Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal teknik SEO White Hat

teknik SEO white hat

Penamorf - Halo sobat Pena, welcome back to my blog. Kayaknya admin harus mulai lagi berbenah dan rutin merawat blog yang satu ini. Soalnya blog ini sudah banyak postingannya, sayang dong kalau mangkrak wkwkwk. Meski yang baca ga seberapa, tapi tetep yaqueen. 

Nah kali ini admin Pena akan membahas mengenai suatu hal yang berkaitan dengan SEO.  Apa itu SEO? SEO memiliki  kepanjangan Search Engine Optimation.  SEO sendiri menjadi ilmu dan pekerjaan penting di abad ini. 

Kenapa? Karena banyak optimasi yang diperlukan agar mendapat trafic. Bukan hanya trafic saja si,  tapi lebih ke performa situs. Teknik SEO sendiri ada 3 yaitu Black Hat, White Hat, dan Grey Hat.

Dan tahukah kelen. Kalau teknik yang direkomendasikan merupakan teknik White Hat. Berikut adalah penjelasannya : 

Definisi White Hat SEO

White Hat SEO memiliki arti topi putih. Maksudnya suatu teknik yang diperbolehkan oleh mesin pencari dan tidak menyalahi aturan. Teknik ini sangat dianjurkan bagi para praktisi. Teknik White Hat merupakan kebalikan dari Black Hat. 

Teknik Black Hat merupakan teknik yang dilarang. Memang teknik Blackhat cukup menggiurkan. Alasannya karena bisa mendatangkan trafik dengan cepat. Tapi teknik ini tidak disarankan. 

Contoh teknik White Hat SEO

A. Membuat artikel berkualitas 

Membuat artikel bekualitas itu susah loh. Pernah dulu admin kerja jadi penulis lepas dan banyak yang tidak mengikuti kaidah SEO. Akhirnya keluar dari pekerjaan tersebut. Artikel yang berkualitas itu bagaimana si?

Sebenarnya artikel berkualitas menurut admin ya yang enak dibaca dan mudah dipahami. Apa yang disampaikan urut, rinci, dan memiliki gambar yang mendukung. Gini-gini, tulisan admin juga masih jauh dari artikel berkualitas. wkwkw

B. Penempatan keyword yang tepat 

Keyword atau kata kunci merupakan pondasi dalam sebuah artikel. White Hat SEO menyarankan penempatan keyword harus seimbang. Artinya tidak sepenuhnya tulisan diisi penuh dengan keyword. Bahaya nanti, jadinya nggak enak dibaca. 

Penempatan keyword yang tepat itu perlu. Jumlahnya memang tidak didefinisikan secara khusus. Intinya cukup di judul, isi artikel, dan juga meta-tag. 

C. Perhatikan Template blog 

Template atau tampilan blog kerap kali disepelekan. Dulu mimin juga pakai template bawaan blog. Menurut mimin, nggak masalah si pakai template bawaan. Cuman terlalu kaku dan kurang sreg aja. Syukur bagi kalian, kalau ada rejeki bisa beli template premium. 

Pastikan tema blog sudah mobile friendly. Apa artinya? Artinya tema yang digunakan cocok saat dibuka dari smartphone. Paling tidak ya bagus dan enak dilihat. 

D. Melakukan link building 

Link Building aka Backlink itu boleh dilakukan. Tujuannya selain mendapat trafic, juga bisa meningkatkan DA/PA.  Pastikan untuk membuat backlink harus dari situs yang bagus dan berkualitas. Alasannya jangan sampai blogmu spam score naik karena ngasal bikin backlink. 

Keunggulan White Hat SEO

Karena teknik ini sangat dianjurkan. Artinya teknik white hat SEO memiliki keunggulan tersendiri. Berikut adalah keunggulan teknik white hat SEO : 

A. Biaya murah 

White Hat SEO merupakan teknik yang populer dikalangan pebisnis, terutama penjual jasa dan produk. Untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu, mereka menggunakan teknik yang satu ini. Memang teknik white perlu waktu lebih lama, tapi lebih murah. 

B.  Tidak beresiko 

Teknik White Hat merupakan teknik yang dianjurkan. Jadi sudah pasti 100% aman dan tidak ada resiko sama sekali.  Dengan menggunakan teknin ini, pemilik situs sudah pasti tenang. Tidak khawatir akan pengecekan Google dan update algoritma yang sewaktu-waktu datang. 

C. Mengikuti aturan 

Aturan  Google itu banyak dan kadang sifatnya sedikit abstrak.  Supaya situs yang dibuat tidak hancur nanti lebih baik mengikuti aturan dari mesin pencari. Teknik white hat sudah jelas sesuai dengan aturan. Jadi mesin pencari akan mempercayai situs yang menggunakan teknik ini

D. Berdampak jangka panjang 

Teknik white hat sebaiknya dilakukan secara konsisten. Teknik ini bukanlah teknik yang instan, tapi setidaknya memiliki dampak positif kedepannya.  Kalau teknik ini diterapkan dengan baik, maka  nesin pencari seperti Google akan meberikan banyak trafik dan meningkatkan peringkat situs yang telah dibuat. 

Yap itu dia mengenai white hat SEO. Semoga banyak membantu dan pengetahuan kalian. Sekian dan Terimakasih.