Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu copywriting dan contentwriting ?

Apa itu copywriting dan contentwriting

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan tentunya dalam lindungan Tuhan YME. Dunia tulis menulis bukanlah hal yang baru. Kita semua tahu sejak ribuan tahun yang lalu, menulis sudah dilakukan oleh manusia.

Dimulai dengan aksara kuno berupa gambar-gambar binatang. Dan saat ini kita mengenal huruf alfabet seperti yang admin tulis dan kalian baca. Di belahan dunia ada banyak jenis huruf dan ribuan karya tulis. Mulai dari naskah kuno, kitab suci, dan masih banyak lagi. Di era modern kita mengenal salah satu jenis tulisan digital yaitu copywriting dan contentwriting. 

Keduanya memang sama-sama dalam bentuk tulisan. Tapi tetap ada bedanya, terutama fungsi dan tujuan dari kepenulisan tersebut. 

Perbedaan Copywriting dan Contentwriting dari segi pengertian

Untuk mengetahui perbedaan dari keduanya. Cara paling mudah adalah melalui pengertian atau definisi. Berikut adalah pengertian dari Copywriting dan Contentwriting : 

A. Copywriting

Copywriting adalah suatu teknik menulis dengan mengupas tuntas dan membahas suatu produk. Dimana pembahasan produk tersebut mencakup berbagai informasi. Mulai dari harga, fungsi atau khasiat, kelebihan, dan lain-lain. Penggunaan copywriting sangat berpengaruh terhadap kinerja divisi marketing pada perusahaan. 

B. Contentwriting

Berbeda dengan copywriting yang bersifat persuasif. Contentwriting merupakan suatu teknik menulis dengan membahas atau mendeskripsikan suatu topik, tips, hingga informasi-informasi menarik lainnya. Tujuan dari contentwriting sendiri adalah memberikan informasi kepada penunjung suatu situs. 

Perbedaan Copywriting  dan Contentwriting dari segi tujuan

Dari segi pengertian saja, keduanya sudah berbeda. Tentunya tujuan copywriting dan contentwriting juga berbeda pula. Intinya si keduanya bukan hanya sekedar karya tulisan biasa.

A. Tujuan Copywriting

Copywriting memiliki tujuan yang dominan pada sisi marketing atau sisi pemasaran.  Selain mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Copywriting  memberikan suatu tekanan psikologi kepada sipembaca untuk menggunakan produk yang dibahas.

Copywriting  juga bertujuan untuk mencapai target marketing dalam jangka pendek. Sebelum dibuat oleh seorang copywriter, ada perencanaan target yang harus dicapai. Nantinya akan berpengaruh pada PPC Landing Page, iklan, sales mail, dan sebagainya. 

B. Tujuan Contentwriting

Contentwriting memiliki tujuan yang berbeda dari copywriting. Tujuan dari contentwriting adalah untuk memberikan content berkualitas kepada audiens. Dengan memberikan cotent berkualitas baik dari segi informasi, kejelasan, dan keruntutan. Audiens akan mempercayai dan memberikan awarnes lebih kepada perusahaan.

Tujuan lain dari contentwriting adalah membuat content agar suatu situs perusahaan berada di halaman pertama Google. Biasanya dengan memperbanyak content di halaman pertama google, maka reputasi situs perusahaan akan semakin baik.

Perbedaan Tugas antara seorang Copywriter dan Contentwriter 

Copywriter adalah orang yang bertugas mengerjakan copywriting. Dan seorang Contentwriter tentunya mengerjakan contentwriting. 

A.  Tugas seorang Contentwriter

Ada beberapa tugas dari contentwriter yang harus kamu ketahui. Yang pertama adalah mebuat artikel untuk website perusahaan. Tentunya harus  mengetahui tentang dunia SEO dan research keyword. Selain membuat artikel, content writer juga biasanya mengelola sosial media milik perusahaan. 

Sosial media yang dikelola tentunya hasil kerjasama antara desain grafis, admin sosial media, dan content writer. Mereka mencari apa yang sedang tren di sosial media. Semua yang dibuat oleh content writer baik di website dan sosial media dipantau statistik. Entah berupa trafik web atau engagement

b.  Tugas seorang Copywriter

Tugas seorang copywriter adalah membuat teks bersifat persuasif. Yang mana memiliki tujuan untuk menjual suatu produk atau jasa. Biasanya copywriter juga membuat konten tentang produk pada web perusahaan, membuat slogan, iklan, hingga billboard. 

Copywriter dituntut kreatifitas yang tinggi dan pengetahuan yang luas. Perlu jam terbang untuk menjadi seorang copywriter profesional.

Berapa gaji seorang copywriter dan contentwriter ?

Untuk masalah gaji sendiri semua kembali ke beberapa faktor. Mulai dari faktor perusahaan, faktor wilayah, faktor kemampuan semua akan mempengaruhi penghasilan.  Menurut situs indeed, gaji seorang copywriter dan contentwriter pemula berkisar 3 sampai 4 juta.

Terus bagaimana dengan seorang senior? tentu nilainya diatas 4 juta. Untuk menjadi seorang contentwriter dan copywriter profesional butuh jam terbang yang tinggi. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.