Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat puasa sosial media (Social Media Detox)

Manfaat puasa sosial media

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Tuhan. Kali ini admin lagi pengen membahas tentang sosial media.  Kenapa sosial media? Karena kita setiap hari hidup dengan itu. 

Di era modern ini, banyak  yang menggunakan sosial media untuk berbagai tujuan. Mulai dari untuk berbisnis, menunjukan eksistensi, mencari informasi, membuat konten, hingga mencari hiburan. Semenjak penggunaan sosial media meningkat, orang-orang mulai menghabiskan banyak waktu menatapnya. 

Kehadiran sosial media memberikan dampak seperti dua mata pisau. Bisa memberi dampak positif dan juga bisa dampak negatif. Dampak negatif penggunaan sosial media berlebihan  memang mengerikan. Bahkan bisa memperburuk kesehatan mental.

Dengan banyaknya orang yang menjadi pecandu sosial media. Ada gerakan sosial media detox yang saat ini ramai dibicarakan. Banyak influencer yang mengkapanyekan hal ini, salah satunya adalah Fiersa besari. Terus sebenarnya apa si Sosial Media Detox itu? 

Pengertian Puasa Sosial Media (Sosial Media Detox)

Sosial Media Detox merupakan suatu kegiatan menghindar dan tidak menggunakan sosial media dalam waktu tertentu. Banyak yang sudah melakukan ini dan berhasil mengatasi rasa insecure. Ada yang lanjut tidak menggunakan sosial media. Ada juga yang memilih kembali menggunakan sosial media. 

Kalau kamu nanti mencoba sosial media detox. Usahakan kurangi penggunaan smartphone, pasalnya sudah pasti terpancing untuk membuka sosial media. Terus apa saja manfaat dari puasa sosial media? ini penjelasannya 

Manfaat Puasa Sosial Media (Sosial Media Detox)

Kegiatan puasa sosial media memberikan banyak manfaat loh. Kalau kamu buka Youtube dan  cari orang-orang yang melakukan puasa sosmed, disana kamu bisa tahu bagaimana prosesnya dan dampaknya. Tapi disini admin pena hanya merangkum manfaat puasa sosial media :

1. Tidak membuang banyak waktu untuk hal tidak produktif 

Kamu sering scroll sosial media? Apa yang kamu dapat? ilmu baru atau hanya hiburan belaka saja? Ya semoga saja kamu bisa mendapat sesuatu dari scroll sosial media itu. Kalau kamu scroll sosial media tanpa mendapatkan sesuatu lebih baik jangan. 

Karena bisa dibilang kamu membuang waktu untuk hal yang tdak produktif. Bolehlah kamu membuang waktu untuk menghibur diri dengan scroll sosial media, tapi jangan sampai kebablasan. 

2.  Mengurangi rasa insecure 

Insecure merupakan hal yang wajar pada kita semua. Dengan insecure kita bisa bergerak menjadi orang yang lebih baik dengan membuat evaluasi pada diri kita. Misalkan mengevaluasi penampilan diri, mengevaluasi mengelola keuangan dan lain-lain. 

Tapi apa jadinya kalau insecure membuat anxiety dan juga rendah diri. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain dan menganggap hidup kita tidak bisa seperti mereka membuat kita tidak bersyulur. Dengan puasa sosial media, bisa mengurangi rasa insecure berlebih. 

3. Menjadi lebih produktif

Menurut America Pshycology Asociation, 40% tingkat produktifitas berkurang karena scroll sosial media.  Banyak pekerja yang tingkat pekerjaannya turun karena membuka sosial media disela-sela aktivitas pekerjaan. 

Puasa sosial media membuatmu fokus  untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Karena kamu membatasi diri untuk mengurangi penggunaan sosial media. Banyak pekerjaan yang bisa terselesaikan. 

4. Dekat dengan orang-orang sekitar

Penyakit di era modern adalah sosial media. Banyak orang yang nongkrong  tapi malah fokus menatap layar handphone masing-masing. Pembahasan yang dibahas malah hal-hal viral dan tidak ada kaitannya dengan teman nongkrong.

Saat puasa sosial media, salah satu hal yang paling terasa adalah menjadi pribadi yang lebih dekat dengan orang sekitar. Kita akah hadir sepenuhnya tanpa membuka smartphone atau membuka sosial media. 

5. Tidak mudah bosan

Banyak sekali orang yang melarikan diri dari kebosanan dengan membuka sosial media.  Padahal belum tentu sosial media menghiburmu. Menurut penelitian, penggunaan sosial media bisa membuat orang gampang bosan.

Kenapa bisa begitu? Karena efek dopamin yang dihasilkan dari sosial media tidaklah sebagus kegiatan nyata. Dengan berhenti atau puasa sosial media, maka akan fokus pada kegiatan yang lain. 

Yap itu dia sobat pena. Manfaat dari puasa sosial media memang besar sekali dampaknya bagi kehidupan kita. Kamu bisa lebih menikmati hidup dan menghargai diri sendiri. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.