Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Tentang Blog

 

Cerita tentang ngeblog

Perjalanan  Penamorf.com

Halo semuanya, sudah lama saya tidak menulis di blog Penamorf. Tempat dimana saya membuat artikel-artikel dan mempublisnya. Oh ya disini saya ingin bercerita tentang awal blog ini dibuat. Sebenarnya blog ini itu dibuat pada saat tahun 2019. Tahun dimana saya merasa begitu tegang karena harus mempersiapkan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri. Waktu itu nama tesnya SBMPTN dengan UTBK sebagai basis tesnya. 

Blog ini dibuat hanya sekedar untuk melampiaskan hobi saja. Selebihnya ya untuk mengisi waktu dan berbagi informasi semau dan semampu saya. Kadang saya heran saja diluar sana banyak blogger yang menuntut untuk membuat satu niche saja pada blognya. Mungkin alasan optimasi dan juga adsense jadi ya wajar. 

Penamorf dulu merupakan blog  yang sengaja dibuat dengan niche teknologi saja. Artinya blog penamorf ini dibuat hanya membahas tentang teknologi. Entah smartphone, aplikasi, laptop, tips dan trik, dan lain-lain. Tapi karena ide mentok akhirnya ya saya buat sebebas-bebasnya. Bebas dan yang terpenting bisa dipertanggungjawabkan. 

Penamorf dulu merupakan blog dengan domain blogspot.com. Enak karena gratis dan tidak berbayar sama sekali. Tapi saya merasa kurang puas saja dengan nama domain yang terlalu panjang. Bayangkan namanya Penamorf.blogspot.com , terkesan kurang profesional (karena gratisan). Pada akhirnya saya menggantinya menjadi Penamorf.xyz. Domain blogspot.com saya ubah jadi xyz

Menggunakan domain xyz memang ada rasa tersendiri. Didalam hati saya akhirnya domain saya pendek dan sudah termasuk TLD  atau Top Level Domain. Kelebihan dari penggunaan domain xyz adalah harganya waktu itu murah meriah. Bayangkan saya membeli domain seharga 38.000 sudah termasuk pajak, waktu itu saya beli di Jagoan Hosting. Tetapi......

Harganya memang murah meriah, ditahun kedua malah membengkak hampir 7 kali lipat. Biaya perpanjangan waktu itu berkisar 240 ribuan. Muahal buat saya...Akhirnya saya membeli domain .com. Dan jadilah Penamorf.com :)

Manfaat Ngeblog yang saya rasakan

Lucu sebenarnya kalau diceritakan apakah ngeblog ada manfaatnya. Teman saya pernah nyinyir, ngapain membuat tulisan yang belum tentu dibaca orang lain. Soksokan ngeblog. Hahaha saya hanya nyengir saja waktu itu, but its ok! Padahal profesi bloggerr saat ini bukanlah hal baru.

Manfaat ngeblog ya intinya hampir sama menghargai waktu. Saya tipikal orang yang kalau lagi cape ya istirahat, ndak usah maksain buat artikel. Soalnya kalau lagi cape pasti tulisannya ndak enak dibaca. Selain menghargai waktu, ada manfaat lain. Yaitu melampiaskan hobi, hobi menulis tidak buruk kok. 

Ada juga manfaat yang belum saya rasakan, yaitu mendapatkan penghasilan dari ngeblog. Diluar sana banyak blogger yang pamer berhasil mendaftar Google Adsense dan mendapatkan pundi-pundi rupiah. Seneng lihatnya mereka pada berhasil lolos Adsense dan dapat recehan. Meski saya belum, saya sadar diri kalau saya malas update artikel. Apalagi riset keyword dan segalanya. 

Harapan kedepan untuk Penamorf.Com

Dilubuk hari paling dalam sebenarnya ingin sekali penamorf menjadi blog yang memiliki banyak pengunjung dan bermanfaat bagi banyak orang. Google Adsense? Ah lupakan saja, usahaku belum seberapa dan tidak ada apa-apanya. Semoga kedepannya saya bisa mengembangkan blog ini dengan tangan saya sendiri.   Motivasi saya ya Mas Timon Adiyoso, pasti belum tau ya kalian? 

Beliau merupakan pemilik blog Mastimon.com. Blognya berdiri tahun 2016 (kalau tidak salah) dan saat ini sudah memiliki pengunjung yang banyak. Ditambah lagi mendapat Adsense yang lumayan dari situ. Iri? pasti. Tapi saya jadikan motivasi saja supaya tidak malas. Kedepannya saya janji membuat Penamorf.com menjadi blog yang lebih baik. Amin :)

Terimakasih sudah membaca

Posting Komentar untuk "Cerita Tentang Blog"