  1. Permintaan efektif, yakni sejumlah permintaan yang disertai dengan adanya daya beli dan dilaksanakan.
  2. Permintaan potensial, yaitu sejumlah permintaan yang disertai dengan adanya daya beli, tapi belum dilaksanakan.
  3. Permintaan absolut, yang adalah sejumlah permintaan yang tidak disertai dengan adanya daya beli, cenderung berupa angan-angan belaka.
  • Berdasarkan Jumlah permintaan
  1. Permintaan individu, yakni sejumlah permintaan individu terhadap barang atau jasa tertentu.
  2. Permintaan pasar, yaitu hasil penjumlahan dari permintaan-permintaan individu terhadap barang atau jasa tertentu.
Bentuk Kurva Permintaan
Image result for demand curve 
Bentuk kurva permintaan menunjukan hubungan terbalik antara harga dengan jumlah barang yang diminta dan berbentuk slope negatif. Artinya kenaikan harga suatu produk akan menyebabkan penurunan permintaan produk tersebut (berlaku sebaliknya).

Faktor-faktor Permintaan :
Image result for population
Jumlah konsumen sebagai salah satu faktor permintaan
  1. Harga barang itu sendiri. Apabila harga barang itu naik maka permintaan barang itu turun. Sama seperti bunyi hukum permintaan
  2. Harga barang pengganti /yang terkait. Barang subtitusi merupakan barang pengganti dari suatu produk. Misalnya teh dan susu, keduanya bisa saling menggantikan. Kalau harga susu naik tajam, maka permintaan susu akan turun. Dan konsumen akan berpindah mengkonsumsi teh, yang menyebabkan permintaan teh meningkat
  3. Selera. Konsumen memiliki selera masing-masing yang bisa mempengaruhi permintaan produk. Misalkan konsumen memiliki selera membeli kuora internet yang murah, maka permintaan kuota internet murah bisa bertambah
  4. Jumlah Konsumen,  semaik banyak penduduk maka jumlah konsumen akan bertambah yang bisa mengubah permintaan produk
  5. Pendapatan Konsumen, perubahan pendapatan konsumen bisa mengubah permintaan juga. Misal pendapatan konsumen bertambah maka akan berpotensi menambah permintaan terhadap barang superior (mewah)
  6. Ekspektasi atau harapan masa depan, apabila ekspektasi ekonomi dimasa depan lebih baik. Maka ada kemungkinan harga produk akan tetap dan permintaan barang akan tetap. Bila ada ekspektasi ekonomi negatif maka berkemungkinan sebaliknya


Pergeseran Kurva Permintaan dan Pergerakan dalam kurva permintaan
A. Pergeseran Kurva Permintaan
Dalam gambar diatas terjadi pergeseran kurva permintaan. Kurva permintaan diatas berpindah dari posisi awal ke posisi sebelah kanannya yang berarti positif (menunjukan adanya peningkatan suatu permintaan). Faktor yang menyebabkan pergeseran kurva permintaan adalah harga barang subtitusi, pendapatan konsumen, selera, ekspektasi masa depan, dan jumlah konsumen

B. Pergerakan didalam kurva permintaan
Gambar diatas menunjukan adanya pergerakan didalam kurva permintaan dari titik A ke titik B. artinya ada penurunan harga yang semula 100$ menjadi 80$. Penurunan harga tersebut menyebabkan peningkatan permintaan. 

Itu dia teori permintaan dalam mekanisme ekonomi.

Posting Komentar untuk "Sebagai makhluk "Homo Economicus", Hukum Permintaan ini harus diketahui"