Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara meningkatkan hardskill

Meningkatkan Hardskill

Penamorf - Menjadi manusia harusnya memiliki value atau nilai tersendiri.  Semakin tinggi value seseorang maka semakin  mahal pula nilainya. Dalam bidang pekerjaan juga seperti itu. Semakin tinggi kemampuan yang ia punya, maka perusahaan akan membayarnya dengan gaji yang lebih tinggi. 

Supaya sukses di pekerjaan. Sebelum mendapat pekerjaan harusnya memiliki hardskill yang bagus. Hardskill dalam bahasa Indonesia memiliki arti sebagai kemampuan. Kemampuan tersebut bisa diasah asalkan orang tersebut memiliki kemauan. 

Posisi hardskill sendiri cukup penting. Tanpa hardskill bagaimana orang tersebut bisa menyelesaikan pekerjaan. 

Berikut adalah cara meningkatkan hardskill

1.  Mengikuti hardskill sesuai hobi

Kadang ada banyak orang yang bekerja tidak sesuai hobi dan passion. Bagi beberapa orang, menjalankan pekerjaan yang berbeda dengan hobi maupun passion akan menjadi sebuah penderitaan. Tetapi bukan berarti tidak bisa menjalankan hobi yang ia mau. 

Nah sekarang untuk meningkatkan hardskill bisa melalui hobi. Misalkan hobinya adalah fotografi, maka bisa banget mengasah hardkill fotografi. 

2. Meminta bantuan mastah

Mastah adalah orang yang ahli disuatu bidang. Istilah tersebut bukanlah istilah yang baku. Tapi banyak yang menggunakannya untuk memanggil seorang yang ahli pada suatu bidang.  Kalau kamu memiliki hobi ngedit video. Carilah seorang mastah pada bidang edit video. 

Mempunyai relasi dengan seorang mastah bisa menjadi suatu keistimewaan tersendir. Bisa konsultasi setiap saat. Bisa sharing bagaimana caranya supaya skill meningkat

3. Ikut online course

Kursus online saat ini sudah menajmur dimana-mana. Bukan lagi waktunya mengikuti kursus offline. Kenapa kursus online? karena dengan kursus online kita tinggal buka gadget dan konek internet. Kentungannya bisa ikut kursus dimana saja dan bisa konek bareng teman satu kursus. 

Selain itu bisa juga konsultasi dengan mentor secara online. Rata-rata kursus online menyediakan pelatihan yang berkaitan dengan hardskill didunia digital. 

4. Join komunitas

Saat ini ada banyak komunitas-komunitas yang mewadahi berkaitan  dengan hardskill. Misalkan saja dalam dunia blogging ada komunitas atau grup di Facebook yang bernama Blogger Indonesia. Disana bisa sharing dan meminta saran yang bisa meningkatkan hardskill. 

5. Mengenyam pendidikan tinggi 

Pendidikan tinggi merupakan impian banyak orang. Disana ada banyak hal yang bisa meningkatkan hardskill dan softskill. Misalkan  dengan memiliki gelar sastra inggris, maka sudah pasti kemampuan bahasa Inggris sudah diatas rata-rata kebanyakan orang. 

Tapi bukan berarti orang dengan gelar sastra inggris tidak bisa bahasa Inggris ya. Justru kebanyakan yang tidak bergelar, kemampuannya lebih bagus. 

Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat