Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Gaya Hidup Hedonisme

Hedonisme

Penamorf -  Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Admin hanya ingin berpesan jangan lupa untuk berbahagia. Jangan terlalu sedih dan murung, karena itu tidak baik. 

Sumber bahagia seseorang bisa berbeda-beda. Ada yang bahagia dari traveling, bahagia karena bersyukur, bahagia karena pencapaian, dan masih banyak lagi. Tapi yang bahaya adalah bahagia karena suka belanja.  Biasanya orang yang belanja secara impulsif sering dibilang hedon. 

Sebenarnya apa si pengertian hedon ? Apakah hedonisme hanya dikaitkan dengan hobi belanja saja. Padahal hedonisme lebih dari itu. 

Pengertian Hedonisme 

Kata Hedonisme sendiri sudah digunakan sejak jaman Yunani Kuno. Hedonisme sendiri merupakan hasil pemikiran dari seorang filsuf yang bernama Socrates. Kala itu Socrates sedang memikirkan  tujuan manusia hidup itu untuk apa. 

Dari pemikiran Socrates mengenai Hedonisme. Munculah beberapa filsuf lain yang mendefinisikan pengertian dari Hedonisme. 

A. Arisstipus

Hedonisme merupakan tujuan hidup manusia yang berhak untuk mencapai suatu kebahagiaan dan kesenangan berupa pencapaian fisik. Misalkan harta/benda/barang, seksual, petualang, dan lain-lain

B. Epikuros 

Menurut Epikuros, hedonisme merupakan  kesenangan fisik dan juga kesenangan batin. Dimana kesenangan batin ini berupa kebebasan untuk mengekspresikan diri dan meraih apa yang diinginkan. 

Faktor Penyebab Hedonisme 

Ada dua faktor yang membuat seseorang menjadi Hedon. Faktor pertama merupakan dari dalam diri seseorang dan yang kedua adalah faktor dari luar atau dari lingkungan. 

A. Faktor Internal atau dari dalam 

Manusia memang mahluk yang serakah. Hakikatnya manusia hanya ingin bersenang-senang dan berbahagia saja. Rasa tidak puas pada diri sendiri juga menjadi faktor hedonisme. Tapi rasa tidak puas ini harusnya disalurkan untuk mempelajari skill, mengembangkan bisnis, dan lain-lain. 

Rasa tidak puas yang disalurkan untuk hal negatif contohnya adalah mengarah pada konsumerisme. Yang mana membeli barang tanpa alasan dan hanya untuk kepuasan sementara

B. Faktor Eksternal atau dari luar

Dengan majunya globalisasi dan modernisasi eksistensi manusia juga mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah platfrom sosial media yang memaksa beberapa kalangan untuk tampil sebaik mungkin. 

Dengan berusaha menampilkan diri sebaik mungkin di sosial media. Beberapa orang malah terlalu memaksakan diri. Misalnya menggunakan barang branded atau pergi liburan ke luar negeri. 

Makna Hedonisme di era modern

Seiring berjalannya waktu. Makna hedonisme malah berubah. Hedonisme diidentikan dengan konsumerisme yang berarti membeli barang secara impulsif. 

Cara menghindari perilaku Hedonisme 

Supaya tidak terjebak dalam perilaku hedonisme. Berikut ini merupakan cara menghidari perilaku hedon. Tentunya agar bisa membuat dirimu aman secara finansial. 

A. Membuat anggaran keuangan 

Anggaran keuangan merupakan suatu catatan yang digunakan untuk membuat budgeting  pengeluaran.  Misalkan dalam satu bulan ini, biaya konsumsi akan dianggar 40% dari penghasilan, dana darurat 20%, dan sisanya investasi atau tabungan. 

Anggaran ini penting untuk kamu yang kecenderungan hedon. Gunanya adalah untuk mengontrol keuangan supaya tidak boncos. 

B. Tinggalkan kartu kredit

Kartu kredit hanya cocok bagi mereka yang punya duit. Tapi memang baiknya hindari kartu kredit. Mungkin bunganya kecil, tapi kalau diakumulasikan hingga berkali-kali maka nominalnya sudah pasti lumayan. Intinya supaya tidak hedon hindari kartu kredit. 

C. Memprioritaskan menabung dan investasi

Menabung merupakan salah satu perilaku yang harus dibiasakan.  Hidup tanpa tabungan dan tanpa investasi akan merepotkan. Terutama akan merepotkan dimasa depan.  Karena tabungan dan investasi ini bisa digunakan untuk warisan anak cucu kita nanti. 

D.  Mencatat pengeluaran 

Pengeluaran merupakan salah satu hal yang paling sering diabaikan. Sangat disayangkan kalau kamu tidak bisa mengontol keuangan. Mencatat pengeluaran selain bisa mengetahui dana yang keluar, kita bisa membuat anggaran buat bulan selanjutnya. 

Yap itu dia mengenai hedonisme. Apakah kamu tipikal seorang yang hedon? Atau tipikal orang yang bisa berhemat? Pengetahuan mengenai hedonisme tadi semoga bisa menambah wawasanmu. Sekian dan Terimakasih