Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Traveling Hemat bagi anti boros

tips traveling hemat

Penamorf  - Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu ? Semoga dalam keadaan sehat selalu.  Kali ini admin Pena lagi pengin membahas dunia traveling. Seperti yang kita tahu, perlahan namun pasti. Dunia pariwisata bangkit seiring berjalannya waktu. 

Bagi beberapa orang, traveling merupakan sebuah keborosan. Dan  sebagian orang lagi beranggapan traveling itu harus mengeluarkan sedikit uang. Pengetahuan mengenai dunia traveling terutama tips traveling hemat pasti akan menarik bagi mereka yang anti boros. 

Keuntungan selain bisa saving uang lebih banyak. Tentunya dari segi finansial juga akan lebih baik lagi dan bisa digunakan untuk keperluan yang lain. Tips traveling hemat dibawah ini dijamin akan sangat membantumu. 

Tips Traveling Hemat bagi anti boros 

Liburan tidak mulu harus keluar negeri. Didalam negeri juga ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu eksplore dan juga dinikmati. Tentunya bakal keren banget liburan tanpa boros dan bisa eksplor banyak tempat. Berikut beberapa tips agar dompet kamu tidak kering saat sesudah dan ketika liburan 

1. Hindari musim libur 

Musim libur merupakan musim dimana sedang ramai-ramainya orang pergi berwisata. Saat itu pula harga tiket, harga oleh-oleh juga naik. Maka dari itu usahakan jangan liburan disaat musim libur. Contoh musim libur adalah saat libur natal, libur lebaran, libur tahun baru, dan masih banyak lagi. 

Terus cocoknya liburan kapan? Cocoknya pas low season . Saat-saat dimana orang-orang sudah selesai liburan. Misalkan satu minggu setelah lebaran, satu minggu setelah tahun baru. Waktu-waktu tersebut hasrat orang berlibur sudah berkurang. Harga tiket juga sudah mulai turun. 

2. Survei dan research lokasi 

Jangan suka liburan tanpa survei terlebih dahulu ya. Survei yang dimaksud adalah melakukan penelitian secara onlie. Kamu bisa cari berbagai informasi di internet. Carilah informasi mulai dari akomodasi, harga makanan, destinasi yang bagus, hingga opsi apa saja untuk kesana. 

Kamu juga bisa buat list apa saja yang bakal kamu lakukan disana. Kalau rencana kamu gagal, apa yang bakal kamu lakukan. Apakah harus ganti destinasi atau bagaimana? Buatlah seirnci mungkin. 

3. Bawa barang secukupnya

Sudah pasti kamu tidak mungkin membawa semua barang pribadi yang ada almarimu.  Bawalah barang secukupnya.  Pilih barang yang menjadi prioritas mulai dari berangkat sampai pulang nanti. Pasalnya semakin banyak barang yang dibawa makas semakin ribet. 

Tips traveling hemat yang satu ini akan mengurangi kapasitas bagasi yang bakal digunakan. Lumayan banget kan meski sepele tapi setidaknya mengurangi biaya sedikit.

4. Budget khusus belanja

Khususkan bagi dirimu untuk mempunyai budget belanja sendiri. Di tempat tujuanmu nanti ada banyak sekali hal-hal yang menggoda untuk dibeli. Syukur-syukur kamu bukan orang tipikal lapar mata yang hanya ingin beli tanpa tau buat apa. 

Dengan adanya budget khusus belanja. Setidaknya kamu punya batas uang yang akan dihabiskan nanti saat liburan. Pastikan terbagi rata, misalkan untuk dirimu sendiri dan buat keluarga. 

5. Hunting Promo 

Promo merupakan salah satu bentuk penghematan yang wajib banget diburu. Daripada mengeluarkan budget banyak, mending menggunakan promo. Caranya adalah rajin-rajin pantengin akun instagram maskapai, aplikasi penyedia akomodasi. 

Biasanya promo diumumkan dalam waktu jauh-jauh hari. Promo yang ditawarkan beragam mulai dari akomodasi gratis, fasilitas gratis, potongan harga, dan lain-lain

6. Memilih Makanan 

Tips traveling hemat berikutnya adalah memilih makanan. Makan merupakan kebutuhan hajat manusia. Termasuk saat  traveling, rasanya tidak mungkin traveling sambil tidak mencicipi makanan. Nah kenapa memilih makanan termasuk menghemat. Biasanya makanan di tempat wisata harganya sangat mahal. 

Usahakan jangan makan persis di lokasi wisata. Harga di lokasi wisata jauh lebih mahal dibanding ditempat yang jauh. Makanla ditempat yang tidak terlalu mahal/ 

7. Catat Pengeluaran

Pengeluaran sama halnya pemasukan harus dicatat dengan baik. Meskipun sepele dan merepotkan, faktanya cara ini efektif untuk mengetahui berapa biaya yang sudah dikeluarkan. Mulai dari awal berangkat sampai pulang catat semua bentuk pengeluaran. 

Gunakan aplikasi atau notes kecil untuk mencatatnya. Setelah liburan selesai kamu bisa banget menjumlah semua bentuk pengeluaran. Sehingga kamu bisa tahu berapa banyak uang yang keluar sehabis liburan. 

Yap itu dia tips traveling hemat. Tentunya tips ini bukan mengajarkan untuk pelit pada diri sendiri. Tetaplah berbahagia dalam traveling, sekian dan terimakasih. Semoga membantu