Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Aplikasi Tanamduit, Platfrom Jual-Beli Produk Investasi yang Interaktif

Tanamduit

Penamorf.xyz - Reksadana merupakan salah satu produk investasi yang wajib dicoba bagi kaum milenial.  Hal ini dikarenakan investasi melalui reksadana sangatlah mudah. Sudah banyak sekali aplikasi sebagai platform jual beli reksadana. 

Aplikasi jual-beli reksadana yang cukup popular diantaranya : Bibit, Bareksa, Ajaib, Raiz Invest, Tanamduit. Nah kali  ini penamorf akan membahas tentang aplikasi Tanamduit. Tanamduit sendiri saat ini sudah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna, dan rating terakhir di PlayStore 4.3

Tanamduit tidak segencar aplikasi Bibit dalam melakukan promosi.  Meskipun begitu bukan berarti Tanamduit aplikasi abal-abal. Aplikasi ini terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan bersama beberapa platform jual beli reksadana lainnya.

Sejarah Tanamduit


Tanamduit menurut Wikipedia didirikan pada tanggal 26 September 2017. Ada 4 orang pendiri tanam duit yaitu Indra Suryawan (Founder Commissioner), Rini Haspsari S (Founder Chief Executive Officer), Muhammad Hanif (Director).  Ferry Aprilianto (Founder Technology & Inovation Director). 

Kantor Tanamduit sendiri berada di kota Jakarta, lebih tepatnya di Jl. Hang Lekiu I No.6a, RT.6/RW.4, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jumlah karyawan Tanamduit menurut situs Linkedin.com ada 29 orang, Luar biasa untuk perusahaan yang saat ini mengelola uang hingga 400 Miliar

Cara Mendaftar Tanamduit



Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mendaftar dan membuat akun Tanamduit. Yang pertama adalah E-KTP (untuk keperluan identitas), E-mail (untuk pemberitahuan), Kata Sandi (untuk login), dan juga yang terakhir bersifat oposional yaitu Kode Referal.

Ketika mendaftar akun ini nanti akan dimintai status pekerjaan, status penghasilan hingga foto selfie bersama dengan E-KTP yang telah didaftarkan. Untuk proses pendaftaran menghabiskan waktu sekitar 2-3 hari. Bisa dibilang cukup lama.

Halaman Utama Aplikasi Tanamduit


Tanamduit senditi bukan sekedar aplikasi jual-beli reksadana. Didalam aplikasi Tanamduit ada fitur untuk membeli SBR atau Obligasi, Asuransi, dan tentu saja Reksadana. Namun ada beberapa kabar kalau kedepannya Tanamduit juga akan  menambahkan fitur jual-beli emas. 

Ini akan menjadi keunggulan Tanamduit sebagai platfrom financial tehnology yang menyediakan berbagai jenis investasi. Mulai dari Reksadana, Asuransi, Obligasi.  Aplikasi ini memiliki menu utama yaitu Dashboard, Portofolio, Aktivitas, dan FAQ.

  • -Dashboard

Pada menu Dashboard  bagian atas terdapat informasi Total Investasi, Total Proteksi, dan menu investasi. Menu investasi terdiri dari Reksadana,  SBN (Obligasi), Asuransi. Lanjut kebawah ada menu Peringkat Reksadana Teratas (baik resiko rendah sampai resiko tinggi)

  • -Portofolio

Portofolio merupakan menu yang berisi informasi mengenai asset yang dimiliki oleh pengguna Tanamduit. Portofolio tersebut terbagi menjadi Reksa Dana, SBN (Obligasi), dan Asuransi. Dalam menu portofolio juga terdapat “belli lagi” untuk menambah asset dan “jual” untuk menjual asset

  • -Menu Produk

Menu Produk berisi produk-produk yang disediakan oleh Tanamduit. Produk-produk tersebut berisikan Investasi yang terdiri reksadana, dan SBN. Lalu ada  juga Proteksi Kesehatan yan terdiri dari proteksi penyakit, dan proteksi gadget.

  • --Menu FAQ

Menu ini berisi seputar Tanya Jawab Singkat. Dan ada pula kontak Whatsapp Customer Tanamduit yang tertera. Serta nomor telepon  Customer Service Tanamduit. Keduanya bisa dihubungi saat jam kerja pukul  09.00-17.00 pada hari kerja Senin-Jumat.


Produk-produk Investasi Tanamduit


Reksadana


Reksadna pasar uang untuk investor konservatif terdiri dari 19 reksadana (dan akan bertambah), reksadana obligasi untuk investor moderat terdiri dari 20 reksadana,  dan reksadana saham untuk investor agresif terdiri dari 23 reksadana. 

SBN / Obligasi


Obligasi kadang tidak tersedia saat SBN dijual dalam periode tertentu. Jadi tidak sewaktu-waktu SBN tersedia di Tanamduit.  Minimal pembelian yaitu Rp. 1 Juta.

Emas 


Emas ini merupakan produk investasi yang baru dijual di Tanamduit.  Pembelian minimal adalah 0,1 Gram.

Asuransi


Untuk asuransi sendiri ada berbagai macam asuransi. Mulai dari asuransi penyakit tropis bahkan asuransi Gadget juga ada

Kelebihan Aplikasi Tanamduit


1.Aplikasi sangat interaktif

Yap bagi admin penamorf, Tanamduit benar-benar membuat penggunanya nyaman. Secara tampilan dengan warna biru dan logonya yang unik membuat pengguna tahu identitas Tanamduit.  Memiliki menu-menu sederhana dan mudah dipahami. 

2.Keamanan yang terjamin

Beberapa aplikasi jual-beli reksadana seperti Bibit saat dibuka aplikasinya langsung ke halaman utama. Artinya dalam membuka aplikasi tersebut tidak perlu login. Jadi bagi admin Penamorf rasanya kurang pas saja mengingat aplikasi tersebut merupakan aplikasi investasi. 

Untuk aplikasi Tanamduit sendiri saat dibuka akan langsung meminta input password secara manual. Khusus smartphone yang support sidik jari, aplikasi Tanamduit sudah support sidikjari. Jadi untuk masuk aplikasi tinggal tempelkan sidikjari. Keren bukan 

3. Produk investasi lengkap, bahkan sudah bisa beli Emas Online via Tanamduit

Mulai bulan Juni 2020, Aplikasi Tanamduit sudah bisa digunakan untuk jual belie mas. Admin Penamorf sendiri cukup kaget karena begitu cepat perkembangan aplikasi Tanamduit.  Yap saat aplikasi ini pertama kali rilis, Tanamduit hanya fokus pada Reksadana dan SBN. 
Hingga dalam perkembangannya, Tanamduit menambah produk asuransi. Lalu Mulai tanggal 5 Juni 2020 aplikasi Tanamduit sudah support untuk membeli emas online.  Pembelian emas online bisa dilakukan minimal 0,1 gram.  Dan tentu saja pembayaran bisa dilakukan melalui dompet online  yaitu Dana, Gopay, LinkAja.

4. Pembelian reksadana yang murah

 Reksadana di Tanamduit bisa dibeli mulai dari Rp. 10.000,00 . Bisa dibayar melalui transfer atau dompet online. Perlu waktu 1 hari lebih agar unit reksadana terkonfirmasi dan masuk ke akun Tanamduit.

Kekurangan Aplikasi Tanamduit


1. Kualitas Customer Service Tanamduit

Pada awal berdiri, Tanamduit hanya bisa dihubungi melalui email saja. Dan itupun belum tentu dibalas oleh customer service. Namun saat ini sudah bisa menggunakan WA untuk menghubungi customer service. Perlu diingat CS Tanamduit hanya bisa dihubungi pada hari kerja Senin-Jum’at pukul (09.00-17.00). 

Jangan hubungi diluar jam itu. Admin Penamorf pernah menghubungi CS Tanamduit pada malam senin. Lalu hari senin saat jam kerja tidak dibalas. Baru dicoba lagi pada hari Selasa tepat jam kerja. Dan Alhamdulilah mendapat respon meskipun menunggu beberapa waktu


2. Tidak bisa dibuka via Web

Memang sebagian besar masyarakat sekarang menggunakan smartphone. Namun sangat disayangkan Tanamduit tidak bisa diakses dalam bentuk WEB di laptop atau PC. Apakah perlu melakukan transaksi di laptop atau komputer desktop?

Admin rasa perlu. Kadang dengan laptop atau komputer bisa lebih leluasa untuk menggali informasi yang akan dibeli melalui Tanamduit.

3. Produk reksadana yang tidak banyak.

Dibandingkan dengan aplikasi Bareksa. Reksadana di Tanamduit kalah jauh jumlahnya. Meski jumlahnya terbatas akan tetapi jumlahnya semakin bertambah dari waktu ke waktu
Yap admin rasa aplikasi Tanamduit tidak buruk-buruk amat. Apalagi semakin kesini semakin lengkap. Baik jumlah reksadana atau produk investasi seperti emas. Untuk pendaftar silahkan masukan KODE REFERAL : SALI000VYK 



Posting Komentar untuk "Review Aplikasi Tanamduit, Platfrom Jual-Beli Produk Investasi yang Interaktif"