Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Mendaki Gunung

Manfaat Mendaki Gunung

Penamorf - Halo sobat Pena, bagaimana kabarmu ? Semoga dalam keadaan sehat selalu. Dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Membicarakan liburan memang tidak ada habisnya. Apalagi kalau liburan di alam, wah jadinya tambah asik. 

Mulai dari menikmati indahnya pantai, segarnya suasana air terjun, hingga gelapnya goa juga bisa memberikan sensasi liburan tersendiri. Tapi bagi admin  yang paling cocok untuk menikmati liburan di alam adalah dengan mendaki gunung. 

Bagi kamu yang suka dengan mendaki. Pasti setuju banget kalau cara menikmati alam adalah dengan mendaki Gunung. Kalian tidak akan pernah merasakan manfaatnya kalau belum mencoba mendaki. 

Manfaat Mendaki Gunung

Di Indonesia sendiri ada ratusan gunung yang bisa didaki. Tapi tidak semuanya aman utuk didaki. Pasalnya sebagian gunung di Indonesia merupakan gunung berapi. Meski begitu bukan berarti tidak ada jalan untuk mendaki gunung. 

Kalau ada budget kamu bisa pergi keluar kota untuk berlibur dan mendaki gunung. Pasti akan merasakan suasana baru dan alam yang beda.  Intinya hobi mendaki gunung ini banyak manfaatnya dan rugi kalau nggak dicoba.

1. Menunkan Berat Badan

Berat badan sering kali menjadi acuan apakah tubuh kita ideal atau tidak. Dan untuk mendapatkan berat badan ideal harus membakar kalori dalam jumlah besar. Salah satu cara membakar kalori adalah dengan mendaki gunung. Coba tebak kenapa? 

Alasannya karena tubuh akan membakar banyak kalori pada saat mendaki gunung. Tubuh kita menopang tas barang, berjalan ribuan meter dengan kemiringan yang berbeda-beda. Pulang mendaki pasti tubuh akan turun berat badannya. 

2. Rehat dari gawai 

Gawai alias gadget merupakan suatu kewajiban yang harus dicek setiap hari. Entah mengecek sosial media, mengecek aplikasi chat, menonton video, dan masih banyak lagi. Tapi sayangnya saat ini banyak yang menjadi kecanduan gawai. 

Mendaki gunung akan membuat fokus pada langkah kaki. Dalam perjalanan dari pos awal hingga titik puncak pasti akan lebih menikmati perjalanan daripada update sosmed. 

3. Meningkatkan jiwa sosial

Mendaki gunung bukanlah kegiatan yang mudah. Memang ada beberapa orang yang berani melakukan solo hiking. Tetapi mereka yang solo hiking adalah seorang pendaki yang sudah berpengalaman. Bagi yang pemula lebih disarankan untuk tidak melakukan solo hiking. Takutnya bisa tersesat. 

Mendaki gunung bisa meningkatkan jiwa sosial. Kenapa? Karena dari kegiatan itu bertemu banyak orang yang ingin ke puncak gunung. Banyak dari pendaki yang saling membantu. Mulai dari memberi petunjuk, bahkan sampai memberi makanan atau tempat tidur di tenda. 

4. Meningkatkan rasa percaya diri 

Percaya diri merupakan bentuk bagaimana diri kita menaruh rasa percaya untuk membawa diri kita saat beraktifitas. Menurut survei studi, mendaki gunung akan meningkatkan rasa percaya diri. Alasannya adalah mendaki dapat meningkatkan kepuasan dan kebanggaan yang luar biasa pada diri sendiri. 

Aktifitas mendaki gunung bukanlah hal yang mudah. Tidak bisa semua orang melakukan hal itu. Ada banyak diluar sana yang ingin mendaki gunung. Entah karena penyakit pernafasan, atau alasan budget. 

5. Memperbaiki kualitas tidur 

Tidur merupakan kebutuhan hidup manusia. Manusia tidak bisa hidup tanpa tidur. Kegiatan produktif seperti bekerja, atau aktifitas lainnya bisa tidak maksimal. Mendaki gunung sama halnya dengan olahraga. Bisa meredahkan stress, meningkatkan hormon endorfin, dan lain-lain. 

Mengurangnya stress akan membuat kualitas tidur lebih baik. Tidur manusia normal sekitar 6 sampai 8 jam. Tapi tidur selama itu belum tentu berkualitas. Tidur berkualitas adalah tidur yang menghilangkan rasa lelah seharian. Dan saat bangun akan membuat kita segar. 

Yap itu dia manfaat mendaki gunung. Bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaatnya. Tidak ada salahnya mendaki gunung.