Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jurusan kuliah paling sulit. Apakah jurusanmu ada?


Menjadi mahasiswa bisa dibilang suatu “privilege” yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang. Maka dari itu dengan status “mahasiswa” harusnya sadar diri bahwa mereka istimewa. Akses pendidikan itu mahal untuk beberapa kalangan dan murah untuk kalangan tertentu saja.

Semangat belajar harusnya sudah ditanamkan oleh  mahasiswa itu sendiri. Menurut pendapat admin Penamorf,semangat belajar harus bisa disesuaikan. Tergantung sulit atau tidaknya suatu jurusan. Apabila jurusan tersebut merupakan jurusan yang sulit baik secara materi kuliah maupun masuknya, maka belajarnya harus ditambah.

Namun bukan berarti jurusan-jurusan yang mudah   tidak usah belajar. Mahasiswa yang berada di jurusan mudah juga tetap belajar. Untuk jurusan yang dinilai sulit harus ditambah lagi. Sulit ataupun tidaknya memang relative apabila dilihat dari pandangan individu.

Situs Outstandingcolleges menilai jurusan-jurusan sulit berdasarkan lamanya studi rata-rata, mata kuliah, dan juga gaji yang bakal didapat oleh lulusan tersebut.  Oh ya satu lagi, rata-rata jam belajar mahasiswa dari julusan yang dinilai sulit.  Jurusan-jurusan dibawah ini selain kedokteran ya.

Ini dia 7 Jurusan yang paling sulit dalam perkuliahan  berdesarkan situs blog.collegevine.com :


1. Kimia Murni


Kimia murni menjadi jurusan yang paling susah.  Perlu diingat Kimia Murni, Teknik Kimia, dan Pendidikan Kimia itu berbeda ya.  Kimia Murni merupakan ilmu yang menyelidiki sifat dan struktur zat, serta interaksi antara materi-matei penyusun zat.

Rata-rata belajar yang dilakukan mahasiswa kimia murni di Amerika Serikat adalah 18 jam setiap minggunya (diluar kuliah). Keuntungan seorang tenaga professional lulusa kimia murni berkisar 382.000 USD selama 20 th jenjang karirnya. Angka yang  luar biasa.

2. Teknik Kimia


Teknik Kimia itu berbeda dengan Kimia Murni ya. Dan keduanya juga beda fakultas. Kimia murni biasanya berada di FMIPA (Fakultas Matematika dan IPA), sementara Teknik Kimia berada di FT (Fakultas Teknik). Gelarnya juga berbeda, Teknik Kimia memiliki gelar S.Si. Untuk Teknik Kimia gelar yang disematkan adalah S.T

Perbedaanya cukup besar. Kimia Murni lebih bersifat eksplorasi sementara Teknik Kimia lebih ke aplikasi ke suatu bidang khusus. Secara garis besar Kimia Murni lebih ke penelitian sementara teknik kimia lebih ke penggunaan kimia dalam berbagai industry

Teknik Kimia sangat dibutuhkan saat ini. Mengingat industry manufaktur semakin hari semakin berkembang pesat. Maka tak heran jika lulusan Teknik Kimia dibutuhkan dalam jumlah yang besar. Keuntungan yang diraih seorang professional, dengan latar belakang Teknik Kimia berkisar 850.000 USD selama 20 jenjang karirnya.

3. Teknik Elektro


Masih didunia engineering. Jurusan tersulit nomor 3 adalah Teknik Elektro.  Mahasiswa teknik elektro di Amerika menggunakan waktunya selama 19.5 jam seminggu untuk belajar diluar kampus. Hampir semua universitas-universitas negeri di Indonesia memiliki jurusan teknik elektro. 

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar, jurusan teknik elektro juga dibuka di politeknik. Jurusan ini diperuntungkan bagi mereka yang gemar bermain dengan circuit, perbaikan instalasi, desain instalasi listrik, dan yang lain. Lulusan teknik elektro yang bekerja sebagai tenaga professional bisa meraup 850.000 USD selama 20 th jenjang karirnya.

4. Fisika


Fisika merupakan salah satu jurusan yang menguras kemampuan otak.  Admin penamorf salut sama anak SMA yang suka dengan Fisika. Fisika merupakan bidang ilmu yang fokus dalam mempelajari gejala alam tidak hidup (materi)  secara lingkup ruang dan waktu.

Lulusan fisika banyak dibutuhkan  di sektor perminyakan dan pertambangan. Rata-rata mahasiswa jurusan Fisika belajar dengan waktu 18.5 jam seminggunya. Gajinya juga tidak main-main. Untuk tenaga professional  berlatar belakang fisika sekitar 382.000 USD selama 20 tahun jenjang karirnya.

5. Arsitektur


Arsitektur berada di urutan 5 sebagai jurusan paling susah. Arsitektur adalah ilmu bangunan yang dilakukan dengan mengimajinasikan diri dalam merancang bangunan mulai dari level makro hingga level mikro. 

Level makro yang dimaksud adalah perancanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap. Untuk level mikro, arsitektur yang dimaksud adalah desain bangunan, desain perabot, dan desain produk.

Rata-rata jam belajar adalah 22 jam dalam satu minggu untuk mengerjakan tugasnya. Rata-rata itu diambil dari sebuah riset di Amerika Serikat dan tercantum di situs luar negeri bernama blog.collegevine.com. Keuntungan kerja sebagai arsitektur professional berkisar 70.000 USD-200.000 USD selama 20 tahun jenjang karirnya

6. Keperawatan


Keperawatan berada di posisi ke 6 sebagai salah satu jurusan paling sulit. Kebutuhan tenaga perawat sangat tinggi di Indonesia. Perlu waktu lama untuk menyelesaikan studi keperawatan.  Secara umum Keperawatan adalah ilmu yang mempelajari pelayanan kesehatan secara professional. Jangan anggap perawat itu asisten dokter. Perawat merupakan profesi tersendiri.

Jurusan keperawatan memiliki jurusan pemfokusan, diantaranya : Ilmu keperawatan, Keperawatan anak, Keperawatan Dewasa, Keperawatan Jiwa, Keperawatan medical bedah, keperawatan komunitas, dan yang lain. Gaji tenaga perawat professional bisa menyentuh 400.000 USD selama 20 tahun dalam jenjang karirnya.

7. Akuntansi 


Pencatatan keuangan suatu perusahaan memang sangat penting. Dalam hal ini seorang akuntan professional dibutuhkan untuk mencatat setiap transaksi keuangan. Kemampuan matematika menjadi hal wajib di jurusan ini. Hilang satu angka saja neraca sudah tidak balance (seimbang)

Rata-rata mahasiswa jurusan akuntansi belajar selama 16.5 jam. Lulusan akuntansi dibutuhkan dibanyak sektor. Baik sektor public, pemeriintah, hingga sektor perusahaan (swasta, nasional, multi nasional). Keuntungan menjadi akuntan professional bisa meraup sekitar 563.000 USD selama 20 tahun jenjang karir. 

7 Jurusan diatas diambil berdasarkan halaman situs blog.collegevine.com/easiest-and-hardest-college-major.  Untuk data jam belajar merupakan data yang diambil dari sample mahasiswa yang ada di Amerika. Begitu pula nominal keuntungan yang diperoleh selama 20 tahun. Maka dari itu apakah jurusan pilihanmu ada diatas? Di jurusan manapun semoga kelak jadi orang sukses.



Posting Komentar untuk "7 Jurusan kuliah paling sulit. Apakah jurusanmu ada?"