Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Negara dengan jumlah turis terbanyak didunia


Pada dasarnya setiap negara yang ada di belahan bumi ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Mulai dari keindahan alamnya, kulinernya, budayanya, dan juga destinasi wisata yang berbeda. Namun meski berbeda-beda dan memiliki ciri khasnya masing-masing, tidak semua negara terbuka untuk turis karena beberapa faktor.

Faktor-faktor yang membuat suatu negara tidak terbuka untuk pariwisata diantaranya faktor perang, faktor konflik politik, faktor ideologi, dan faktor pariwisata itu sendiri.Misalnya Korea Utara, untuk berwisata kesana cukup sulit. Hal itu dikarenakan ideologi mereka merupakan komunis total.

Mereka (Korea Utara) menganggap wisatawan sebagai ancaman pemerintah. Tak heran bagi wisatawan yang datang ke Korea Utara harus diawasi oleh petugas pemerintah. Faktor perang misalnya seperti Suriah. Negara Suriah hancur lebur karena perang, sehingga tidak memungkinkan untuk berwisata disana.

Peranan Pariwisata dalam sebuah negara

  • Sebagai pemasukan ekonomi negara

Menurut situs forbes ( Ranked: The 10 Countries Most Depend On Tourism ), beberapa negara mengandalkan sektor wisata sebagai penopang ekonomi. 10 Negara yang sangat bergantung pada turis adalah Bangladesh, India, Pakistan, Venzuela, Ethiopia, Madagaskar, Filipina, Guinea, Libya, dan Nigeria.

  • Pengurangan jumlah pengangguran

Penyerapan tenaga kerja tidak hanya ditopangkan pada industri manufaktur, perdagangan, dan industry pertanian saja.  Industri Pariwisata juga memiliki kontribusi nyata dalam menyerap pengangguran menjadi tenaga kerja.

  • Mendorong ekonomi kreatif

Dengan adanya pariwisata, ekonomi kreatif akan  tumbuh. Kita ambil saja contohnya Pulau Bali. Pulau Bali terkenal dengan ombak dan pantainya yang indah. Maka dari itu pesona pantai di Bali membuat turis mancanegara berdatangan. 

Di Bali industry kreatif tumbuh pesat. Mulai dari kuliner, kerajinan tangan, hiasan, seni pertunjukan tari, dan yang lain. Ekonomi kreatif tumbuh, pendapatan daerah juga pasti akan meningkat. Dan dengan peningkatan pendapatan daerah, ketergantungan ekonomi dari pemerintah pusat  berkurang.

     Dampak positif dari pariwisata memang luar biasa. Bisa membuat perekonomian suatu negara berjalan lebih baik. Selain itu juga bisa meningkatkan popularitas destinasi wisata yang ada di suatu negara . 

Dibawah ini merupakan 7 negara dengan jumlah kunjungan turis terbanyak menurut Wikipedia.

1. Perancis ( France )


Perancis merupakan negara yang terletak di Eropa bagian barat. Perancis dikunjungi lebih dari 89.4 Juta orang pada tahun 2018. Angka yang sangat fantastis, hampir menyentuh 100 juta pengunjung.  Pariwisata di Perancis menyumbang 62 Miliar USD pada waktu itu. Kemungkinan kedepannya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Perancis akan bertambah.

Destinasi wisata yang paling terkenal di Perancis adalah Menara Eiffel, Musee de Louvre, Notre Dame de Paris, Arc de Triomphe, Champs-Elysees, dan yang lainnya. Makanan khas Perancis juga banyak yang terkenal, meskipun kurang cocok bagi lidah orang Indonesia. Budget paling minim untuk pergi ke Perancis 50 Jt (termasuk tiket pulang-pergi dari Indonesia)

2.  Spanyol ( Spain )


Negara dengan julukan Negeri Matador ini berada diurutan kedua. Total turis yang berkunjung ke  Spanyol ada sekitar 82.8 Juta orang. Negara ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Dahulu wilayah Andalusia merupakan wilayah Spanyol yang memeluk agama Islam.

Kastil Alhambra Granada merupakan peninggalan Islam di Spanyol. Menjadi salah satu tempat wisata yang menarik dan wajib dikunjungi di sana. Bangunan di Spanyol rata-rata sangat menarik dan terlihat klasik. Sebut saja Palacio Real, Plaza Mayor, Retiro Park, Museo del Prado. 

Budaya Spanyol memiliki keunikan sendiri. Mulai dari adu banteng, tari flamenco, hingga balap lari dengan banteng.  Makanan khas Spanyol  yang paling dikenal adalah Tortilla khas Spanyol, Churros. Dan jangan lupa dengan anggur dari Spanyol.  Budget minimal ke Spanyol sekitar 50 Jt.

3.  Amerika Serikat (USA)


Amerika Serikat merupakan negara superpower yang hampir menguasai semua sektor perekonomian. Termasuk industri pariwisata yang mendapat pengunjung sekitar 79.6 Juta. Untuk kota modern seperti New York, LA, Washington DC, dan yang lainnya memiliki fasilitas city tour.

Amerika negara yang begitu luas. Budaya suku asli (Suku Indian) sudah sedikit karena terdesak oleh penduduk yang datang dari Eropa.  Alam Amerika bermacam-macam jenisnya, mulai dari hutan, gurun, hingga pantai yang menakjubkan. Banyak taman nasional yang menarik seperti Yellowstone,  Grand Canyon, Gletser, dan yang lain. 

4.  Tiongkok ( China )


Dari benua Asia, Tiongkok menjadi magnet wisata bagi kalangan makhluk bumi. Tiongkok secara geografis memiliki luas mencapai 9 juta KM persegi. Dan jangan lupa memiliki penduduk lebih dari 1 Miliar. Tiongkok terkenal dengan budaya yang begitu melegenda. Peradaban Sungai Kuning merupakan salah satu peradaban tertua. 

Di Tiongkok sendiri banyak tempat yang bisa dikunjungi. Mulai dari kota modern Shanghai, Istana Terlarang di Beijing, Tembok Raksasa, Istana Potala di Tibet, dan lain-lain. Untuk wisata kuliner, jangan tanyakan lagi. Chinese Food sudah begitu melegenda di seluruh dunia. Apalagi merasakan langsung di tempat asalnya. Total turis yang berkunjung ke Tiongkok mencapai 62.9 Juta.

5. Italia ( Italy )


“Masih banyak jalan menuju Roma”, ya pepatah itu pasti sering didengar. Italia merupakan negara yang dikenal dengan sejarah Kekaiasaran Romawi. Hingga saat ini  banyak peninggalan sejarah yang tersisia. Sebut saja Colloseum, Menara Pisa, Castel Sant’ Angelo, Pantheon, dan lain-lain. Total turis yang berkunjung ke Italia mencapai  62.1 Juta orang

Kota Venecia menjadi salah satu kota yang paling banyak pengunjungnya di Eropa, disusul Vatikan lalu kota Roma. Selain tempat wisata, ada juga kuliner khas Italia yang patut dicoba. Meski di Indonesia sudah ada tapi makan di Italia pasti beda sensasinya.

6. Turkey ( Turki )


Turki merupakan negara yang cukup unik. Hal ini dikarenakan negara ini memiliki budaya Eropa tetapi terletak di benua Asia (Timur Tengah).  Total jumlah turis yang berkunjung ke negara Turki sekitar 45.8 juta orang. 

Dalam sejarah Turki merupakan daerah yang dipimpin oleh Kekaisaran Ottoman yang sering berkonflik dengan Kekaisaran Romawi. Wisata di Turki kaya akan sejarah, salah satunya Hagia Sopia. Destinasi alternative lainnya adalah Cappadocia, Topkapi Palace, dan masih banyak lagi. Kebab Turki merupakan makanan yang biasa disana.

7. Meksiko ( Mexico )


Di negara Meksiko akan banyak keunikan yang bakal sering ditemukan. Negara ini kebanyakan didominasi oleh ras Latin. Bahasa utama orang-orang Meksiko adalah bahasa Spanyol. Peradaban suku Maya berada di Meksiko. Jadi tak heran banyak yang berkunjung ke Meksiko. Jumlah turis yang ke Meksiko mencapai 41.4 Juta orang

Tempat wisata yang menarik di Mexico adalah Cichen Itza, Kepulauan Galapagos, Cuixmala, Zocalo, dan banyak lagi.  Untuk urusan isi perut, makanan khas Meksiko juga layak dicoba. Mulai dari Tacos, Burritis, Nachos, dan jangan lupa Tequila. 

     7 Negara diatas memang benar-benar serius mengurus pariwisatanya. Untuk kawasan Asia Tenggara, negara dengan jumlah pengunjung paling banyak secara berurutan adalah Thailand (9 dunia), Malaysia (14 dunia), Singapura (28 dunia), Indonesia (29 dunia). 


Posting Komentar untuk "7 Negara dengan jumlah turis terbanyak didunia "