Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akhirnya Penamorf muncul ranking Alexa. Mengenal Alexa rank beserta manfaatnya

Mengenal Alexa dan Manfaatnya

Penamorf -  Dalam dunia blogging ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Biasanya para blogger juga akan melirik para kompetitornya. Siapakah ang dimaksud dengan kompetitor? Yang dimaksud dengan kompetitor adalah blog dengan niche yang sama. 

Apa yang dilirik dari blog kompetitor. Jawabannya tidak jauh dari hal-hal yang kaitannya dengan SEO. Misalnya artikelnya, keyword, backlink, tampilan, DA/PA, hingga rangking Alexa. Dengan mengetahui SEO blog lain, maka bisa dianalisa untuk memperbaiki blog kita. 

Membicarakan ranking Alexa, admin blog sendiri sangat senang. Kenapa? Karena akhirnya Penamorf memiliki peringkat Alexa. Ya meskipun belum ramping rankingnya, tapi suatu saat admin sendiri yakin akan ramping.

Saat ini blog Penamorf memiliki peringkat Alexa sekitar 9 jutaan. Bagi admin yang bagus itu dibawah angka 1 juta. Apakah rank Alexa itu penting ? Ada yang bilang tidak dan ada yang bilang penting. Kalau bagi admin cukup penting. 

Apa itu Alexa 

Alexa merupakan sebuah perusahaan dibawah naungan Amazon.com. Secara harfiah Alexa merupakan tools yang digunakan untuk mengetahui peringkat website dari keseluruhan web yang ada di dunia internet. 

Yang dimaksud ini Alexa rank ya! bukan Alexa tool voice untuk mencari atau melakukan perintah tertentu. 

Profil perusahaan Alexa

Alexa internet inc memiliki basis di California. Dahulunya, Alexa menyediakan mesin pencari layaknya Google dan Bing. Tapi pada tahun 2008 berhenti. Oh ya, Alexa Internet inc didirikan pada tahun 1996, artinya sudah cukup tua.

Alexa bekerja dengan cara mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimnya ke pusat data Alexa. Data tersebut menjadi data laporan web trafik yang diberikan perusahaan kepada pelanggannya. 

Selain trafic, Alexa juga menyediakan ranking situs web global dalam satu negara tertentu. 

Manfaat Alexa 

Beberapa bloger profesional menggunakan Alexa dengan tujuan tertentu. Itu artinya Alexa memiliki manfaat tersendiri. Berikut adalah manfaat dari Alexa : 

A. Mengecek peringkat web di mata Google 

Manfaat dari Alexa salah satunya adalah mengecek peringkat web atau blog dimata Google. Perlu diingat ada indikator tersendiri. Semakin bagus suatu web maka nilai Alexa semakin kecil. Artinya semakin besar peringkat Alexa, blog atau web tersebut harus ditingkatkan lagi. 

B. Mengetahui adanya trafik 

Dengan Alexa, kita selaku bloger juga bisa mengetahui adanya trafik atau tidak. Semakin kecil peringkat Alexa, biasanya trafik blog akan semakin kencang. Maksud dari kencang sendiri adalah ramai. Biasanya blog diatas satu juta keatas akan mendapat visitor satu hari minimal 1000 kunjungan. 

Sebaliknya, semakin besar suatu peringkat Alexa. Trafik blog akan semakin mengecil. Biasanya dibawah 100 pengunjung. 

C.  Mengevaluasi Web atau Blog 

Membangun blog atau website merupakan hal yang rumit. Karena membutuhkan waktu untuk membangun dan butuh kesabaran. Dengan Alexa rank, para bloger  bisa menganalisa dan mengevaluasi web agar performanya menjadi lebih baik. 

D. Memotivasi agar peringkat naik 

Tidak 100% salah, perkataan ini ada benarnya. Bagi yang memiliki pemikiran yang ingin maju, tentu blog buatannya setidaknya memiliki pengunjung yang banyak. Tentu pengunjung yang banyak bisa meningkatkan peringkat Alexa. 

Bagi blogger, ini adalah tantangan tersendiri. Tidak lain, karena memerlukan banyak teknik SEO. Mulai dari internal maupun eksternal web. 

E. Mengetahui rating endorse pada blog 

Siapa bilang blog tidak bisa mengisi endorse. Ternyata bukan sosial media seperti instagram saja yang menerimanya. Blog juga bisa menerima endorse. Endorse berupa tautan balik kepada web yang mengendorsenya.

Semakin tinggi ranking Alexa, maka semakin tinggi pula harga endorse suatu web. Kenapa mahal? karena memiliki trafik yang tinggi. 

Yap itu dia manfaat Alexa Rank. Semoga kedepannya blog Penamorf.com memiliki rank alexa yang semakin bagus. Sekian dan Terimakasih