Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara merawat smartphone agar awet dan tahan lama


Penamorf.xyz – Smartphone saat ini menjadi kebutuhan wajib bagi semua manusia yang ada di bumi. Alasan menjadi kebutuhan wajib dikarenakan semua aktivitas manusia tidak bisa dari yang namanya smartphone.

Mulai dari mencari informasi, mengerjakan tugas, berkirim pesan, menghibur diri, bermain sosial media, bahkan menghasilkan uang melalui smartphone.  Smartphone sendiri memiliki banyak sekali jenisnya.

Smartphone khusus selfie, khusus game, khusus kalangan atas, khusus kalangan menengah kebawa, semuanya benar-benar lengkap dan tersedia. Namun banyak pengguna smartphone yang menyukai smartphone dengan harga miring, performa bagus, dan tentu saja smartphone yang awet.

Sebenarnya smartphone bisa awet atau memiliki daya pakai lama karena perlakuan yang baik oleh penggunanya.  Mana ada smartphone awet yang setiap harinya dibanting. Selain itu smartphone bisa rusak karena terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya masuk ke kolam renang yang dalam.

Ada 7 tips merawat smartphone agar awet dan tahan lama yang harus dilakukan tiap hari. Supaya smartphonmu awet dan tahan lama.

1. Charger sampai selesai, baru gunakan smartphone


Ya kebanyakan pengguna smartphone sudah menjadi kebiasaan menggunakan smartphone sambai dicharger. Padahal dengan kebiasaan sepele seperti itu bisa membuat smartphone cepat habis daya baterai yang dimiliknya. Usahakan smartphone discharge sampai selesai, baru digunakan.

2. Tidak menggunakan antivirus


Keterbatasan memori internal smartphone memang hal yang menjengkelkan. Namun jangan sampai lupa untuk menginstal antivirus . Antivirus pada smartphone digunakan untuk menyingkirkan trojan atau virus yang berbahaya bagi smartphone.

Biasanya virus tersebut masuk melalu jaringan internet, Bluetooth, email, bahkan USB yang terkoneksi degan laptop. Virus bisa menghambat kinerja smartphone, menyadap data-data penting, dan juga membuat smartphone tidak berfungsi sama sekali.  Antivirus tersedia banyak di PlayStore.


3.  Menggunakan casing pelindung body smartphone


Smartphone memiliki bahan body yang berbeda-beda. Maka dari itu tidak semua body smartphone itu kuat dan memiliki kualitas yang baik. Smartphone perlu sebuah proteksi tambahan dengan menggunakan casing.

Untuk membeli casing bisa dibeli melalui online store baik marketplace maupun akun jual-beli casing di Instagram. Hrganya bervariasi tergantung ukuran, desain dan kualitas. Usahakan pilih yang terbaik agar tidak menyesal nantinya.


4.  Meletakan smartphone didekat medan magnet 


Salah satu faktor yang menyebabkan umur penggunaan pendek adalah peletakan yang tidak hati-hati. Misalkan diletakan di barang-barang yang mengandung magnet. Misalnya televisi, radio, DVD player, atau bahkan salon pengeras suara.


5. Menggunakan pelindung layar


Untuk melindungi layar smartphone dari debu atau tetesan air maka alangkah baiknya smartphone menggunakan pelindung layar. Dengan pelindung layar maka smartphone akan lebih terlindungi dari goresan yang bisa merusak kualitas layar.

Ada beberapa jenis pelindung smartphone yaitu Tempered Glass,  Anty Spy, PET Film, TPU, Anti Glare, dan Hydrogel.  Keenamnya memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi layar smartphone.  Masing-masing memiliki kekuarang dan kelebihan tersendiri.

6. Gunakan aplikasi yang penting saja


Saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dinilai unik dan menggiurkan untuk diinstal. Padahal penginstalan tersebut hanya dilakukan untuk pemuas akan rasa penasaran memakai aplikasi tersebut.
Pilihlah aplikasi yang benar-benar penting dan sering digunakan. Dengan menginstal aplikasi-aplikasi yang penting saja maka kapasitas smartphone akan lebih longgar. Dan kelonggaran tersebut bisa mengurangi beban smartphone

7.  Menjaga tombol-tombol penting


Smartphone memiliki tombolnya masing-masing. Biasanya  yang paling  umum adalah tombol volume dan tombol power. Kedua tombol itu cukup vital karena tidak ada  alternative lain kecuali harus melakukan service. Tekan tombol power atau volume sewajarnya saja dan tidak terlalu keras.

Demikianlah sobat pena, semoga tips diatas bermanfaat. Smartphone dengan usia pemakaian yang lama merupakan bukti kalau penggunaannya baik.

Posting Komentar untuk "7 Cara merawat smartphone agar awet dan tahan lama "