Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Gadget penting bagi anak kuliah

 

Mengenyam pendidikan tinggi merupakan sebuah preveliege. Artinya tidak semua orang bisa mengakses hal tersebut. Kuliah itu bagi beberapa orang mungkin terlihat santai. Tidak pakai seragam, banyak teman, bisa nongkrong bebas masuk sana-sini. Padahal kuliah tidak sepenuhnya seperti itu. Banyak tugas yang harus dikerjakan. Dan tentunya untuk mengerjakan tugas harus mengandalkan gadget.

Mengerjakan tugas tanpa gadget itu tidak mungkin. Apalagi diera sekarang yang semuanya harus mengakses informasi lewat internet. Untuk jurusan tertentu seperti Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, gadget sepertinya sesuatu yang wajib.

Ada banyak gadget bagi anak kuliah yang setidaknya harus dimiliki sekarang ini. Dibawah ini merupakan 5 gadget yang harus dimiliki anak kuliah :

1.       Smartphone


Ya smartphone adalah hal yang sangat penting. Banyak hal yang bisa diselesaikan melalui gadget ini. Mulai dari jualan online, membuat konten Instagram, memesan tiket, berkomunikasi, hingga mengerjakan tugas sekalipun.  Smartphone saat ini sudah bisa dibeli dengan harga yang sangat miring. Xiaomi Redmi 9A sudah bisa dibeli dengan harga 1.500.000

Smartphone digunakan untuk mencari berbagai informasi, menghubungi  dosen. Atau bisa juga digunakan untuk menyecan tugas. Intinya tanpa smartphone sepertinya bakal susah.

2.       Laptop

Nah mungkin ini ndak wajib-wajib amat. Kalau belum punya, mending minjem sama yang lain.  Kegunaan laptop apa lagi kalau bukan untuk mengerjakan tugas, mengedit video, coding, atau membuat desain.

Kegunaan Laptop bagi mahasiswa itu tergantung jurusannya. Bagi mahasiswa arsi atau teknik sipil, laptop digunakan untuk membuat desain bangunan. Tetapi semua jurusan pasti menggunakan laptop untuk skripsi/TA, membuat makalah, persentasi, hingga membuat laporan.

3.       Printer

Nah kalau ini ndak wajib-wajib amat. Tetapi biasanya disarankan punya si dikosan. Kalau keberata beli baru mending beli yang bekas. Terus beli printer dengan patungan. Bisa dijamin tuh harganya turun drastis. Memang lebih mahal beli daripada pergi ketempay print.

Memang beli printer butuh duit yang lebih besar ketimbang pergi ketempat print. Belum beli kertas dan juga tintanya. Tetapi biayanya sebenarnya lebih murah loh ketimbang bolak balik ke tempat print. Daripada mengantri lama terus buang waktu.

4.       Hardisk

Hardisk merupakan media penyimpanan yang bisa dibawa kemana-mana. Hardisk portable memiliki ulkuran yang cukup besar baik secara ukuran maupun kapasitas. Bila dibanding dengan flashdisk, hardisk memang lebih ribet dan harganya cukup mahal.

Tetapi hardisk benar-benar membantu untuk menyimpan banyak file. Bisa file tugas atau file film yang akan ditonton.

   Kindle Fire 7

Ternyata ada loh gadget yang bisa digunakan khusus untuk membaca buku. Namanya adalah kindle, jadi Kindle ini ternyata produk dari Amazon.  Memang kita bisa menggunakan smartphone untuk membaca ebook. Tetapi Kindle memiliki fitur yang lebih baik, yaitu layar nya diadaptasi dengan tampilan buku.

Jadi saat ini kita bisa meringkas beban yang ada di tas.  Tidak perlu membawa banyak sekali modul atau buku. Hanya perlu membawa Kindle saja untuk membaca ebook. Lebih praktis dan ringan.

6.       Powerbank

Hayo siapa yang punya problem hp sering lowbat. Powerbank bisa menjadi cadangan sebagai baterai sambung saat baterai hp lowbat. Gadget ini lumayan penting lo kalau situasi genting dan tidak ada slot untuk colokan charget. Harganya bisa dibilang cukup murah. Kita bisa beli dengan harga mulai dari 150 ribuan dengan kapasitas yang lumayan besar.

Posting Komentar untuk "5 Gadget penting bagi anak kuliah"