Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Penawaran dalam Ekonomi Mikro


Dalam bidang ekonomi sudah tidak asing lagi dengan kata penawaran. Penawaran yang dimaksud adalah bagaimana produk-produk yang dikenalkan oleh produsen kepada konsumen dengan harapan agar konsumen membeli produk tersebut. Lalu apa pengertian baku dari Penawaran ?

Penawaran adalah sejumlah kuantitas barang tertentu yang ingin dijual oleh produsen pada berbagai tingkat harga dalam periode tertentu. Artinya sama saja dengan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen dengan kategori harga masing-masing.

Bunyi Hukum Penawaran
"Jika suatu harga produk meningkat maka jumlah barang yang ditawarkan juga ikut meningkat, begitu pula sebaliknya. Bila harga suatu produk mengalami penurunan harga maka jumlah barang yang ditawarkan juga mengalami penurunan"

Bentuk kurva penawaran
Berbeda dengan kurva permintaan yang memiliki bentuk slope negativ, bentuk kurva penawaran justru berbentuk slope positiv. Kurva tersebut menghubungkan suatu harga dengan jumlah barang yang ditawarkan. Dibawah ini merupakan bentuk kurva penawaran :

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :
  1. Harga barang itu sendiri, harga barang suatu produk akan memperngaruhi produk itu sendiri. Jika harga barang itu naik maka penawaran barang itu juga naik (begitupula sebaliknya), bila harga turun maka penawaran produk itu juga turun.
  2. Harga faktor produksi. Faktor produksi yang dimaksud adalah land (tanah), labour (tenaga kerja), capital (modal). Semakin tinggi harga faktor produksi maka  harga jual produk juga akan naik. Hal ini dikarenakan perusahaan berusaha mempertahankan laba. 
  3. Teknologi. Teknologi dalam suatu perusahaan akan mempengaruhi produktivitas perusahaan. Semakin canggih teknologi yang digunakan maka penawaran produk akan meningkat juga. Sebaliknya, semakin tradisional teknologi yang digunakan  maka akan menurunkan jumlah penawaran yang ada.
  4. Perubahan harga barang lain. Hal ini berkaitan dengan barang subtitusi atau barang komplementer. Bila barang itu barang subtitusi biasanya kenaikan harga akan direspon dengan penurunan permintaan barang itu. Produsen barang lain akan menangkap peluang itu dan meningkatkan penawaran produknya. Sementara itu barang komplementer bila menaikan harga maka hanya berdampak pada barang itu sendiri, yaitu akan menurunkan permintaan.
  5. Ekspektasi di masa depan.  Bila ekspektasi kedepan positif (tetap dan membaik) maka ada kemungkinan penawaran tetap atau bahkan meningkat. Sebaliknya bila negatif, maka ada kemungkinan penawaran mengalami penurunan atau bahkan perusahaan akan menimbun dan dijual dimasa mendatang
  6. Banyaknya produsen. Semakin banyak produsen maka semakin banyak juga penawaean yang terjadi, sebaliknya semakin sedikit produsen semakin sedikit pula penawarannya.
Pergerakan di Sepanjang Kurva Penawaran dan  Pergeseran Kurva Penawaran
   Sama halnya seperti permintaan, penawaran juga sama. Yaitu sama sama memilki pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva. Lihat gambar dibawah ini :
  • Pergerakan di sepanjang kurva penawaran
Di gambar sebelah kiri bisa dilihat sebuah pergerakan di sepanjang kurva. Dari titik A ke titik B menunjukan adanya peningkatan jumlah penawaran. Hanya ada satu faktor saja yang menyebabkan pergerakan didalam kurva penawaran yaitu harga barang itu sendiri.
  • Pergeseran Kurva Penawaran
Jika kurva penawaran bergeser kearah kanan itu berarti menunjukan penawaran yang meningkat. Bila kurva bergeser kearah kiri maka menunjukan penawaran yang menurun. Faktor yang mempengaruhi pergeseran kurva permintaan adalah harga faktor produksi, teknologi, harga barang lain, ekspektasi masa depan, jumlah penjual.

Ok, itu saja pembahasan penawaran. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Hukum Penawaran dalam Ekonomi Mikro"