Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalan - jalan ke “Kabupaten Ngapak”, daftar destinasi wisata Banyumas ini wajib dicoba !



Penamorf.com -  Pesona Jawa Tengah bukan hanya sekedar Karimun Jawa, Semarang, dan Surakarta. Surakarta dan Semarang yang terkenal dengan wisata sejarah dan budaya. Karimun Jawa terkenal dengan snorkling Bersama ikan hiu.
Setiap kabupaten di Jawa Tengah layak sekali di eksplor. Contohnya Kabupaten Temanggung yang memiliki Gunung Sindoro Sumbing , atau Kabupaten Wonosobo yang memiliki dataran tinggi Dieng. Lantas bagaimana dengan Kabupaten Banyumas? Kabupaten yang terkenal dengan Bahasa Ngapak. Apa saja yang bisa di eksplor? Yuk simak!


1. Masjid Saka Tunggal

 
Wisata Banyumas

Jejak masuknya Agama Islam di Kabupaten Banyumas ada di Masjid Saka Tunggal. Konon Masjid Saka Tunggal merupakan masjid pertama di Banyumas. Destinasi wisata Banyumas ini merupakan wisata sejarah dan religi.

Letaknya di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas. Wangon sendiri merupakan kecamatan bagian barat. Masjid ini cukup unik karena hanya memiliki satu saka saja. Dan bila kamu berkunjung ke Saka Tunggal, siap-siap disambut sama gerombolan monyet jinak. Monyet-monyet itu sudah biasa bertemu dan bercengkrama dengan pengunjung, jadi jangan khawatir karena dijinakkan.

2. Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Wisata Banyumas

Pencetusan Bank Rakyat Indonesiaberada di kota Purwokerto. Yang mana kota Purwokerto merupakan ibu kota kabupaten Banyumas. Museum BRI ini merupakan satu-satunya museum perbankan di Kabupaten Banyumas.

Dibuka untuk umum pada hari Senin-Kamis. Tenang saja museum ini bersih dan terwat. Didalam museum ini terdapat banyak sekali informasi tentang sejarah BRI. Mulai latar belakang pendirian, tantangan yang harus dilalui BRI, solusi permasalahan rakyat Indonesia yang berkaitan dengan pemodalan, dan lain-lain. Masuk ke museum BRI bukan hanya menambah pengetahuan kok, tapi juga hemat dikantong. Karena Gratis.


3. Curug Cipendok

Wisata Banyumas

Curug atau air terjun masih menjadi salah satu wiata alam yang favorit selain mendaki gunung. Terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Curug Cipendok memiliki ketinggian 90 Meter.

Curug yang selalu menjadi ikon banyumas ini dikelilingi oleh hutan lindung dan hutan produksi. Saat menuju ke lokasi, bisa saja menyempatkan minum susu murni diwarung-warung penduduk setempat. Atau makan tahu Desa Kalisari yang hangat.

4. Telaga Sunyi

Wisata Banyumas

Terletak di kaki gunung Slamet dan masuk ke Kawasan Lokawisata Baturaden. Telaga Sunyi berada di dataran yang cukup tinggi. Jadi kalau bawa kendaraan jangan lupa isi bensin yang banyak.
Telaga Sunyi memiliki warna air biru toska. Sangat jernih dan tidak begitu dalam. Telaga Sunyi memiliki curug kecil. Suasana yang ada di Telaga Sunyi cukup asri dan pikiran pikiran yang begitu sibuknya rutinitas kerja dan sekolah

5. Pancuran Pitu

Wisata Banyumas

Masih di Kawasan Lokawisata Baturaden dan di kaki Gunung Slamet. Pancuran Pitu memiliki arti pancuran tujuh. Pancuran Pitu merupakan salah satu pemandian air panas yang masih aktif hingga saat ini.

Kalau menggunakan jalur khusus pejalan kaki. Sudah pasti bakal melewat Pancuran Telu yang artinya pancuran tiga. Pancuran Pitu sendiri ada 7 pancuran yang mengeluarkan air panas. Udara panas tersebut mnengandung belerang yang cukup tinggi. Jadi jangan heran dengan adanya pedagang masker belerang. Disini juga bisa mencoba merebus telur, asalkan bawa telur sendiri.

6. Bukit Watu Meja

Wisata Banyumas

Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan fotografi, sepertinya bukit Watu Meja menjadi tempat yang cocok. Terletak di Tumiyang Kidul, Kebasen, Banyumas. Bukit Watu Meja memiliki pemandangan pemandangan yang indah. Adanya perpaduan bukit yang hijau dan aliran sungai Serayu sebagai latar belakang foto.

Yap itu dia wisata-wisata di Banyumas yang sangat direkomendasikan. Sebenarnya masih ada banyak lagi seperti wisata kuliner Getuk Goreng Sokaraja, Museum Jendral Soedirman, Kebun Bunga Matahari Rempoah, Small World, Dream Land, dan yang lainnya. Tapi untuk daftar paling atas tentu saja yang enam tadi.