Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti kebebasan finansial dan cara mencapainya

Kebebasan finansial dan cara mencapainya

Penamorf - Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan dalam lindungan Tuhan selalu. Dikala kondisi pandemi seperti ini, apa harapan kalian? Kalau admin sendiri semoga saja dalam keadaan baik-baik saja baik dari kesehatan maupun finansial. 

Membicarakan kehidupan dari segi finansial. Kita semua pasti ingin semuanya baik-baik saja dn terjamin hingga hari tua. Tapi untuk mencapai titik dimana kita terjamin dimasa tua harus bebas secara finansial. Akhir-akhir ini kebebasan finansial menjadi topik menarik yang sering dibahas oleh influencer. Salah satunya adalah Raditya  Dika. 

Sedari dulu memang jarang sekali dibahas tentang kebebasan finansial. Tapi seiring berjalannya waktu banyak juga yang membicarakan dan membuat edukasi finansial. Terus apa itu kebebasan finansial. Mari kita kupas. 

Pengertian Kebebasan Finansial atau Financial Freedom 

Tidak ada ahli keuangan yang memberikan definisi khusus mengenai kebebasan finansial. Tapi kalau boleh didefinisikan secara umumnya, kebebasan finansial merupakan kondisi dimana tidak perlu mengkhawatirkan pengeluaran mendadak. 

Artinya apa? Apakah hanya punya tabungan yang banyak. Tentu saja tidak. Ada banyak faktor yang harus membuat seseorang menjadi financial freedoom atau bebas secara finansial. 

Kiat-Kiat  mencapai kebebasan finansial

Untuk mencapai kebebasan finansial memang tidaklah mudah. Apalagi di era sekarang yang cukup konsumtif dan banyak yang mengajarkan hedon. Mencapai kebebasan finansial menjadi salah satu tantangan tersendiri. Berikut adalah kiat kiat mencapai kebebasan finansial : 

A. Melunasi hutang dan berjanji menghindarinya

Untuk mencapai kebebasan finansial lebih cepat. Maka seseorang harus melunasi hutangnya dan menjauhi yang namanya hutang. Bebas secara finansial berarti bebas juga dari tagihan hutang. Kalau sekarang kamu punya hutang, lantas bagaimana? 

Buat daftar hutangmu terlebih dahulu. Sehabis itu bayarlah satu persatu. Semakin sedikit hutangmu maka semakin dekat pula menjadi seorang yang bebas secara finansial.

B. Membeli aset yang menghasilkan 

Aset merupakan salah satu bagian penting dalam hidup kita. Investasi yang baik adalah dengan membeli aset yang menghasilkan.  Terus apa saja aset yang menghasilkan? Ada banyak, misalkan saham, properti, tanah, emas, dan lain-lain. 

Kalau boleh saran, admin lebih memilih properti atau tanah. Properti bisa disewakan dan tanah juga bisa. Orang dengan bebas finansial biasanya memiliki banyak aset yang menghasilkan

C. Tidak hedon dan belanja sesuai kebutuhan

Gaya hidup hedonisme bukanlah hal baru.  Bagi orang hedon, kebahagiaan adalah hal yang utama. Maka tak heran hedonisme dan konsumerisme sering disandingkan bersama. Ada banyak cara untuk menghindari gaya hidup hedon

Gaya hidup hedon akan membuatmu boros. Membeli ini itu yang tidak diperlukan dan hanya untuk melampiaskan kesenangan saja. Jauhi kehidupan yang hedon, karena akan membuatmu jauh dari kebebasan finansial. 

D. Membuat rencana anggaran

Anggaran keuangan tentunya berupa perhitungan berapa uang yang akan dialokasikan ke suatu hal. Misalkan dalam sebulan kamu membuat anggaran. 50% uang dari gaji akan ditabung, sisanya untuk konsumsi. Anggaran seperti itu sebenarnya kurang efektif. 

Membuat rencana anggaran keuangan akan membuat  cashflow akan tertata. Kamu akan tahu berapa uang yang untuk investasi, untuk ditabung, untuk  dana darurat, dan lain-lain. Kebebasan finansial tidak akan tercapai kalau tidak ada rencana, termasuk rencana rutin membuat anggaran. 

E. Fokus Investasi 

Investasi menjadi salah satu faktor besar untuk mencapai kebebasan finansial. Kalau kamu belum memulai untuk investasi. Mulailah dari sekarang. Mungkin kamu bisa mencoba dengan investasi resiko rendah. Sebut saja reksadana pasar uang. 

Untungnya sedikit tapi kalau rutin juga lumayan menguntungkan. Kalau sudah mulai belajar lebih tentang investasi. Kamu bisa diversifikasi lagi ke  saham, emas, properti, dan banyak lagi. Investasi yang rutin akan membawamu lebih dekat ke kebebasan finansial. 

Yap itu dia pembahasan mengenai kebebasan finansial. Admin Pena harap kamu semua bisa bebas secara finansial di usia yang muda. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.