Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Negara yang dalam sejarahnya tidak pernah dijajah !



Di dunia ini hapir sebagian besar negara- h ada pasti pernah dijajah. Tidak perlu memandang negara tersebut maju atau tidak.   Bahkan sekelas Belanda saja yang pernah menjajah Indonesia juga pernah dijajah oleh Perancis.

Tapi beruntung sekali ada beberapa negara di dunia ini yang tidak pernah merasakan apa itu dijajah. Negara-negara tersebut berdiri sendiri tanpa ada konflik dengan negara luar . Yang mana negara luar tersebut menjajah dengan cara mengeksploitasi negara yang dijajah.

Penajajahan di dunia ini memang bersifat merugikan. Seperti penjajahan warga negara Kongo oleh Belgia. Ada 10 juta orang yang dipekerjakan secara paksa untuk mengurus kebun coklan. Pada akhirnya 10 juta orang tersebut meninggal dalam kondisi kelaparan.


Berikut adalah 7 negara yang tidak pernah mengalami penjajahan sama sekali : 


1. Denmark

Denmark merupakan negara yang terletak di bagian Eropa Utara bersama dengan Swedia, Finlandia, Norwegia, Irlandia, Kepulauan Faroe,  dan Islandia. Denmark memiliki nama yang berasal dari suku Dane. Mereka merupakan bangsa Norkdik dan banyak juga yang menyebut mereka bangsa Viking.

Denmark dalam sejarahnya sudah berdiri sejak abad ke-8 (tahun 700 Masehi) dan melakukan penyatuan wilayah pada 24 Maret 1948.  Total penduduk Denmark hanya 5.800.000 saja.  Prestasi dari negara ini adalah menjadi negara terbesih di dunia, negara palng damai di dunia, dan negara paling jujur didunia.

2.  Saudi Arabia

Saudi Arabia atau orang Indonesia sering menyebutnya sebagai Arab Saudi.  Negara ini selalu dikunjungi setiap tahunnya untuk menunaikan ibadah haji bagi umat Islam. Sebelum dideklarasikan menjadi KSA (Kingdom of Saudi Arabia), Arab Saudi terbagi menjadi 4 wilayah yaitu Nejd, Hijaz, Asir, Al-Ahsa.

Arab Saudi memiliki cadangan minyak yang cukup besar. Alhasil untuk jaminan kemakmuran negara Arab Saudi sudah terjamin. Pembentukan kerajaan dilakukan pada tahun 23 September 1932. Total Populasi negara ini ada sekitar 30.770.375 orang.


3. Nepal 

 Menurut admin sendiri Nepal ini wajar tidak bisa dijajah. Hal ini dikarenakan Nepal memiliki kondisi geografis yang cukup sulit. Secara geografis Nepal terletak di Asia Selatan dan tidak memiliki lautan. Nepal dijepit oleh dua negara besar yaitu India dan Tiongkok.

Negara ini memiliki ketinggian yang lumayan tinggi mengingat letaknya di pegunungan Himalaya. Nepal sudah ada sejak 1768 dalam bentuk kerajaan. Populasi negara ini berkisar 29 Juta penduduk. Inggris merupakan negara yang melindungi Nepal dari campur tangan negara lain.

4. Thailand

Thailand merupakan negara yag tidak asing bagi orang Indonesia. Hal ini dikarenakan wilayah negara ini masih dalam lingkup Asia Tenggara.  Pada tahun 1238, Thailand sudah berdiri dengan nama kerajaan Sukhotai. Dan pada tahun 1932 diubah menjadi negara Thailand

Alasan Thailand tidak bisa dijajah oleh negara asing dikarenakan keterbukaan pemerintah kepada pemerintah asing. Disisi lain keberhasilan Thailand dalam memanfaatkan ketegangan pemerintah Inggris dan Perancis. Waktu itu Perancis menajajah kawasan Indochina dan Inggris menjajah kawasan Malaysia.

5. Ethiopia

Ethiopia merupakan negara yang terletak di Afrika. Berbatasan langsung dengan Somalia,  Sudan, Sudan Selatan, Kenya, dan Eritrea. Negara ini sudah dibentuk tahun 100 Masehi. Waktuitu masih dalam bentuk kerajaan yang bernama Kerajaan Aksum.

Ethiopia digambarkan sebagai negara miskin. Namun di abad ke-21 Ethiopia memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi dibawah Tiongkok. Penduduk Ethipoia berjumlah 93 Jutaan.  Ada klaim bahwa Ethiopia dijajah oleh Italia, namun saat ini tidak ada bukti.

6. Turki

Turki terletak di benua Eropa dan benua Asia. Dengan lokasi yang begitu strategis Turki menjadi pusat perdagangan bagi orang-orang Eropa yang akan mengambil komoditas dari benua Asia. Sejak tahun 1200  menjadi negara berdaulat dengan nama Kesultanan Utsmaniah.

Posisi Turki dalam peta geopolitik sangant diperhitungkan. Apalagi Turki sebelumnya pernah terlibat dengan perang dunia ke-1. Dalam daftar negara dengan militer terkuat, Turki masuk sebagai negara 15 besar dengan kekuatan militer terkuat.

7. Jepang

Negara yang pernah menjajah Indonesia ini tidak pernah dijajah sama sekali oleh negara lain.  Jepang sudah dibentuk sebagai negara pada tahun 1890. Terletak di Asia Timur, Jepang memiliki cita-cita sebagai negara super power yang berada di benua Asia.

Penduduk Jepang sendiri memiliki jumlah sekitar 127 Juta. Ekonomi Jepang dinyatakan sebagai ekonomi yang terbaik. Industri otomotif merupakan industry utama negara ini. Jepang saat ini tidak bisa dikatakan sebagai super powes, setelah kalah perang dunia ke-2.

Yap itu dia 7 negara yang tidak pernah merasakan bagaimana dijajah negara lain. Penjajahan dan perbudakan mungkin sudah berakhir. Namun penjajahan dalam bentuk teknologi, uang, dan budaya masih saja terjadi.

Posting Komentar untuk "7 Negara yang dalam sejarahnya tidak pernah dijajah !"