Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 cara tepat mengatasi kehilangan semangat hidup

cara tepat mengatasi kehilangan semangat hidup

Penamorf - Hidup merupakan perjalanan. Dalam sebuah perjalanan tidak semuanya lancar seperti mobil lewat jalan tol tanpa hambatan. Hidup bisa saja terhenti, tersendat, terputus, kehilangan, hingga bertemu dengan berbagai kejadian buruk dan menyedihkan. 

Kejadian buruk dan menyedihkan bisa membuat orang kehilangan semangat hidup. Semangat hidup merupakan hal yang penting, karena sangat berguna agar kita terus berjalan meraih mimpi. Jadi kalau kehilangan semangat hidup, bisa bahaya bukan. 

Bila kamu kehilangan semangat hidup, maka cepatlah bangkit. Kehilangan semangat hidup untuk sementara waktu tidak masalah. Tapi kalau keterusan, bisa berabeh. Berikut ada beberapa cara mengembalikan semangat hidup agar menjadi seperti sebelumnya. 

1. Bersyukur 

Show gratitude atau bersyukur merupakan salah satu cara untuk mengembalikan semangat hidup. Mungkin kelihatannya mudah, tapi bersyukur itu pada dasarnya harus dari dasar hati. Mensyukuri hal-hal kecil bisa menjadi hal yang mudah dilakukan

Coba pikirkan dirimu saat ini. Selama kamu masih sehat, kamu masih bisa mencari uang . Atau kamu masih punya sepeda motor dan tidak punya mobil. Coba bayangkan tanpa sepeda motor, kamu susah kemana-mana. 

2. Solo Traveling

Berlibur dan mengambil cuti beberapa hari bisa kamu lakukan. Tapi usahakan liburanmu sedikit berbeda, yaitu dengan solo traveling. Solo traveling merupakan jalan-jalan sendiri tanpa ditemani siapapun. Artinya benar-benar sendiri, dan itu tidak masalah.

Keuntungan dari solo traveling adalah bisa menyegarkan pikiran dan menyegarkan pikiran. Keluar dari zona nyaman, bertemu dengan orang asing, pergi ke tempat baru. Menghilangkan penat dengan cara seperti itu siapa tahu cocok untukmu.

3. Konsultasi 

Cara yang bisa dilakukan selain Solo Traveling dan Bersyukur adalah konsultasi. Obat ini adalah salah satu obat yang cukup ampuh, agar hidup tidak terlalu berat. Bicarakan masalahmu dengan orang lain. 

Pastikan orang lain itu adalah sahabat, pasangan, atau orang yang ahli seperti psikolog. Keluarkan pikiran dan uneg-uneg, dan semua hal yang mengganjal dihati.

4. Mengenali diri sendiri 

Sejauh mana kamu kehilangan dirimu?. Orang yang sudah kehilangan dirinya sendiri adalah orang yang tidak tahu kelebihannya sendiri. Coba kembalilah pada dirimu sendiri. Buang rasa tidak bersyukur dan minder. 

Buatlah list mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada dirimu. Jangan karena dirimu berbeda dan memiliki kekurangan membuatmu tidak semangat hidup. Kamu luarbiasa dan pasti bisa.

5. Motivasi dan ingat tujuan hidup 

Motivasi adalah salah satu penggerak dalam kehidupan. Hidup tanpa motivasi, seperti sayur tanpa garam. Kita senantiasa memotivasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dan selalu berkembang. Coba cari buku atau film yang inspiratif. Siapa tahu bisa membangkitkan semangat hidupmu. 

Tujuan hidup merupakan salah satu hal yang perlu kamu catat.  Kamu masih panjang hidupnya, jangan tiba-tiba berhenti dan menyia-nyiakan kesempatan.  Ingatlah tujuan hidupmu, masih banyak yang harus dicapai.

Yap itu dia 5 cara tepat mengatasi kehilangan semangat hidup. Hidupmu harus tetap hidup. Bersemangatlah dan jangan berhenti. Ingat hidup masih panjang. Bersedih boleh, tapi jangan berlarut-larut. Ayo, bangkitkan dirimu!