Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan aplikasi chat Signal

kelebihan aplikasi chat signal

Penamorf -  Signal merupakan salah satu aplikasi chat yang saat ini bisa diunduh di playstore dan juga appstore. Memang belum sepopuler Whatsapp. Tapi signal cukup bagus, berikut adalah review aplikasi signal dan kelebihannya

Chating adalah hal yang biasa kita lakukan dalam komunikasi daring. Biasanya kita menggunakan aplikasi chating yang bisa diunduh di Appstore, Playstore, maupun Windowstore. Sebelum aplikasi chating ada, manusia modern menggunakan SMS. 

SMS sendiri terbilang mahal dan sangat konvensional. Mau yang lebih konvensional lagi? sebelum menggunakan handphone manusia menggunakan surat untuk komunikasi. Surat memang saat ini masih digunakan di Indonesia, terutama dibidang yang lebih formal seperti komunikasi dengan pemerintah. 

Lucu saja, saat negara lain sudah menggunakan surat elektronik. Indonesia masih belum terbiasa 100%. Tapi seiring berjalan waktu juga akan berubah. Kembali ke aplikasi chat, saat ini sudah banyak sekali jenisnya. Dan hampir semua masyarakat Indonesia sudah menggunakan seperti WA, Telegram, Line, dll. 

Kali ini admin Pena akan membuat pembahasan mengenai aplikasi chat Signal. 

Mengenai aplikasi Signal 

Signal merupakan sebuah layanan pengiriman pesan enkripsi lintas platfrom yang dikembangkan Signal Technology Foundation dan Signal Messenger LLC.  Layanan aplikasi Signal sama seperti aplikasi chat lainnya , yaitu menggunakan internet untuk menggunakannya. 

Usia aplikasi ini masih sangat muda. Dirilis pada 29 Juli tahun 2014. Aplikasi ini tersedia di beberapa patfrom seperti Android, iOS, Linux, dan Windows 7.  Pengguna bisa menggunakannya untuk panggilan suara, pesan instant, panggilan video. 

Aplikasi ini sempat dipromosikan Elon Musk. Pada saat itu WhatsApp menggunakan kebijakan tentang penggunaan data pengguna untuk marketing. Hal ini membuat warganet berbondong-bondong pindah aplikasi, dan Elon menyarankan menggunakan Signal. 

Kelebihan aplikasi Signal 

Setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Termasuk aplikasi Signal. Berikut adalah daftar kelebihan dari aplikasi Signal : 

A. Aplikasi yang ringan 

Signal Messanger memiliki ukuran yang kecil. Ukurannya hanya 26 MB di Playstore. Kelebihan aplikasi ini adalah sangat ingan. Karena tidak menggunakan banyak sumber daya, memori, CPU, ruang disk, dan baterai. 

B. Pesan Kedaluarsa 

Pesan pribadi kadang sifatnya kadang membuat awkward. Bila menggunakan Whatsapp, pesan bisa dihapus di hp sendiri. Dan masih ada di hp lawan bicara.  Lain halnya dengan Signal, disini pengguna bisa mencantumkan tanggal kedaluwarsa. 

Misal pesan diatur akan kedaluwarsa 1 minggu kemudian, maka pesan tersebut akan hilang dua sisi sekaligus.

C. Gratis dan didedikasikan untuk privasi 

Signal Foundatuin memastikan bahwa aplikasi buatannya memang didedikasikan untuk privasi penuh dan juga kriptografi. Tujuan utamanya adalah memberikan sumbangan penuh dan tidak membagikan atau menjual data. 

Organisasi Freedom of the Press Foundation yang didirikan salah satu pendiri Whatsapp (Brian Acton) mendukung Signal.  Dukungannya adalah agar Signal digunakan para wartawan tanpa takut dicegat oleh pemerintah. 

D. Dapat menghentikan aplikasi lain untuk merekam percakapan 

Penyadapan dengan merekam percakapan merupakan hal yang mengerikan.  Di sebagian aplikasi, ternyata Signal juga bisa menghentikan aplikasi yang sedang merekam. Memang tidak bekerja untuk semua aplikasi perekam, tapi layanan ini cukup membantu. 

E. Aplikasi Desktop yang bekerja independen

Kelebihan dari Signal adalah aplikasi ini bisa bekerja secara independen saat dibuka di desktop. Artinya tanpa membuka aplikasi di hp, Signal tetap bisa dibuka di laptop atau komputer. Inovasi ini sangat bagus dan membantu bagi mereka yang selalu didepan desktop

F. Memiliki kualitas video dan suara yang bagus

Beberapa pendapat mengatakan kualitas video dan suara yang ada di Signal lebih bagus. Apalagi bila dibandingkan dengan Whatsapp. Signal memiliki video dan suara yang lancar dan jelas. Kalau kurang percaya, mungkin kamu bisa mencobanya sekarang. 

Yap itu dia mengenai aplikasi Signal. Sudahkah kamu berpindah ke Signal. Siapa tahu kamu cocok. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.