Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini dia daftar destinasi wisata kota Solo yang wajib dicoba !


Penamorf.xyzSolo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah. Solo sendiri lebih dikenal daripada nama Surakarta, meskipun keduanya merujuk pada kota yang sama. Dengan latar budaya dan sejarah yang kental, Solo patut dicoba untuk dikunjungi.

Tapi kalau asal datang saja dan tidak tau arahnya kemana kan sayang jadinya. Penamorf disini akan  memberi informasi beberapa destinasi yang wajib dikunjungi oleh kamu saat pergi ke kota Solo. Dan tentu saja destinasi wisata yang disajikan tidak menguras kantong kok.

1. Keraton Surakarta Hadiningrat


Bukan hanya kota Yogyakarta saja yang punya keraton. Kota Solo juga punya kok. Nama keratonnya adalah Keraton Surakarta Hadiningrat, yang mana keraton ini merupakan istana bagi Kasunan Surakarta.

Saat memasuki gerbang depan akan tampak bangunan yang memiliki warna khas. Yaitu warna biru telor asin. Tiket masuknya cukup murah kok, siapkan saja uang Rp 15.000,00 untuk satu orang, pasti sudah bisa masuk.

Saat berkunjung ke Keraton Surakarta jaga sikap yaa, ingat Keraton Surakarta itu istana Kasunan Surakarta. Yang mana kultur Jawa begitu kental dibanding wilayah lain. Dibagian dalam keraton sendiri ada banyak pajangan lukisan, meriam, kereta kuda, tandu khusus Raja, senjata kerajaan, miniature, sumur yang dikeramatkan, dan masih banyak lagi. Intinya tidak bakal menyesal deh berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat. Wisatanya dapat, pengetahuannya juga dapat.

2. Pasar Klewer


Pasar paling terkenal di kota Solo, bahkan di Indonesia. Pasar ini merupakan  pusat batik dan produk fashion terbesar di kota Solo. Menurut beberapa sumber Solo merupakan salah satu pusat fashion setelah Tanah Abang, Jakarta. Letak Pasar Klewer sangat dekat dengan Keraton Surakarta hadiningrat .
Pasar Klewer sendiri menyediakan batik dalam negeri dan bahkan batik luar negeri. Bagi pecinta fashion, Pasar Klewer merupakan surga yang siap memanjakan pendatang. Harganya juga dibilang murah-murah.

3. Galabo


Kota Solo bukan hanya sekedar budaya dan batik saja kok, untuk masalah mengisi perut Solo punya wisata kuliner bernama Galabo. Letaknya di jantung kota Solo, lebih tepatnya Jalan Mayor Sumaryo depan PGS (Pusat Grosir Solo).
Ada lebih dari 50 stand makanan yang siap dipilih dan dicicipi. Harganya juga tidak mahal-mahal kok. Disana bisa menikmati hidangan seperti Nasi Liwet, Sate, Nasi Bakar, Gudeg Ceker, Sate kere, dan menu tradisional lainnya.


4. Pasar Triwindu


Siapa disini pecinta barang antik? Barang antic memang unik, selain sulit ditemui dan harganya juga cukup mahal. Salah satu spot berburu barang antic di kota Solo adalah Pasar Tri Windu. Pasarnya cukup unik karena tidak begitu luas tapi memiliki dua lantai yang bisa dijamah pengunjung.

Aneka benda antic dan bernilai seni tinggi ada di Pasar Triwindu. Mulai dari aneka wayang (wayang golek, kulit, dll), radio lawas, televisi lawas, lukisan, guci, piring antic, cangkir, telepon lawas, patung batu maupun kayu, bahkan katanya benda-benda yang keramat juga ada. Penggunaan lampu kuning jadi terasa kesan vintage yang kental.

5. Taman Sriwedari


Taman Sriwedari merupakan objek wisata bersejarah di Solo selain Keraton Surakarta. Taman Sriwedari sudah ada sejak Sunan Pakubuwana X dan pernah menjadi lokasi pembukaan PON 1948 yang mana PON pertama kalinya.

Taman Sriwedari saat ini masih direnovasi. Objek wisata satu ini sebagai pusat hiburan, seni, dan budaya kota Surakarta. Bila ada niat untuk datang ke Taman Sriwedari bisa bayar murah hanya 5000 saja.

6. Taman Balekambang


Hijau dan menyejukan bisa disematkan untuk objek wisata yang satu ini. Terletak di kota Solo yang padat dan cukup panas, Taman Balekambang bisa direkomendasikan untuk menenangkan diri dan menikmati suasana yang asri.

Taman ini dibangun tahun 1921 san berisi berbagai tanaman. Mulai dari tanaman hias sampai tanaman langka.. Taman Balekambang sendiri menjadi wisata edukasi, budaya, rekreasi, dan taman botani di Surakarta.

Posting Komentar untuk "Ini dia daftar destinasi wisata kota Solo yang wajib dicoba !"