Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghilangkan keinginan bunuh diri

cara menghilangkan keinginan bunuh diri

Penamorf -  Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat dan dilindungi Tuhan Yang Maha Kuasa. Membicarakan kesehatan mental memang tidak ada habisnya. Di era modern ini, penyakit mental semakin sering dibicarakan. 

Penyakit mental memiliki banyak jenisnya. Tapi ditelinga masyarakat, penyakit mental yang familiar adalah Bipolar, Schizofernia, dan Depressi. Kalau penyakit mental dibiarkan begitu saja. Maka bisa-bisa berakhir dengan bunuh diri. 

Bunuh diri merupakan suatu tindakan menghilangkan nyawa dengan menyakiti diri sendiri. Biasanya pelaku merasa kalau masalah yang dihadapinya sudah tidak bisa diselesaikan. Kalau kamu atau seseorang yang sedang berada di dekatmu ingin bunuh diri.  Berikut adalah cara menghilangkan keinginan bunuh diri

1. Istirahat yang cukup

Tidur merupakan salah satu cara istirahat yang paling efektif. Tapi apa jadinya kalau kita tidurnya tidak berkualitas. Hasilnya adalah tubuh jadi malas untuk bergerak. Selain tubuh, otak juga akan terpicu untuk memikirkan hal yang tidak-tidak. 

Istirahat yang cukup akan membuat otak lebih relax. Tubuh juga akan lebih bugar. Dan tentunya  jangan sampai kamu berdiam diri. Usahakan aktif bekerja, berkarya, atau berlibur. 

2. Membuat Jadwal Harian

Pikiran bunuh diri timbul dalam kekosongan. Usahakan setiap ada waktu luang harus diisi dengan kegiatan. Misalkan membuat jadwal harian. Buatlah list harian yang akan kamu lakukan. Terserah mau urut atau tidak. Intinya ada  target yang harus dicapai dalam satu hari. 

Jangan lupa juga buat waktu khusus untuk menghibur diri. Misalkan meluangkan waktu untuk menonton stand up comedy, menonton film, atau scrol sosial media yang bisa bikin ngakak. Menghibur diri merupakan cara menghilangkan keinginan bunuh diri yang mudah aksesnya saat ini,

3. Makan dengan mindful eating

Mindful eating merupakan makan dengan penuh kesadaran. Biasanya kita makan dengan memainkan smarpthone. Ternyata hal tersebut memiliki dampak yang tidak baik. Apa yang kita makan akan tidak terasa nikmat. 

Coba kalau kamu terpikir untuk bunuh diri. Bayangkan kamu benar-benar melakukannya dan tidak bisa makan makanan favorit. Kalau terbesit pikiran untuk melakukannya. Makan makanan favorit mu dan nikmatilah tanpa smartphone. 

4. Berolahraga 

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Jiwa yang sehat sudah jelas tidak akan terpikir untuk bunuh diri. Kepikiran untuk bunuh diri bisa jadi karena stress. Kamu bisa menghindari stress dengan cara berolahraga.

Usahakan berolahraga sesuai yang disukai. Kalau bisa ajak juga teman lain yang punya waktu luang. Cara yang paling efektif dan murah adalah jogging. 

5. Ingat perjuangan dan keluarga

Setiap insan manusia untuk menggapai mimpinya harus berusaha dan berjuang. Kalau kamu berada di titik yang rendah tolong diingat lagi. Jangan menyelesaikan semuanya dengan bunuh diri. Ada keluarga yang sedang menunggu kamu berhasil melewati semua masalah. 

Selain mengingat keluarga. Ada kalanya kamu merenungkan diri. Perjuangan yang selama ini kau lakukan dengan penuh darah, apakah harus hilang begitu saja? Kematian dengan membunuh dirimu itu tidak dibenarkan. Perjuanganmu masih panjang, semoga kamu bisa melalui ini. 

6. Pergi ketempat yang aman 

Apakah tempat yang aman perlu bagi orang yang ingin bunuh diri ? Jawabannya sangat perlu. Jauhkan dari pisau dan benda tajam lainnya. Pastikan juga di kamarnya tidak ada cairan kimia. Selain itu jangan biarkan dia menyendiri. 

Hindari tempat tinggi seperti jurang, tebing, atap, puncak gedung. Tentunya menghidnari hal yang tidak diinginkan seperi terjun bebas dari ketinggian. 

7. Berkumpul dengan suport system 

Siapa support system yang kamu punya? Admin harap disini kamu punya support system. Support system yang dimaksud adalah keluarga, teman, atau saudara. Dengan memiliki support system, maka mereka akan mendukungmu kembali ke kondisi yang lebih baik.

Kalau tidak punya support system bagaimana? Ingat ada Tuhan diatas sana. Admin yakin Tuhan mendengar semua isi hatimu. Semua keluh kesah, kesedihan, kekecewaan, kebencian, dendam, dan semua hal buruk. Tuhan tahu. Mintalah bantuannya :)

Yap itu dia cara menghilangkan keinginan bunuh diri. Bunuh diri bukanlah hal penyelesaian yang baik. Hidup ini satu kali, ayo bangkit. Admin yakin kamu pasti bisa