Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghadapi interview Beasiswa agar berhasil

Cara menghadapi interview beasiswa

Penamorf - Halo sobat Pena, sudah lama tidak bersua. Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan, amin. Kali ini admin akan membahas mengenai dunia perkuliahan. Seperti yang kita ketahui, di era ini kuliah itu penting. Tapi ini tergantung orangnya ya, banyak kok yang gak kuliah tapi sukses. 

Nah sekarang kalau dunia perkuliahan pasti sudah sering mendengar beasiswa. Yap Beasiswa, siapa yang tidak suka dengan Beasiswa. Beasiswa bisa membantu orang yang sedang studi dari segi finansial. Apalagi kalau beasiswa tersebut memberi uang saku setiap bulannya, bisa tambah semangat tuh. 

Untuk mendapat Beasiswa ada beragam cara. Biasanya ada seleksi bertahap yang dilakukan oleh penyelenggara. Dan ditahap akhir akan selalu ada tahap interview. Berikut adalah cara menghadapi interview Beasiswa agar berhasil 

1. Datanglah tepat waktu 

Kerapkali tepat waktu merupakan hal yang diremehkan. Padahal tepat waktu akan membuatmu lebih dilirik oleh pihak penyeleksi. Penyeleksi akan memandang orang yang tepat waktu sebagai orang yang disiplin. Berbanding terbalik dengan orang yang telat, mereka dianggap bukan orang yang disiplin. 

Keuntungan dengan datang tepat waktu lainnya adalah agar tubuh tetap segar. Biasanya yang datang terlambat akan tergesa-gesa. Tubuh akan merespon dengan rasa lelah dan terburu-buru. 

2. Minum yang cukup

Minum merupakan kebutuhan tubuh yang tidak bisa dihiraukan. Tanpa minum, tubuh manusia akan menjadi lemah. Tubuh tanpa cairan cukup membuat pikiran  tidak bisa fokus selama menjalankan aktifitas. Sebelum datang interview minumlah yang cukup. 

Jangan juga minum terlalu banyak. Pasalnya saat interview kita tidak boleh minta izin untuk buang air kecil. Saat interview, fokus untuk menghadapi pertanyaan itu sangat penting. 

3. Latihan jauh hari 

Menjawab pertanyaan bukanlah perkara mudah, apalagi untuk hal yang cukup serius. Selain menghadapi sidang skripsi, interview beasiswa juga kadang menegangkan. Supaya tidak gugup, mending hadapi dengan elegan. Bagaimana caranya? 

Jawabannya dengan membiasakan diri latihan. Pasalnya orang bisa karena biasa. Latihanlah dengan teman, atau pakai video Youtube juga bisa. Setidaknya sudah bisa meraba pertanyaan yang tricky atau sulit.

4. Persiapkan Penampilan

Apakah penampilan itu penting? Bagi admin Pena sendiri, penampilan sangat penting. Biasanya pihak rekruiter atau pewawancara akan menilai kesan pertama. Kesan pertama akan dilihat dari bagaimana ekspresi, penampilan, dan gerak-gerik.

Kalau penampilan saja tidak meyakinkan, bagaimana kamu berhasil. Usahakan pakaian bersih, tidak kotor dan bau. Pastikan menggunakan wewangian yang tidak menyengat. 

5. Jujur saat menghadapi pertanyaan

Jujur merupakan hal yang penting saat menghadapi wawancara.  Pasalnya, kandidat dilarang berbohong dan harus memberi informasi sejujurnya. Kerugian tidak jujur juga akan bikin repot. Pasalnya kebohongan harus ditutup dengan kebohongan. 

Pihak pewawancara juga biasanya datang dengan latar belakang psikolog. Mereka akan sangat detail dalam menilai orang. Mulai dari cara bicara, gestur, mimik wajah. Mereka paham bila ada yang janggal. Maka dari itu jujurlah.