Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah sukses pendiri Mashable .com

Pete Cashmore

Saat ini banyak blog yang memiliki penghasilan yang cukup banyak. Salah satunya adalah blog teknologi yang bernama Mashable.com . Situs teknologi yang memiliki pusat di Amerika Serikat ini cukup terkenal dan memiliki peringkat yang bagus. 

Mashable.com memiliki peringkat Alexa yang cukup tinggi. Yaitu dibawah 100 ribu. Blog Mashable memiliki kunjungan mencapai puluhan ribu hingga ratusan ribu perhari. Tentu untuk membangun blog dengan banyak pengunjung membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan perlu teknik SEO yang cukup tinggi.

Profil Pendiri Mashable


Pendiri Mashable.com merupakan seorang pria berasal dari Skotlandia yang bernama Pete Cashmore. Pete Cashmore lahir di kota Banchory pada 18 September 1985. Semenjak kecil Pete merupakan anak yang gampang sekali sakit. Jadi saat dirinya jatuh sakit hanya Internet saja yang menemaninya. 

Hingga pada tahun 2005, Pete mendirikan sebuah situs bernama Mashable.com . Waktu itu umurnya masih 19 tahun dan duduk dibangku SMA. Saat pelajar lain sibuk mengeksplorasi diri dengan pacaran dan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Pete sudah tahu apa yang harus dilakukan. 

Hingga pada suatu hari Pete memutuskan untuk berhenti sekolah. Seperti yang kita tahu pendidikan tidak bisa membuat hobi dan bakat tersalurkan. Bahkan beberapa bisa membuat hobi atau bakat hilang karena tekanan sekolah yang tinggi. 

Bagaimana Pete mendirikan Mashable.com

Pete memiliki pengalaman bisnis sejak usia yang sangat muda. Saat usianya masih 16 tahun, Pete sudah mulai menjual barang disitus e-Bay. Dan awal mula tertarik didunia blogging adalah saat dirinya mulai mendirikan Mashable.com

Waktu membuat situsnya, kedua orang tuanya tidak tahu bahwa anaknya membuat situs tersebut. Hingga suatu hari ada wartawanlokal yang mengatakan bahwa Pete Cashmore adalah pendiri Mashable. 

Mashable dibuat di kamar kecil Pete. Setiap harinya Pete menghabiskan waktu mencapai 20 jam sehari untuk menulis artikel-artikel yang berkualitas pada situsnya. Jadi hanya ada waktu sekitar 4 jam saja yang digunakan untuk beristirahat. Sisanya focus untuk mendirikan Mashable.com

Mashable.com  merupakan blog yang berisi tentang teknologi. Didalamnya menceritakan  tentang fenomena baru dibidang teknologi. Ada pembahasan mengenai sosial media, ada juga review produk. Hingga informasi mengenai pendapat masyarakat akan teknologi yang akan hadir. 

Tantangan yang dihadapi Mashable.com


Ada banyak tantangan dalam membangun sebuah blog.  Biasanya faktor yang paling besar adalah faktor dari manusianya itu sendiri. Tahun pertama menjadi tahun terberat bagi Mashable.com. Alasannya adalah tidak ada akses internet yang bebas. Ditambah lagi dengan banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk domain dan hosting. 

Namun pada akhirnya masa-masa berat itu terbayarkan. Setelah konsisten menulis dengan menghabiskan waktu 20 jam perhari hingga Sembilan bulan. Mashable mendapatkan iklan pertamanya dari  Userplane. Waktu itu setiap bulannya di tahun 2006, Pete mendapat USD 3000. Angka yang fantastis kala itu. 

Dengan uang sebanyak itu, Pete menggunakannya untuk menyewa jasa penulis. Dan merekrut beberapa karywaran untuk bekerja di Mashable.com . 

Prestasi Pete Cashmore

Meskipun Pete Cashmore tidak pernah kuliah sama sekali.  Dan hanya berkutat dengan dunia Internet serta tidak memiliki banyak koneksi. Pete menjadi orang dengan kekayaan lebih dari 30 Juta USD. Dan masuk sebagai  25 orang berpengaruh didunia.

Untuk mencapai hasil yang bagus perlu banyak pengorbanan. Mulai dari waktu yang terbuang, hingga menghabiskan biaya untuk membeli hosting dan domain. Saat ini Pete sudah menerima keberhasilan sebagai salah satu blogger tersukses didunia


Posting Komentar untuk " Kisah sukses pendiri Mashable .com"