Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengecek DA/PA Blog

Cara mengecek DA/PA Blog

Penamorf - Sudah lama admin tidak membahas dunia Blogger. Pasalnya lagi sibuk banget ga ada ide maksudnya . Ya karena mentok aja, tapi ada hal yang harus ditulis juga akhirnya. Apalagi blog ini sudah beli domain untuk 2 tahun lamanya. 

Weh kok curhat. Sebenarnya, blogger pas awal-awal merilis blog, pasti punya masalah yang sama. Yaitu bagaimana untuk meningkatkan trafik. Perlu diingat semakin tinggi trafik blog maka semakin mahal pula nilainya. Trafik juga kerap kali berkaitan dengan skor DA/PA blog. 

Apakah DA/PA Blog bisa dilihat skornya? Jawabannya bisa yaitu dengan cara mengecek DA/PA Blog.  Sebelum jauh sampai kesitu, mari kita mengenal pengertian DA/PA terlebih dahulu.

1. Apa itu DA/PA Blog ?

A. DA (Domain Authority) 

Domain Authority merupakan suatu indikator yang digunakan untuk mengukur kekuatan website dengan menilai keseluruhan website. Domain Authority pada dasarnya dibuat oleh MOZ yang menilai semua faktor pada suatu website. Jadi perhitungan skor bukan berdasarkan kekuatan perhalaman, melainkan satu entitas website. 

B. PA (Page Authority)

Bagaimana dengan Page Authority? Page Authority memiliki skala yang lebih kecil lagi. Yang diukur bukanlah keseluruhan domain website. Melainkan hanya sebuah halaman saja. Jadi pengertian dari PA adalah suatu indikator yang digunakan untuk mengukur kekuatan website dengan menilai perhalaman pada website. 

2. Apa Manfaat Blog dengan DA/PA yang bagus ?

Skala yang digunakan untuk mengukur DA/PA blog adalah 1-100. Semakin tinggi angka yang didapat maka semakin bagus pula performa blog. Terus sebenarnya apa manfaat blog dengan DA/PA yang bagus : 

A. Memiliki Traffic yang Tinggi

Suatu web atau blog akan terlihat memiliki trafik tinggi bila dilihat dari skor PA.  PA semakin besar skornya maka trafiknya tinggi. Berapa skor PA yang lumayan besar. Kalau menurut Admin lebih dari 20 itu sudah bagus banget.

B. Harga jual yang mahal

Blog dengan DA/PA tinggi bila dijual akan lebih mahal daripada yang memiliki DA/PA rendah. Pasalnya dengan DA/PA yang tinggi, menandakan prospek blog tersebut bagus dimasa depan. Sebelum menjual blog pastikan, skor DA/PA nya sudah cukup tinggi. 

C.  Skor SEO bagus

SEO atau Search Engine Optimation  sudah sering dibahas bagi para blogger. SEO terbagi menajadi dua yaitu SEO Black Hat dan White Hat . DA/PA memiliki kaitan dengan skor SEO suatu blog / website. Semakin tinggi skor DA/PA maka akan diikuti dengan skor SEO yang bagus pula. 

D. Harga Content Placement lumayan tinggi

Content Placement konsepnya mirip dengan endorse. Biasanya blogger tinggal mengupload kontent yang sudah disiapkan oleh klien. Nanti akan ada link yang mengarah ke situs klien. Semakin tinggi skor DA/PA harganya semakin mahal. Apalagi kalau mau endorse di situs berita nasional. Bisa berjuta-juta.

3.  Cara mengecek DA/PA blog 

Cara mengcek DA/PA blog itu hal yang mudah. Tinggal input saja alamat blog yang kamu punya. Paling mentok ya daftar pakai akun gmail, baru input URL blog. Dibawah ini ada 2 cara ngecek DA/PA blog yang mudah banget.

A. Menggunakan situs  Websiteseochecker (disini)

- Pertama, masuk terlebih dahulu ke situs Websiteseohecker.com. Pastikan yang ditampilkan seperti dibawah. 

Cara mengecek DA/PA blog


- Input alamat blog pada kolom
- Klik Saya Bukan Robot
- Klik Check

B. Menggunakan situs Prepostseo.com (disini)

- Cara mengecek DA/PA blog selanjutnya adalah menggunakan situs Prepostseo. Langkah pertama adalah  dengan mengunjungi situs Prepostseo.com. Kamu bisa klik tautannya diatas.  Pastikan gambarnya seperti dibawah. 

Cara mengecek DA/PA Blog

- Input URL Blog
-Klik Check Authotity

4. Pentingnya mengecek DA/PA blog

DA/PA blog bukanlah ukuran mutlak yang wajib dipenuhi. Cara mengeek DA/PA blog diatas hanya digunakan untuk keperluan mengetahui skornya saja. Akan lebih baik punya niatan untuk meningkatkan skor DA/PA nya. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat