Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktunya Mentari dari Timur Unjuk Gigi

PON XX Papua 2021, Mentari harapan baru dari timur, Torang Bisa


Penamorf – Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga sehat dan dalam lindungan Tuhan selalu. Admin Pena tidak menyangka saat ini 1 tahun lebih hidup bersama  pandemi Covid-19. Satu tahun lebih bukanlah waktu yang singkat.

Lahir di Indonesia, bisa dibilang kita sangat beruntung. Meskipun penanganan Covid-19 masih carut marut. Tapi pemerintah sudah mengadakanvaksinasi di berbagai daerah. Vaksin Covid-19 ini datang jutaan dosis dari luar negeri. 

Harapannya adalah masyarakat menjadi kebal dari virus Covid-19.  Admin sekarang sudah vaksin loh! Kamu kapan?.  Adanya Covid-19 membuat banyak hal terhambat.

Bagi pecinta olahraga, tentunya tidak bisa bebas berolahraga di luar. Apalagi nonton suatu pertandingan seperti pertandingan sepak bola, bulu tangkis, semuanya hampir tidak bisa. Kita cuma bisa menonton  secara daring atau melalui televisi.

Acara sekelas Olimpiade, SEA Games, dan PON juga terpaksa harus ditunda.  Ditunda artinya diadakan namun tidak diwaktu yang sudah ditetapkan. Mundur lebih lama lagi. Dan bulan Oktober 2021 nanti, tiba saatnya PON XX Papua 2021 diadakan. Sekitar 2 bulan lagi kita akan menyaksikan PON.

 A. Mengenai PON XX 2021 

PON atau Pekan Olahraga Nasional merupakan penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Indonesia yang diadakan setiap 4 tahun sekali. PON pertama kali diadakan pada tahun 1948. Dimana PON ke-1 diadakan di kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Dan  PON tahun 2021 merupakan PON ke-20. PON ke-20 ini bisa dibilang sangat berbeda dibanding dengan PON  sebelumnya. Kenapa berbeda? Karena harus diadakan pada saat pandemi covid-19. 

Meskipun masih dilanda pandemi. Bukan berarti PON ke-20 ditiadakan. Justru dipersiapkan dengan sangat baik dan matang. 

Sebagai informasi, sebenarnya PON ke-20  harusnya diselenggarakan pada tahun 2020. Namun merebaknya Covid-19 membuat penyelenggarakan ditunda sementara dan diadakan 2021.

B. Diselenggarakan di Provinsi Papua (Mentari  harapan baru dari timur) 

Pandemi Covid-19 ini benar-benar meluluh lantakan banyak hal. Baik itu dari sisi pariwisata, ekonomi, pendidikan, bahkan olahraga juga kacau. Namun hebatnya PON ke-20 ini tetap istimewa meskipun pandemi Covid-19. 

Kenapa istimewa ? Karena diselenggarakan di Papua. Ya Papua betul, kita tidak salah dengar. Sebagai mentari harapan baru dari timur, sudah waktunya unjuk gigi menjadi tuan rumah perhelatan olahraga tingkat nasional. PON ke-20 akan diselenggarakan pada  2-15 Oktober 2021.

Provinsi Papua yang sering dicap sebagai daerah tertinggal. Tahun 2021  (tepat disaat  pandemi) bakal menjadi tuan rumah perhelatan olahraga akbar Indonesia. Papua hebat ! Torang Bisa!

Bagi masyarakat Papua pasti akan menjadi kebanggaan tersendiri. Mereka akan membuktikan bahwa stigma mengenai ketertinggalan Papua adalah salah besar. Pemilihan Papua tentu sudah dipertimbangkan beberapa tahun sebelumnya.

C. Logo PON XX Papua 2021

Logo PON

Logo PON XX Papua 2021 ini memiliki banyak makna. Seperti informasi yang ada diatas, ada motif khas Papua yang mewakili budaya papua. Selain itu ada segitiga menjulang mewakili kekayaan SDA. Ada juga Stadion Lukas Enembe (Papua bangkit) yang mengisyaratkan tentang persatuan.

Dibagian atas ada 3 lingkaran yang mewakili sportifitas, prestasi, dan solidaritas. Yang paling keren adalah tagline dari acara PON XX Papua 2021. Torang Bisa ! Artinya adalah kita bisa.

D. Berpusat di Stadion Megah 

PON merupakan acara pesta olahraga nasional, tentu perlu persiapan besar. Persiapan tersebut berupa tempat acara, konsumsi, fasilitas penginapan, transportasi, hingga fasilitas  kesehetan juga disiapkan dengan matang.

Penyelenggaraan PON XX akan berpusat di stadion megah bernama Stadion Lukas Enembe. Admin Pena sendiri kagum dengan fasilitas olahraga yang ada di provinsi Papua demi menyambut  PON ke-20. 

Sebagai informasi saja, nama Lukas Enembe merupakan nama tokoh Papua. Saat ini Lukas Enembe merupakan gubernur provinsi Papua yang dipercaya menjabat sejak tahun 2013. Perlu diketahui, Stadion Lukas Enembe merupakan stadion termegah nomor dua di Indonesia.

Stadion Lukas Enembe terletak sekitar 8,9 KM dari Bandara Internasional Sentani. Pembangunan stadion ini menghabiskan dana lebih dari 1 Triliun. Hebatnya lagi Stadion Lukas Enembe sudah mengikuti standar FIFA dan memiliki banyak fasilitas bertaraf internasional.

Stadion Lukas Enembe memiliki gaya arsitektur dengan menonjolkan budaya Papua. Kapasitas stadion juga tidak kalah dengan yang lain. Yaitu sebanyak 40.000 tempat duduk. Total luas kompleks Stadion Lukas Enembe sebesar 13 hektar lebih. Dan menjadi terbesar di Pasifik. 

D. Maskot PON XX

Dalam suatu perhelatan olahraga biasanya ada maskot. Maskot merupakan suatu simbol berupa wujud orang atau binatang yang bertujuan menyemarakan suatu acara besar.  Pada PON ke-19 di Jawa Barat tahun 2016, maskotnya adalah dua ekor kera bernama Lili dan Lala.

Bagaimana dengan PON ke-20 ?

Jangan diragukan lagi. Bagi admin pena, maskot PON ke-20 ini super keren. Banyak makna dibaliknya. Untuk membuat maskot pasti perlu banyak pertimbangan dan waktu yang lama.

PON ke-20 menggunakan maskot hewan khas daerah Papua.  Coba tebak hewan khas Papua yang mana? Jawabannya adalah The Bird of Paradise atau burung Cendrawasih dan juga kanguru pohon mantel emas. 

Kanguru mantel emas dan burung cendrawasih  saat ini memiliki status sebagai hewan yang dilindungi. Tak heran kalau kedua hewan ini menjadi maskot PON ke-20 yang diadakan di Papua.

Nama dari maskot PON ke-20 ini juga unik. Yuk kenalan dulu! Biar makin akrab !

Kangpho 

Kangpho

Kangpho merupakan nama maskot PON ke-20 yang diadaptasi dari hewan kanguru pohon mantel emas.Keunikannya adalah pada beberapa makna simbolis  pada atribut yang dipakai Kangpho. Pada ikat kepala ada mahkota berbentuk gunung yang artinya pegunungan papua.

Ditangannya ada obor yang dipegang tangan kanan. Arti dari obor ini adalah semangat juang bagi para atlet PON untuk bertanding sportif. Dibagian ikat pinggang ada ukiran yang berarti penghormatan kepada leluhur. Dibawahnya ada rumbai-rumbai yang berarti keramahan Papua.

Drawa

Drawa

Drawa sendiri diadaptasi dari burung cendrawasih. Burung ini memiliki tubuh yang tegap dan gagah. Tubuhnya berwarna oranye yang bermakna kehangatan. Di lehernya ada tali berwarna merah putih yang artinya kebersamaan NKRI

Di ujung tali ada 3 lingkaran yang berarti ada 3 medali yaitu emas, perunggu, dan perak. Di tangan kanannya, Drawa memegang obor. Artinya tentu saja semangat atlet dan suportifitas. 

Penggunaan maskot bernama Kangpho dan Drawa sendiri tak lain adalah simbol semangat Papua. Dari setiap makna pada maskot tersebut, tidak lain tujuannya untuk menyemarakan PON ke-20 di Papua nanti.

E. Ajang Pembuktian  bagi Papua 

Raja Ampat

Papua. Mendengar namanya saja kita terbesit provinsi paling timur di Indonesia. Provinsi ini selalu dikaitkan dengan tambang emas terbesar di Indonesia. Selain itu kalau kita mendengar kata Papua pasti terbesit ke pulau besar dengan penduduk yang jauh sedikit dari Jawa. 

Orang di luar Papua banyak yangmengira bahwa Papua adalah daerah tertinggal. Padahal faktanya tidak tertinggal. Papua jauh lebih kaya dari yang orang kira. Pada perhelatan PON ke-20 nanti, Papua akan menjadi sebuah titik sorot diseluruh Indonesia. 

Admin Pena yakin banget , semua media bakal menyoroti perhelatan PON ke-20 . Mulai dari pembukaan sampai penutupan, semua bakal ditayangkan.  Dari PON ini, stigma tentang Papua sebagai daerah tertinggal akan hilang sudah. 

Coba kalian bayangkan. Stadion termegah setelah GBK saja ada di Papua. Tambang emas terbesar di Indonesia saja ada di Papua. Hutan terluas di dunia juga ada di Papua. Kenapa bisa orang menyebut Papua daerah tertinggal? 

Semenjak dahulu kawasan Indonesia Timur selalu didahulukan untuk pembangunan. Pembangunan Papua yang dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dilakukan dengan bertahap dan kontinu.  

Tidak heran banyak pemuda kelahiran Papua yang menginspirasi. Mereka berhasil mengharumkan nama Indonesia di berbagai bidang. Dibawah ini merupakan pemuda daerah Papua yang berprestasi dan menginspirasi.

Pemuda Papua Berprestasi

Favorit admin Pena tentu saja Nowela Mikhelia. Penyanyi jebolan Indonesian Idol 2014 ini punya suara yang luar biasa merdu. Saking merdunya bahkan menjadi juara Indonesian Idol kala itu. 

Admin yakin , nanti kak Nowela pasti bakal mengisi pembukaan PON ke-20. Suaranya yang akan mengisi sudut-sudut stadion megah dan telinga penonton baik dirumah maupun penonton di starion. Jadi penasaran, seperti apa ya pembukaan PON nanti ?! Semoga lancar dan luar biasa !

F. Diikuti 34 Provinsi dan ribuan atlet dengan 37 cabor

PON ke-20 akan diikuti oleh 34 provinsi. Dari 34 provinsi tersebut tentu diwakilkan oleh atlet-atlet terbaik. Total jumlah  atlet terpilih yang mengikuti PON XX Papua 2021 ini berjumlah  6442 atlet. 

Dengan banyaknya atlet tersebut. Tentu pemerintah Papua akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini dilakukan demi kelancaran perhelatan olahraga terbesar di Indonesia. 

Untuk cabang olahraga sendiri, total ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan. Total nomor yang dipertandingkan ada 679 nomor pertandingan. Cabang olahraga yang dipertandingkan di PON XX Papua 2021 ini dibagi ke 4 kabupaten. Berikut adalah detailnya :

  • Kota Jayapura, penyelenggara 14 cabor dengan 22 disiplin olahraga yaitu voli indoor, voli pantai, baseball, softball (putra), tinju, bulu tangkis, tenis, angkat besi, angkat berat, taekwondo, karate, sepak bola, sepak takraw,canoeing, TBR, paralayang, layar, selam, kriket, hoki, binaraga, dan renang perairan terbuka. 
  • Kabupaten Jayapura, penyelenggara 15 cabor dengan 21 disiplin olahraga yaitu selam kolam, menembak, hoki lapangan, hoki luar, kriket, sepak bola putra, softball putri, baseball (penyisihan/final), panahan,gantole, sepak takraw, kempo, muaythai, rugby 7’s, pecak silat, senam artistik, senam ritmik, senam aerobik, loncat indah, polo air, renang, dan renang artistik.
  • Kabupaten Merauke, penyelenggara  6 cabor dengan  7 disiplin olahraga yaitu  sepak bola putri, gulat, wushu, road race, motor cross, anggar, dan catur.
  • Kabupaten Mimika, penyelenggara 9 cabor dengan 12 disiplin olahraga yaitu atletik, basket 5×5, basket 3×3, biliar, panjat tebing, futsal, bola tangan, judo, tarung derajat, aeromodelling, terjun payung, dan terbang layang

G. Sukseskan PON XX Papua 2021, Torang Bisa ! 

Sebagai masyarakan Indonesia, upaya positif pemerintah dengan menyelenggarakan PON harus kita dukung. PON ke-20 ini menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia, terutama bagi Papua. Mentari harapan baru dari timur akan membuktikan sebagai tuan rumah yang ramah.

Sebagai masyarakat yang berdomisili diluar Papua. Admin hanya bisa menonton melalui televisi atau via daring . Kalau kalian dari Papua, bisa menonton PON langsung. Tapi ingat ya protokol kesehatan !

Sayang dong, udah bisa nonton langsung tapi tidak taat protokol kesehatan. Bisa repot nanti kalau terjangkit covid19. Kita semua berharap semoga penyelenggaraan PON XX Papua 2021 ini lancar dan sukses.

Papua Hebat, Torang Bisa !


Disclaimer : Tulisan ini digunakan untuk mengikuti PONDEMI Kompetisi Blogger, yang diselenggarakan oleh PON XX Papua 2021.  #Pondemikompetisiblog #mentariharapanbarudaritimur #TorangBisa!

Sumber gambar : 

Gambar banner : https://kemlu.go.id/osaka/id/news/8470/logo-baru-pon-xx-papua

Logo PON: https://kominfo.go.id/content/detail/25500/sejuta-makna-dibalik-logo-pon-xx-papua/0/pon_2021_papua

Stadion : https//Urbanisia.com/

Maskot PON :  https://www.mongabay.co.id/2021/06/28/kangpho-dan-drawa-maskot-pon-xx-yang-endemik-papua/

Raja Ampat : https://www.TribunJateng.com

Pemuda Berprestasi Papua : Admin Penamorf 

TorangBisa : https://konibekasi.com/