Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan remehkan profesi blogger, ini dia manfaat ngeblog yang sesungguhnya



Penamorf – Blogger, Awal, jenis profesi baru seperti Selebgram dan Youtuber. Just Blogger sudah eksis sejak 10 tahun yang lalu. Dan semakin hari jumlah blogger semakin bertambah. Biasanya menjadi seorang blogger itu hanya untuk pekerjaan sampingan dan ada juga yang menjadi pekerjaan utama. Meskipun profesi seorang Blogger sering diremehkan, jangan salah dari luar sana mendapat penghasilan luar dari pekerjaan yang diremehkan ini. Mengapa Blogger diremehkan? Tentu saja stereotipe orang Indonesia yang masih menjunjung tinggi menjadi PNS, kerja di BUMN, dan segala galanya yang berkaitan dengan abdi negara. Padahal diluar itu banyak sekali pekerjaan yang bisa menghaslkan pendapatan yang besar. Terutama dunia kerja yang membutuhkan kreativitas tinggi, termasuk Blogger.

Magnet menjadi seorang blogger semakin kuat ketika muncul komunitas-komunitas blogger didunia maya. Biasanya blogger sukses kadang berbagi di komunitas tersebut atau bahkan mengadakan kelas khusus blogger.



Lantas apa saja manfaat menjadi seorang Blogger, yang memiliki rutinitas ngeblog? mari simak jawabannya :

1. peningkatan kemampuan menulis

Manfaat Ngeblog

100% semua Blogger pasti setuju dengan poin nomor 1 ini. Kemampuan menulis seseorang akan terus meningkat apabila diasah. Artinya menulis secara kontinuitas. Dalam artian konsisten dalam menulis.

Seorang Blogger bisa saja berhenti menulis dan tidak konsisten karena kehilangan ide atau bahkan malas. Tapi bila kegiatan menulis itu dilakukan secara konsisten (missal 1 hari 1 artikel) maka tulisannya akan semakin bagus.

2. Buat waktu luang

Manfaat Ngeblog

Apa yang harus dilakukan saat memiliki banyak waktu luang? Streaming Youtube, membaca Wattpad, main game, atau rebahan? Akan lebih baik mengisi waktu dengan hal-hal yang sifatnya produktif.

Ada banyak kegiatan produktif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Mulai dari olahraga, jualan online, atau mengikuti kursus. Ngeblog juga salah satu bentuk mengisi waktu luang yang bagus. Dengan ngeblog, ide-ide bisa dalam tulisan yang menarik dan informatif.

3. peningkatan personal branding

Manfaat Ngeblog

Semakin bagus tulisan yang ditampilkan melalui blog maka pengunjung akan berdatangan. Blog yang dibuat akan semakin dikenal. Namanya bagus pembaca akan terbesit untuk mengetahui siapa pembuat konten blog yang dan informatif.

Sudah banyak sekali orang-orang diluar sana yang tadinya tidak dikenal malah malah terkenal karena ngeblog. Sebut saja Mas sugeng, pemilik blog Sugeng.id yang terkenal karena menjadi mentor blogger Indonesia. Atau Raditya Dika yang dikenal karena certia lucunya sebelum menjadi seorang Youtuber, penulis buku, dan sutradara seperti sekarang.

4. Menjain silaturahmi dan menjadi bagian komunitas

Manfaat Ngeblog

Banyak sekali komunitas blogger baik online maupun offline. Di Facebook ada beberapa grup yang mewadahi para blogger baik yang profesional maupun masih amatir. Kekurangan dari komunitas online seperti grup Facebook adalah rentan sekali spam.

Untuk komunitas offline, biasanya blogger disesuaikan dengan domisili masing-masing. Biasanya dalam satu kota ada komunits blogger. Ada juga event-event yang tidak bisa objek wisata para blogger seperti jambore para blogger.

5. Mendapatkan pundi-pundi penghasilan

Manfaat Ngeblog

Betul ini tidak bohong. Dengan ngeblog kita bisa mendapatkan uang. Uang tersebut bisa didapat dari Adsense (Periklanan), Penjualan (jualan template blog, produk,dll), atau Affiliate Marketing. Syarat untuk bisa melakukan ketiga hal tadi dengan leluasa adalah trafik blog yang tinggi.

6. Menjadi orang yang selalu update informasi 

Manfaat Ngeblog

Menjadi seorang Blogger yang serius perlu meakukan riset terhadap apa yang akan ditulis nantinya. Tidak jarang seorang Blogger juga mengulik konten blog orang lain. Siapa tahu topik yang dibahas mirip. Tinggal kembangkan konsep artikelnya saja lalu publish.
Dalam komunitas Blogger, biasanya para anggota dari komunitas tersebut akan saling berbagi informasi. Begitu menguntungnya menjadi seorang Blogger karena bisa saling membagikan informasi terbaru.