Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau jadi Blogger? Ini tips bagi blogger pemula?


Penamorf.xyz - Dunia maya merupakan dunia kedua yang semakin hari eksistensinya semakin kuat. Hal ini diperkuat dengan adanya profesi-profesi baru seperti Youtuber, Selebgram (Influencer),  Social Media Specialist, Affliate Account Manager, UI/UX Designer, dan masih banyak lagi. Termasuk juga Blogger, ,saat ini jumlah Blogger semakin banyak loh !

Dahulu sekitar tahun 2007-an jumlah Blogger di Indonesia tidak sebanyak sekarang. Jumlah Blogger di Indonesia tahun 2015 sekitar 3% dari total pengguna internet Indonesia. Saat itu jumlah pengguna Internet di Indonesia sekitar 88 Juta orang. Sementara jumlah Blogger sekitar 3 Juta orang lebih.
Jumlah Blogger di Indonesia saat ini pasti lebih banyak bila dibandingkan dengan tahun 2015. Kualitas tulisan Blogger saat ini juga semakin baik, mengingat akses informasi semakin mudah dan literasi digital yang berkembang pesat.

Ada banyak Blogger diluar sana yang memiliki alasan tertentu kenapa memilih menjadi seorang Blogger. Entah sekedar hobi menulis, menambah skill, promosi suatu produk, personal branding, dan masih banyak lagi. Tapi kebanyakan Blogger saat ini memiliki alasan yang cukup jelas, kenapa dia ngeblog. Tentu saja karena monetasi yang cukup lumayan, tergantung dari kualitas blog yang dibangun.

Lantas apakah kamu mau menjadi seorang blogger yang sukses? Memiliki penghasilan dari blog?. Jangan ragu-ragu untuk memulai menjadi seorang blogger. Karena menhadi Blogger sukses juga perlu waktu yang tidak sedikit.

Ini dia tips bagi Blogger pemula :


1. Kenali dan tentukan Platform-platform blog

Ada banyak platform blog yang bisa digunakan sampai saat ini. Saat ini penamorf hanya bisa menjelaskan secara singkat platform-platform blog yang cukup popular dibawah ini :

A. WordPress.com :


 Banyak blogger yang menggunakan platform Wordpress.com untuk kepentingan menulis artikel. Cocok bagi blogger pemula.


B. Medium :


Tidak direkomendasikan untuk Blogger pemula. Hal ini dikarenakan sebagian besar penulis di platform Medium merupakan kalangan professional. Platform ini sangat mementingkan kualitas dari tulisan yang akan di publish.

C. Blogger


Platform menulis bebas, yang mana bisa digunakan semua kalangan. Cocok untuk pemula.

D. WordPress.org


Platform saudara dari Wordpress.com, namun fleksibilitasnya lebih bagus untuk setting tampilan. Cenderung rumit, tapi lebih baik dari Wordpress.org

E. Joomla : 


Platform yang cukup mudah digunakan dan tidak terlalu memerlukan kemampuan teknis

F. Drupal


Platform yang mengharuskan penggunanya memiliki pengetahuan tentang HTML, CSS, dan PHP

Sebenarnya ada platform blog selain 6 platform diatas. Misalnya Tumblr, Pyro, SylverStripe, dan lain-lain.  Setiap platform memiliki banyak kelebihan dan kekurangan.  Tapi saat ini diseluruh dunia, sebagian besar blogger menggunakan 3 platform yang merupakan pemain lawas. Seperti Wordpress.org, Blogger.com, dan Wordpress.com.

2. Tentukan Niche Blog 


Waduh apa itu Niche ?  Istilah ini sebenarnya sudah cukup lama didunia blogger. Tapi bukan berarti semua blogger itu mengerti apa itu arti dari Niche. Niche  bisa diartikan kategori. Jadi Niche Blog memiliki arti kategori Blog.

Menurut para blogger yang sudah expert, Blog akan lebih baik fokus  pada satu Niche  saja. Hal ini akan memudahkan Google untuk mengindex blog tersebut. Dengan satu Niche  saja maka blog akan fokus pada satu kategori saja.

Misalkan Niche Blog tentang Fashion. Blog tersebut isinya membicarakan tentang fashion. Dan tidak bakal loncat topik ke Niche yang lain. Saat ini Niche yang paling banyak dicari dan dibutuhkan  adalah :

Kesehatan dan Kebugaran

Beberapa tahun yang lalu Google sempat merilis keyword yang paling banyak dicari. Sebelum tahun politik (2019), keyword yang paling banyak dicari adalah “Cara membuat perut sixpack”, “Cara diet yang benar”.

Tentu informasi tentang diet dan perut sixpack tidak jauh dari dunia kesehatan dan kebugaran. Jadi kalau kamu memutuskan menjadi blogger dengan Niche Blog  tentang kesehatan tidak masalah. Asalkan kontennya valid dan tidak menyesatkan.

Finansial

Hidup di abad ke-21, ilmu tentang keuangan dan finansial merupakan hal yang penting. Pengetahuan tentang pendapatan, pengeluaran, investasi, konsumsi, dan lain-lain saat ini sangat dibutuhkan.

Teknologi dan Gadget

Betul sekali Teknologi dan Gadget merupakan salah satu Niche  yang tidak ada matinya. Alasannya teknologi itu bakal upgrade terus menerus. Inovasi dan penerapannya akan berganti dari waktu ke waktu.

Travel

Traveling merupakan Niche Blog  yang banyak dicari.  Modernsasi industry pariwisata dari tahun ketahun semakin berkembang. Bahkan menurut survey, anak milenial saat ini lebih memilih jalan-jalan ketimbang punya rumah. Tidak heran bila Niche traveling cukup banyak dicari.
Selain keempat Niche diatas. Masih ada banyak jenis yang ada dibawahnya seperti otomotif, hiburan, download, dan lain-lain.

3. Pelajari cara menulis artikel



Bagi mereka yang memiliki hobi menulis, artikel hal merupakan yang mudah untuk dibuat. Tapi bagi blogger yang baru memulai, menulis itu cukup membuat otak berpikir keras. Selain mengandalkan pemilihan kosakata. Seorang blogger juga bisa melihat dari kacamata pembaca. Apakah artikel yang ditulis enak dibaca? Mudah dimengerti? Atau justru membingungkan.

Blogger sendiri tidak diperbolehkan untuk mengcopy-paste artikel milik orang lain. Alasannya tentu sama saja dengan mencuri karya tulis. Jadi alangkah lebih baik kalau artikel yang ditulis  itu buatan sendiri.

Artikel yang baik itu bukan saja sekedar tulisan yang panjang dan memiliki gambar yang bagus. Justru kalau dilihat dari segi isi membuat pembaca merasa menambah pengetahuan atau berhasil mempraktikan sesuatu tanpa harus berpikir lama.

Cara menulis artikel secara singkat adalah sebagagai berikut :

A  Pilih tema atau tulisan artikel terlebih dahulu
B. Lakukan riset kecil-kecilan tentang tema yang akan menjadi bahan tulisan
C. Buat judul artikel
D. Tulis pengantar artikel
E. Tulis isi artikel
F. Tambahkan gambar yang relevan
G.Baca ulang dan lakukan revisi

4. Atur tampilan Blog


Apakah tampilan blog itu penting ? memang untuk beberapa blog cukup menarik. Ada blog yang sama sekali tidak peduli dengan penampilan blog tersebut. Sebut saja namanya linda ikeji. Linda merupakan salah satu blogger ternama yang lahir di Nigeria. Memiliki latar belakang pendidikan jurnalis membuatnya aktif ngeblog sejak tahun 2003.

Blognya sendiri tidak begitu cantic. Tetapi trafik atau pengunjung blog cukup besar. Hal ini dikarenakan kualitas kontennya sangat bagus. Bahkan situs besar seperti CNN, guardian post, juga pernah mengambil artikel dari blog linda.

Untuk saat ini penampilan blog bisa dibilang cukup penting. Alasannya  tentu saja demi menjaga kenyamanan pembaca. Bukan hanya penampilan secara user interface tapi lihat juga secara user experience. Contoh user experience  adalah loading blog yang tidak lambat, link navigasi yang lengkap, serta tidak adanya error page.

5. SEO 


Serach Engine Optimation. Dalam Bahasa Indonesia SEO  memiliki arti optimasi mesin pencari. Apakah SEO itu perlu? Jawabanya tergantung tujuan blogger kenapa dia ngeblogg.
Ada blogger yang tujuannya hanya melampiaskan tulisannya saja (sekedar hobi), maka SEO bukanlah prioritas. Lain halnya bila blogger memiliki tujuan untuk mengedukasi, menyampaikan informasi penting, personal branding, maka SEO sangat perlu dipelajari.

Kenapa SEO itu penting?

SEO akan membuat blog yang dibuat ramai pengunjung. 8 tahun yang lalu untuk mencari pengunjung bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah dengan blog walking (komentar spam di blog orang lain), sharing di sosial media, dll.

Sekarang untuk mencari pengunjung blog dengan cara diatas sudah tidak berlaku lagi. Google sekarang sudah semakin pintar. Dengan update google algoritma terbaru konten blog berkualitas akan menempati posisi pertama.

Setelah membaca tulisan diatas sudah tahu kan dasar-dasar bagi blogger pemula. 4 hal yang sudah disebut tadi memang masih secara garis besar saja. Belum begitu mendetail. Mulai sekarang pelajari hal-hal sederhana agar blog yang dibuat semakin lebih baik

Posting Komentar untuk "Mau jadi Blogger? Ini tips bagi blogger pemula?"