Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips melawan rasa malas ngeblog

Melawan rasa malas ngeblog

Siapa yang memilih menjadi blogger ? Ya diri sendiri tentunya. Menjadi blogger itu sebenarnya asik kok. Apalagi yang memiliki hobi menulis, pasti ada aja ide yang bisa dituangkan. Kelebihan menjadi seorang blogger adalah  bisa menulis dimana saja, kapan saja, dan juga tidak ada batasan berapa kata yang akan dituangkan. 

Saat ini menjadi blogger bukannlah suatu keterbelakangan. Mengingat sekarang sudah banyak platfrom berkreasi. Mulai dari platfrom Youtube, yang digunakan untuk upload kreasi video. Ada juga plarfrom untuk memamerkan desain seperti deviantart. Dan bisa dikatakan blog juga bisa menjadi portofolio

Intinya menjadi blogger dengan platfrom apapun itu tidak rugi deh. Kecuali malas update blog dan membiarkan blog terbengkalai. Apalagi blog tersebut sudah menggunakan domain TLD dan menggunakan hosting. Bisa berabeh jadinya nanti. 

Kunci menjadi blogger sukses tidak jauh dari konsisten.  Percuma kalau mahir SEO dan edit template tetapi tidak pernah konsisten update artikel. Hasilnya dari ngeblog juga tidak maksimal. Kadang admin Penamorf juga merasa tidak konsisten ngeblog. 

Ada beberapa alasan kenapa tidak konsisten ngeblog, diantaranya : 

  • Malas, faktor ini masih menjadi faktor terbesar. Tidak bisa dipungkiri kalau malas menjadi penyakit utama yang tidak bisa dihindarkan. Kadang males nulis, rasanya cape nulis. hahaha, itu dulu. Semoga sekarang dan kedepannya tidak. 
  • Kehabisan Ide, nah admin yakin banyak diantara kita yang menjadi blogger bingung menulis apa. Kreativitas dalam menulis artikel itu penting loh. Cara mengatasi kehabisan ide biasanya banyak baca. 
  • Banyak kerjaan, Ngeblog sendiri saat ini menjadi hobi saja. Kadang kesibukan kerja dan kuliah tidak memungkinkan untuk update blog. Dan itu fakta yang tidak bisa digugat. Untuk menyempatkan update, harus ada waktu khusus biar fokus. Kalau tidak, harus dicicil secara marathon. 
Yap tiga hal tadi ini yang menyebabkan kita jadi susah update blog. Sebagai blogger jangan sampai kita menyia-nyiakan tekad saat awal ngeblog. Kalau mau sukses ngeblog, konsistensi adalah kunci. Apapun kelebihanmu kalau tidak dimanfaatkan dan tidak konsisten, percuma. 

Untuk menghilangkan rasa malas ngeblog. Berikut adalah tips melawan rasa malas ngeblog : 

1. Ingat pengorbanan di awal

Domain Blog

Kalau dari awal ngeblog tidak modal mungkin feelingnya kurang kerasa. Kalau blognya modal domain TLD pasti bakal mikir untuk menyia-nyiakannya. Sayang dong beli domain dot com satu tahun seharga 125.000. Eh malah dianggurin, padahal diluar sana ada juga yang modal semangat pakai blog gratisan. 

2. Cari Motivasi dari Blogger profesional

Blogger profesional memiliki kisah uniknya masing-masing. Dan kadang kalau admin bosan menulis, biasanya cari kisah blogger yang sudah sukses. Sebagian besar blogger yang sukses dikarenakan konsisten. Mereka benar-benar berjuang dari awal. Dan hambatan juga banyak, mulai dari akun Adsense di banned, hingga blog di takedown. 

3. Libur dari ngeblog satu hari

Libur dari ngeblog 1 hari

Saking jenuh ngeblog setiap hari. Ada kalanya kita perlu libur untuk menennangkan pikiran. Dalam libur itu diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya meditasi, main game, hangout, atau traveling. Libur ngeblog selama satu hari tidak masalah kok, yang penting jangan sampai berhari-hari. 

4.  Menganggap diri sebagai blogger ternama

Menjadi blogger yang terkenal itu susah loh. Ada aja pekerjaan yang harus dilakukan. Misalnya mereview produk, memasang content placement, hingga ditunggu-tungu oleh pembaca. Dengan menganggap diri sebagai blogger terkenal, pasti terbesit jangan membuat blog jadi mangkrak. Karena itu aset. 

5.  Ingat tujuan ngeblog

Tujuan ngeblog setiap blogger beda-beda loh. Ada blogger yang memang hobi menulis. Ada juga blogger yang mencari uang dari ngeblog. Jadi apapun kondisinya, entah malas atau lagi onfire update blog. Jangan lupa tujuan ngeblog pertama kali. 

6. Tumbuhkan jiwa kompetisi

Kompetisi

Membangun blog itu butuh proses. Siapa yang paling konsisten dan tekun, dialah yang akan menang. Banyak sekali blogger pemula yang semangatnya awal-awal doang. Dan agar semangat harus ada jiwa kompetisi. Jiwa kompetisi maksudnya jiwa tidak mau menyerah dan kalah. 

Diluar sana ada banyak kok blogger dengan modal blogspot (gratisan) tapi memiliki penghasilan jutaan. Maka dari itu kalau ingin sama dengan mereka jangan lupa untuk semangat update. Buang jauh rasa malas. 

Khusus penutup, malas itu tidak baik. Apa jadinya kalau malas-malasan untuk masa depan. Sebagai blogger semoga blog kita (termasuk Penamorf), menjadi blogg ternama. Harapan ini tidak akan hilang selama blog ini masih ada dan masih aktif. Sekian dan Terimakasih 😀

Posting Komentar untuk "Tips melawan rasa malas ngeblog"