Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tantangan Finansial Generasi Milenial

Tantangan finansial generasi milenial

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan dalam lindungan Tuhan. Kali ini admin Pena lagi pengen membahas mengenai dunia finansial. Ya dunia yang harus kita pelajari demi diri kita sendiri. 

Mungkin untuk saat ini tidak terasa dampak dari mempelajari  ilmu finansial. Tapi kelak dimasa depan akan memberi dampak luar biasa. Tentunya kita semua pasti ingin berada di titik financial freedom. Titik dimana kita tidak perlu khawatir mengenai uang.

Setiap generasi memiliki tantangan yang berbeda-beda. Tantangan ini membuat kita harus semakin berusaha keras untuk mencapai kebebasan finansial. Berikut adalah tantangan finansial generasi milenial.

1. Kepemilikan Properti 

Properti memiliki banyak sekali jenisnya. Mulai dari rumah susun, rumah biasa, hingga apartement, itu semua merupakan properti. Tantangan finansial bagi generasi milenial adalah properti. Kenapa? Karena harganya lumayan mahal. 

Supaya memiliki properti di usia muda. Maka harusnya memiliki perancanaan keuangan yang baik. Menurut beberapa pakar keuangan, milenial memiliki gaya hidup konsumtif dan kenaikan upah yang rendah. Alhasil untuk memiliki properti bukanlah hal yang mudah. 

2. Gaya Hidup

Hidup dijaman sekarang memang harus pandai-pandai mengatur keuangan. Gaya hidup saat ini dengan beberapa dekade yang lalu sudah pasti berbeda. Kemajuan teknologi dan internet membuat gaya hidup seseorang menjadi konsumtif. 

Kemudahan bertransaksi dan sosial media membuat banyak orang terpacu untuk memiliki gaya hidup yang lebih daripada penghasilannya. Tekanan dari lingkungan pertemanan  juga berpengaruh. Belum lagi pengaruh influencer yang ada di sosial media. 

3. Adanya Inflasi 

Inflasi merupakan salah satu momok besar bagi ekonomi suatu negara. Apa si maksud dari inflasi? Maksud dari inflasi adalah menurunya nilai mata uang. Contohnya adalah harga permen satu butir 5 th lalu adalah 200, sekarang jadi 600. 

Menurunnya nilai mata uang secara tidak langsung membuat gaya hidup lebih mahal. Untuk melawan yang namanya inflasi, kita harus bisa memperbanyak investasi. 

3. Hutang 

Kartu kredit merupakan salah satu fasilitas perbankan yang digemari banyak orang. Kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar apapun sebelum gaji turun. Sayangnya banyak yang menganggap bahwa kartu kredit memiliki fungsi seperti ATM biasa. 

Malahan ada pula yang menganggap bahwa kartu kredit merupakan penghasilan tambahan. Padahal kartu kredit memiliki bunga yang tinggi dan denda kalau telat bayar. 

4. Dana Darurat 

Dana darurat merupakan dana yang sengaja disiapkan dikala masa-masa sulit. Generasi milenial kerap kali menganggap remeh adanya dana darurat. Padahal dana darurat itu sangat penting dan perlu untuk masa depan.

Dana darurat bisa digunakan kamu saat terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, musibah, hingga bencana alam. 

5. Pengetahuan Investasi

Pertumbuhan investasi di era milenial merupakan hal yang paling penting. Tantangan finansial bagi generasi milenial adalah mengetahui jenis investasi mana yang cocok. Banyak orang yang rugi karena investasi di cryptocurrency. Ada juga yang rugi besar karena invesatasi di saham. 

Pengetahuan investasi menjadi salahssatu tantangan. Banyak yang investasi pada platfrom yang salah. Sehingga kerugian yang didapat bukan keuntungan. 

Yap itu dia tantangan finansial bagi generasi milenial. Bagi kita semua, melek secara finansial adalah hal yang penting. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat !