Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya asal share link blog di sosial media

Bahaya asal share link blog di sosial media

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga semakin baik dan dilindungi Tuhan. Kali ini admin lagi pengen membahas tentang dunia blogger. Membicarakan dunia blog memang sangatlah luas, saking luasnya kadang bingung mau memberi informasi yang mana.

Kali ini admin Pena ada ide nih mengenai share link blog di sosial media. Siapa si yang gak kenal sosmed? Sosial media itu surga banget buat dapat trafik dan juga tempat yang enak buat jualan. Makannya tak heran banyak orang yang buat fanspage untuk share link blog atau tempat jualan. 

Kalau nggak fanspage di Facebook bisa juga berupa grup. Dari sosial media lain seperti Pinterest, TikTok, Instagram, bahkan Youtube juga bisa.

Tapi ada tapinya. Sisi positif share link blog di sosmed adalah kita mendapat trafik. Di sisi lain  ada juga dampak negatif. Banyak blogger kompetitor yang nimbrung di sosial media. Mereka memantau dan bisa saja mengintip blogmu. Berikut adalah bahaya asal share link blog di sosial media. 

1. Hati-hati Jingling

Jingling yang dimaksud bukanlah nama tempat di China ya! Jingling disini merupakan suatu cara untuk meningkatkan pengunjung dengan robot. Jadi pengunjung disini bukanlah manusia melalui mesin pencari goole. 

Trafik yang bagus sebenarnya bisa dari google dan sosial media. Tapi sayangnya kalau kita share link di sosial media malah sama saja dengan bunuh diri. Pasalnya banyak orang yang jahil, mereka bisa saja men-jingling blog kita. Bahaya Jingling adalah akaun google Adsense tahu-tahu di banned. 

2. Di copy paste

Penyakit blogger adalah malas menulis. Dan salah satu cara instan untuk bisa update blog adalah dengan mengcopy paste tulisan orang lain. Link blog yang kamu share ke sosial media akan membuat blogger lain tahu apa isi blogmu. 

Makanya banyak blogger yang melarang share link blog di sosial media. Karena takut konten yang dibuatnya malah dicolong dan dimodifikasi. 

3. Boom Click Google Adsense

Hal yang paling ditakuti oleh pemilik blog adalah boom clik pada iklan. Memang iklan disini bukan hanya Google Adsense. Bisa MGID, Adsetra, dan masih banyak lagi penyedia publisher Adsense. Tapi yang paling banyak digunakan adalah Google AdSense. 

Terus apa itu boom click? Boom click adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan mengklik iklan dalam jumlah yang tidak wajar. Dengan boom clik, dampak yang didapat adalah akan ditake down dulu iklannya atau bahkan diblokir. 

4. Ditanam backlink spam

Backlink merupakan sebuah tautan yang mengarah ke blog yang sudah dibuat. Biasanya dalam teknik SEO, backlink yang bagus merupakan backlink yang ditanam di situs yang bagus. Entah situs dengan DA/PA tinggi, spam score sedikit, dan faktor backlink baik lainnya. 

.Backlink spam itu backlink yang seperti apa? Backlink spam merupakan backlink dengan spam score tinggi. Dengan ditanam backlink spam maka blog yang dibuat akan semakin tinggi spam scorenya. Dan kompetitor akan mendapat ranking blog yang lebih tinggi. 


Yap itu dia bahaya dari share link blog di sosial media. Memang dampak positifnya adalah blog bisa mendapatkan trafic. Tapi diluar sana kita selaku blogger tidak bisa memastikan apakah yang melihat merupakan kompetitor baik, hanya pembaca, atau kompetitor jahat. Kompetitor jahat biasanya akan berusaha dengan segala cara untuk menjatuhkan blog yang sudah dibuat. 

Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat :)