Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Akuntansi : GNU Cash vs Turbo Cash, mana yang lebih baik?


Penamorf.xyzSoftware akuntansi akan mempermudah dalam pengelolaan keuangan. Membantu menyusun strategi keuangan dan pembukuan yang rapi.Sebuah laporan keuangan akan menentukan arus kas sebuah usaha, sederhananya dari perhitungan modal sampai keuntungan setiap bulannya.

Sebuah usaha atau bisnis harus melakukan pembukuan. Tujuannya mengetahui cash flow usaha. Dengan pembukuan yang tertata rapi bisa dapat memantau perkembangan bisnis dan kondisi keuangan suatu perusahaan.Dengan pembukuan ,akan  mengetahui perbandingan secara jelas dari rencana kegiatan dan pelaksanaan. Kemudian menyusun laporan yang diperlukan yang biasanya digunakan sebagai laporan pertanggung jawaban keuangan.

Laporan pertanggung jawaban ini digunakan sebagai informasi untuk keperluan manajemen, seperti pemantauan, evaluasi, pengendalian serta penyusunan anggran selanjutnya. Pembukuan dan laporan keuangan akan memberikan informasi tentang keuntungan dan kerugian dari perusahaan.

Pembukuan, lalu laporan keuangan membutuhkan software akuntansi untuk memudahkan kegiatan pembukuan tersebut. Pembukuan bisa dilakukan dengan manual, namun sekarang bisa dilakukan dengan menggunakan software akuntansi.Disini kita akan membahas GNU Cash dan Turbo Cash. Menurutmu mana yang lebih baik? ayo simak !

1.GNU Cash


GNU Cash merupakan program aplikasi yang digunakan untuk akuntansi, yang mana menerapkan system pembukuan entri ganda. Pada awalnya GNU Cash ditunjukan untuk mengembangkan kemampuan yang mirip dengan aplikasi seperti Quicken, Intuit, Inc, tetapi memiliki fitur akuntansi bisnis skala kecil atau UKM.

GNU Cash merupakan salah satu proyek dari perusahaan GNU. Aplikasi ini bisa berjalan di system operasi seperi Linux, Solaris, Mac OS, UNIX, dan Windows. GNU Cash  dimulai tahun 1997 dan rilis pertamanya pada tahun 1998.

Sementara itu, GNU Cash yang digunakan untuk bisnis skala kecil baru dirilis pada tahun 2001. Perilisan GNU Cash yang digunakan untuk system operasi MacOS dilakukan tahun 2004. Untuk system operasi Windows dirilis pada tahun 2007. Dan yang terakhir GNU Cash  untuk android.

Tampilan GNU Cash

Fitur-fitu yang tersedia :

1. Pembukuan Entri Ganda
2. Transaksi Terjadwal
3. Asisten Pembiayaan Hipotek dan Pinjaman
4. Fitur untuk bisnis skala kecil atau UKM
5. Import/Export
6. HBCI Support
7. Dukungan untuk pencocokan transaksi
8. Dukungan transaksi multi mata uang
9. Portofolio Saham atau reksadana
10. Pembuatan bagan atau diagram 
11. Budget
12. Rekonsiliasi Bank
13. Check Priting

Fitur-fitur  bisnis skala kecil atau UKM :

1. Faktur dan Retur
2. Piutang Usaha
3. Hutang Usaha (ditambah dengan pengingat tagihan)
4. Manajemen penggajian 
5. Penyusutan atau depresiasi
6. Manajemen jadwal penghasilan dan ekspor/impor
7. Penyiapan table pajak dan menerapkan pajak penjualan pada faktur

   Pada akhir 2018  SourceForge (web pengatur dan pengembangan perangkat lunak) berhasil menunjukan hitungan sebesar 6,5 Juta kali unduhan aplikasi GNU Cash yang dirilis mulai tahun 1999. Pengunduhan tersebut belum dideteksi dari perangkat lunak lain seperti Linux, MacOS, dan yang lain


2.Turbo Cash


Turbo Cash merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk akuntansi. Yang mana aplikasi ini dikembangkan oleh Philip Copeman, seorang warga negara Afrika Selatan. Turbo Cash dikembangkan sejak bulan April tahun 1985 dan dibawah pengawasan Lisensi Publik Umum GNU. 

Pada versi rilis terakhir, aplikasi ini digratiskan atau tidak dikenakan biaya sama sekali.
Aplikasi Turbo Cash ditujukan untuk bisnis skala kecil (UKM) hingga skala menengah. Fungsi Turbo Cash pada dasarnya sama seperti aplikasi akuntansi kebanyakan yaitu mencatat segala transaksi dan menyusun laporan kuangan.

Turbo Cash tersedia untuk system operasi Window, LINUX, dan MacOS. Versi terbaru dari aplikasi Turbo Cash menyediakan layanan sekitar 25 bahasa di seluruh dunia. Ditambah lagi dengan 81 pengaturan pajak yang berbeda.

Fitur-Fitur :


1. Tersedia 25 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia
2. Debit/Kredit
3. General Ledger
4. Buku Kas
5. Data Konsumen
6. Data Suplier
7. Stok Barang
8. Invoicing
9. T Account
10. Robust Acces Control
11. Expor dan Impor data 
12. Akun Diagram dan Bagan
13. Rekonsiliasi Bank
14. Faktur dan Retur
15. Manajemen Pajak

Kelebihan Turbo Cash :


1. Aplikasi ini gratis dan open source (boleh digunakan dan dikembangkan oleh siapapun),
2. TurboCash didesain untuk digunakan oleh orang-orang yang tidak terlalu paham dengan akuntansi, sehingga aplikasi ini mudah untuk digunakan,
3. Turbo cash dapat menangani hingga 999 set buku, yang berguna jika anda memiliki banyak perusahaan individu,
4. Anda dapat mengatur maksimum 40.000 rekening debitur dan kreditur dan menjalankan kontrol stok hingga 64.000 item,
5. Ada panduan referensi yang komprehensif, yang dapat Anda membaca untuk Anda mulai,
6. TurboCash akan menyimpan segala sesuatu dan Anda siap untuk mulai memasukkan data rekening Anda, meningkatkan faktur dan sebagainya,
7. Anda dapat dengan mudah back up data pada titik apapun juga,
8. Ada banyak alat tambahan dalam program ini, termasuk kalkulator,Template desainer laporan dan fasilitas pencarian.
9. Anda juga dapat memperluas produk dengan menginstal plug-in seperti satu untuk OSCommerce, yang sinkron dengan penjualan dari sebuah website bisnis untuk buku besar.
10. Perusahaan ini pun menyediakan workshop/ seminar gratis  bagi siapapun. untuk info lebih lanjut silahkan lihat di website resminya.
11. dan masih banyak lagi keuntungan dan kelebihan dari Aplikasi akuntansi Turbo Cash


Kekurangan :

Untuk versi berbayar dikenakan harga yang cukup mahal yaitu 60.000 USD per tahun


Posting Komentar untuk "Aplikasi Akuntansi : GNU Cash vs Turbo Cash, mana yang lebih baik?"