Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kerugian menjadi seorang Blogger

Kerugian menjadi seorang Blogger

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja. Hari ini blog Pena sudah 300 hari. Artinya sudah satu tahun kurang 2 bulan. Admin sendiri sampai saat ini masih aktif menulis disini. 

Komitmen menjadi seorang blogger tidak tahu akan sampai kapan. Tapi rasanya kalau seminggu saja nggak nulis, rasanya gatal pengen ngetik di keyboard. Sebenarnya menjadi blogger juga punya kelebihan dan kekurangan.

Kalau ngeblog didasari penghasilan, mungkin admin sudah nyerah. Pasalnya  saat ini peghasilan dari ngeblog belum seberapa. Diluar sana blogger yang didasari karena uang pasti akan gampang nyerah. Karena ekspektasi dan realita beda jauh. 

Blogger dengan penghasilan luar biasa itu perlu perjuangan. Mereka sudah tau ilmu SEO yang membuat blog semakin dikenal. Terus menjadi blogger itu apa kerugiannya? Ini dia kerugian menjadi seorang Blogger :

1. Kalau sukses dibilang nuyul, kalau belum dibilang halu

Di era digital saat ini, banyak orang yang memiliki pekerjaan dari internet. Entah menjadi Youtuber, Selebgram, Desain Grafis, dan lain-lain. Memang penghasilan dari internet tidak stabil seperti PNS. Tapi kalau skill yang dipunya mahal harganya, maka bayarannya juga besar. 

Apakah ada seorang blogger yang penghasilannya jutaan bahkan ratusan juta.  Sebut saja seperti Linda Ikeji, blogger Nigeria yang punya blog dengan penghasilan fantastis. Di Indonesia pekerjaan berkaitan dengan digital memang masih belum dikenal masyarakat awam. 

Kalau kamu kelak jadi blogger sukses, punya penghasilan seperti Mastimon.com atau Linda ikeji. Jangan kaget kalau tetanggamu mengira pesugihan atau punya tuyul. Terus kalau punya mimpi seperti itu dan belum mencapai titik sukses jadi blogger, malah dibilang halu. Kebanyakan mimpi. 

Mending tetep ngeblog & belajar & praktik. Repot mikirin omongan orang wkwkw.

2. Keluarin Modal 

Siapa bilang Blogger itu nggak keluar modal. Bagi yang pengen langsung terjun menjadi profesional blogger, mengeluarkan biaya bukanlah hal yang memberatkan. Karena niat tinggi, modal banyak, dan komitmen pasti akan menghasilkan. 

Blogger itu ngeluarin modal buat apa? Wah ada banyak dan itu tergantung platfrom. Kalau kamu pakai wordpress self hosted perlu 1 juta lebih untuk sewa domain dan hosting. Namun kalau mau yang lebih murah pakai Blogger saja, hanya perlu beli domain sekitar 100 ribuan. 

Mau yang lebih murah atau gratis. Kamu bisa pakai menggunakan blogspot.com, tidak perlu domain atau hosting. Apa bisa pakai blogspot menghasilkan duit? Jawabannya adalah BISA. 

3. Capek Nulis 

Banyak yang diluar sana ngomongin. Kok kamu kuat nulis berjam-jam, apa nggak capek?. Emang dari nulis kamu dapet berapa juta? Bisa dibilang nulis blog itu bikin capek. Apalagi kalau mentok ide dan waktu senggang yang sempit. 

Wah harus bisa segera update blog. Kasian kalau blog dianggurin, mana sudah dimodalin. Nulis harus dipadu dengan ide menarik supaya pembaca bisa betah nongkrong di blog yang sudah dibuat. Tapi biasanya admin kalau capek nulis ya rehat. Kalau dipaksain malah bisa tulisan ambrul adul. 

4. Kadang merasa Jenuh

Apa iya orang yang hobi ngeblog bisa jenuh bikin tulisan? Jawabannya iya BISA BANGET. Soalnya rutinitas ngeblog itu harus punya bahan yang akan ditulis setiap harinya. Kalau ide mentok, kadang jadi mandeg dan butuh waktu mikir. 

Kalau udah nemu bahan tulisan biasanya jenuh ngembangin tulisannya. Atau biasanya jenuh ngeblog karena SEO yang udah diterapin kok performa blog biasa saja.  Kalau admin sendiri kadang jenuh karena performa blog nggak naik-naik. 

5. Harus siap dengan berbagai kemungkinan 

Blog itu memang menantang. Kelihatannnya cuman monoton alias nulis-nulis bae. Padahal kalo bikin blog itu apalagi niat bangun dari nol akan ada banyak drama. Percaya atau nggak, diluar sana ada tukang AGC. Admin sudah membahas mengenai AGC antara menggiurkan dan menyebalkan.

Selain tukang AGC, jangan sampai juga dapat kiriman bom click. Bom click ini asalnya dari blogger syirik dengan mengklik iklan dalam jumlah banyak. Google Adsense bisa bisa terblokir karena bom click. Belum tukang copast content yang tau tau nangkring di Google. Intinya jadi blogger kudu siap dengan berbagai hal. 

Yap itu dia kerugian menjadi seorang blogger. Menjadi blogger itu tidak mudah dan tidak gampang. Tapi kalau ditekuni suatu saat nanti pasti akan menjadi seorang blogger sukses. Asalkan mau belajar dan banyak praktek. Sekian dan Terimakasih