Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat mengikuti lomba blog

Manfaat mengikuti lomba blog

Penamorf - Halo sobat Pena, bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan. Menjadi seorang blogger bisa dibilang menyenangkan dan cukup menantang. Banyak lika-liku yang harus dihadapi oleh seorang blogger.

Sebut saja mulai dari menulis artikel, membuat infografis, backlink, memperbaiki tampilan blog, SEO, dan masih banyak lagi. Penghasilan dari google Adsense juga belum tentu tinggi. Tapi ada loh cara tertentu untuk mendapat penghasilan dari blog.

Caranya adalah dengan mengikuti lomba blog. Lomba blog ini biasanya diadakan oleh perusahaan atau dalam rangka event tertentu. Kalau kamu ikut lomba blog jangan berharap tinggi, lakukan saja yang terbaik. Menang atau tidak itu urusan dibelakang.  Ada banyak manfaat loh mengikuti lomba blog

Manfaat mengikuti lomba blog

Ada banyak manfaat dari mengikuti lomba blog. Memang cape menulis dan belum tentu mendapatkan juara. Tapi kalau kamu rajin untuk berlatih dan mempersiapkan jauh-jauh hari, kamu pasti bisa. Berikut adalah  menfaat mengikuti lomba blog : 

1. Meningkatkan kemampuan menulis

Ada banyak hal yang bida dituliskan di dunia ini. Menulis untuk lomba blog perlu usaha ekstra lebih. Kenapa? Pasalnya tema ditentukan oleh penyelenggara. Jadi otomatis kalau kita ikutan lomba blog harus mengikuti ketentuan yang berlaku. 

Misalkan format tulisan, link keluar, gambar pendukung dan lain-lain. Selain itu kita juga harus mencari bahan-bahan tulisan di internet. Baru setelah itu kita merangkai kata demi kata dan dibaca, direvisi, diperbaiki, hingga hasilnya maksimal. 

2.  Menyingkirkan rasa malas ngeblog 

Rasa malas ngeblog kerap kali datang ketika terjadi demotivasi. Demotivasi artinya kehilangan motivasi untuk melakukan sesuatu. Ngeblog juga perlu pemacu untuk bisa berjalan tanpa diganggu rasa malas. Salah satunya untuk menyingkirkan rasa malah ngeblog adalah dengan mengikuti lomba blog. 

Lomba blog menyingkirkan rasa malas ngeblog. Dari lomba blog, kita tidak mau menulis dengan setengah-setengah. Admin pena yakin, pasti diluar sana berjuang sebaik mungkin. Harapannya tentu ingin juara. 

3. Meningkatkan kemampuan memperindah tampilan artikel

Memperindah tampilan artikel merupakan salah satu point penting untuk  mengikuti lomba blog.  Ada beberapa cara untuk mempercantik tampilan blog. Misalnya dengan memainkan jenis huruf. Huruf atau font bisa dipadupadankan agar tampilan blog menarik. 

Atau cara yang banyak digunakan adalah dengan menambahkan gambar kreasi sendiri. Misalnya dengan infografis atau ilustrasi yang dibuat dengan aplikasi desain grafis. 

4. Meningkatkan trafic 

Trafic blog merupakan cara mengetahui bahwa blog kita dibaca.   Kalau kita mengikuti lomba blog, setidaknya ada juri dan juga kompetitor yang mengklik artikel kita. Tapi kalau kita sering menang blog, traficnya tentu akan lebih tinggi. 

Coba tebak kenapa? Karena peserta yang ikut dan tidak menang akan melihat juga. Seperti apa tulisan yang dapat juara 1. Mereka akan belajar dari tulisan yang dapat juara

5. Melatih kerja keras dan rasa sabar

Lomba blog bukanlah hal mudah. Pastinya ada banyak peserta yang ikut. Mereka juga kerja keras dengan mengerahkan karya yang terbaik. Dan dari situ kita juga pasti bekerja keras membuat artikel menarik. Parlu berkali-kali revisi sampai menghasilkan karya yang terbaik. 

Dan meski kita sudah bekerja keras. Bisa saja kita tidak juara. Dan nihil hasilnya, meskipun sudah mempersiapkan dengan maksimal. Dari situ kita bisa belajar sabar. 

6. Bisa dapat hadiah

Kalau kita menang lomba blog. Hadiahnya tinggal ditunggu saja. Hadiah berupa barang bisa jadi tambahan koleksi. Atau kamu juga bisa memberikan kepada yang lain. Kalau hadiah uang, bisa juga digunakan untuk. 

Kalau hadiah berupa jalan-jalan, wah itu lumayan banget bisa jalan-jalan gratis. Hadiah juga bisa berupa voucher. Entah voucher ngine[, belanja, nonton. Tapi jangan terlalu berharap soal hadiah ya! Buatlah karya yang bagus. 

7. Menambah wawasan

Mengikuti lomba blog menuntut kita mengikuti kriteria yang ada. Biasanya tema yang disyaratkan sudah ditentukan. Mau tidak mau seorang peserta harus mengulik informasi yang selaras dengan tema lomba blog. Semakin luas wawasan maka semakin bagus pula untuk menyajikan informasi. Tapi tantangannya adalah bagaimana menyusun artikel yang runtuk dan enak dibaca. 

Yap itu dia manfaat mengikuti lomba blog. Kalau menang ya bagus, kalau nggak ya tidak masalah. Toh apa yang kamu tulis tidak akan menjadi sia-sia. Kan di posting di blog yang kamu punya. Ya kan? 
Ok ! Sekian dan Terimakasih. Semoga bermanfaat !