Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan harus bangga jadi orang Indonesia

Alasan harus bangga jadi orang Indonesia

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam kedaan baik dan dalam lindungan Tuhan. Sebentar lagi bulan Agustus nih. Biasanya bulan tersebut akan identik dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia. 

Saat pandemi seperti ini, kita tidak bisa merayakan hari kemerdekaan.  Untuk berkumpul saja sepertinya dilarang. Apalagi upacara yang dilakukan dilapangan terbuka dengan banyak peserta. Mungkin upacara bakal dilakukan dengan khidmat dan jumlah peserta yang sedikit. 

Admin sendiri lahir di Indonesia. Tentu ada rasa bangga dan juga sebaliknya. Hal yang paling dibenci di Indonesia adalah budaya korupsi yang masih menjamur. Bansos bantuan pandemi saja dikorupsi, apalagi hal lain yang tidak urgent. 

Tapi admin juga diam-diam menyimpan rasa bangga terhadap NKRI. Rasa bangga lahir di Indonesia tentu datang bukan tanpa alasan. Admin yakin dibawah ini pasti akan membuatmu setuju. Alasa bangga jadi orang Indonesia

1. Indonesia merupakan negara besar

Indonesia bukanlah negara kecil. Kita semua tahu itu dan seluruh dunia juga tahu. Luas Indonesia sendiri masuk 25 negara terbesar di dunia. Dan hebatnya lagi adalah jumlah penduduknya berada di posisi ke-4 terbesar di dunia. 

Artinya apa? Indonesia memiliki SDM yang berlimpah ruah. Konon katanya tahun 2030 nanti, Indonesia mengalami bonus demografi. Dimana jumlah tenaga kerjanya sangat banyak. 

2. Multi budaya

Indonesia bukanlah negara homogen. Dari 257 juta penduduk Indonesia saat ini. Total jumlah suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke ada lebih dari 1300 suku dari 300 etnik. Dengan jumlah suku yang banyak, tentu budaya yang dibentuk juga beragam. 

Kalau kamu berkunjung ke suatu tempat yang jauh dan beda dari tempat tinggalmu. Jangan lupa membicarakan adat setempat. Misalkan kalau ke Bali kamu dilarang kencing sembarangan dibawah pohon, jangan menginjak sesajen dan hal hal berbau budaya setempat kamu harus tahu. 

3. Bangsa Indonesia terkenal ramah

Indonesia sedari dulu terkenal dengan bangsa murah senyum. Dan tentunya senyum tersebut tulus sebagai bentuk keramahan penduduk lokal kepada pendatang. Pendatang tersebut entah orang asing atau masih dari dalam negeri. 

Selain ramah, banyak dari orang Indonesia yang hobi menolong. Bahkan dengan orang tidak kenal sekalipun, banyak yang ikhlas mengeluarkan tenaga dan dana untuk membantu sesama. 

4. Negara dengan ekonomi yang kuat

Tahukah kamu? Indonesia merupakan bagian dari negara G-20. Apa itu negara G-20? Negara G-20 adalah negara-negara dengan kekuatan ekonomi kuat. Anggotanya sendiri terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa. 

Indonesia disejajarkan dengan beberapa negara besar seperti China, Amerika, Rusia, India, dan lain-lain. Selain itu Indonesia juga menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang berada di G-20. 

5. Indonesia memiliki wisata yang menarik

Indonesia terbentang lebih dari 1 juta km persegi. Dari luas bentang seluas itu,  Indonesia memiliki ribuan destinasi wisata. Mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner, Indonesia punya dengan berbagai macam keunikannya masing-masing. 

Dan banyak juga turis asing yang jatuh cinta dengan Indonesia. Salah satunya icon Indonesia yang sangat terkenal adalah Bali. Banyak turis asing yang memutuskan hidup di Bali.

Yap itu dia alasan harus bangga menjadi orang Indonesia. Dibalik keruwetan Indonesia, tentunya ada juga sisi baiknya. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa.