Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jack Ma, Raja E-Comerce dari China

   Jack Ma merupakan tokoh inspirasi.  Bisa dikatakan "from zero to hero" benar-benar disandang dirinya. Kisah hidupnya membuat dunia berdecak kagum. Dari seorang guru bahasa inggris menjadi sosok terkaya ke-20 didunia, dengan total kekayaan sekitar 43 Miliar USD.
Biografi Jack Ma
 
   Jack Ma memiliki nama asli Ma Yun,lahir di kota Hangzhou, China. Jack Ma lahir tepat  tanggal 10 September 1964. Jack Ma lahir bukan dari kelua jrga yang kaya raya, bisa dibilang Jack Ma lahir dari keluarga biasa saja. Tapi yang membuatnya berbeda adalah kemauannya yang begitu keras. 

Masa Kecil Jack Ma
  Nama Jack didapatnya semasa kecil. Jack Ma kecil selalu mengayuh sepedanya sepanjang 17 Mil (26KM) menuju hotel yang banyak turis asing dan menjadi tour guide. Berkat kemauannya menguasai bahasa inggris dan mempraktikannya langsung menjadi tour guide, turis-turis memberi nama Jack.

Pendidikan Jack Ma
  Jack Ma bukan siswa yang cerdas. Sehingga untuk masuk perguruan tinggi di China sangat sulit. Kalau di Indonesia dikenal dengan SBMPTN untuk masuk PTN, di China dikenal dengan nama GAOKAO. Jack Ma baru lulus GAOKAO setelah 3 kali gagal.  Hingga akhirnya Jack Ma lolos di Hangzhou Normal University dengan jurusan sastra Inggris.                                                                    
  Jack Ma juga pernah mencoba mendaftar Havard Businnes School dan gagal berkali-kali. Di universitasnya Jack Ma menjabat sebagai ketua dewan mahasiswa. Jack Ma mendapat gelar Sarjana Sastra Inggris tahun 1988. Selanjutnya dia melanjutkan pendidikannya hingga menjadi dosen bahasa inggris di salah satu universitas di kotanya.

Perjalanan Karir 
  Jack Ma sudah mencoba melamar 30 pekerjaan berbeda dan ditolak semuanya. Pernah mendaftar polisi tapi ditolak. Pernah mendaftar menjadi karyawan KFC, ada 24 pendaftar dan yang diterima hanya 23, Jack Ma satu-satunya orang yang ditolak.                                                                                 
  Tahun 1995 Jack Ma pergi ke Amerika dan mengenal internet. Iseng-iseng mengetik keyword "China" di internet justru sangat sedikit informasi tentang China. Jack Ma memiliki ide untuk mengenalkan produk-produk bir China melalui internet. Temannya membuat website sederhana untuk memenuhi kemauan Jack Ma. Website itu bernama Chinapage.com.

  Tak disangka dalam waktu tiga tahun, website yang ia buat bersama temannya berhasil menarik investor hingga mendapat dana 800.000 USD.  Tahun 1998 Jack Ma dan temannya kembali ke China dan membangun Alibaba.  Tahun 2000 Alibaba mendapat investasi 25 Juta USD. Jack Ma akhirnya mengembangkan juga TaoBao, AliPay, AliMama, dan Lynx.

   Tahun 2014 AliBaba berhasil mendapat 25 Miliar USD setelah IPO di Bursa Saham New York. Jack Ma menjadi executive chairman di Alibaba Group yang membawahi TaoBao, AliPay, Ali Express, Juhuasuan, Alibaba Cloud, eTao, 1688.com, Tmall, dan Alibaba.com



Posting Komentar untuk "Mengenal Jack Ma, Raja E-Comerce dari China"